Sukses

Food

Resep Jus Sirsak dan Berbagai Manfaatnya Untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Buah sirsak merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan menjadi favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan buah sirsak merupakan buah yang mudah didapatkan serta dapat diolah menjadi berbagai olahan yang menyegarkan. Selain itu, buah sirsak memiliki banyak manfaat.

Buah sirsak umumnya diolah menjadi minuman seperti minuman es sirsak atau diblender dan menjadi jus sirsak. Pengolahannya yang sederhana membuat banyak orang menjadikan sirsak sebagai buah favorit mereka. Hasil olahan tersebut pun rasanya enak dan menyegarkan, apalagi jika ditambahkan es dan diminum di cuaca yang panas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah sirsak tidak hanya menyegarkan saja namun buah sirsak memiliki banyak manfaat. Apa manfaat buah sirsak? Sebelum mengetahui manfaatnya, yuk simak dulu resep olahan jus sirsak yang menyegarkan berikut ini.

Resep Jus Sirsak

Bahan-bahan:

  • Daging buah sirsak 300 gram (tanpa biji)
  • Sirup gula 100 ml liter 
  • 1 sdm biji selasih (rendam dengan air hangat hingga mengembang) 
  • Susu kental manis (putih/coklat sesuai selera)
  • Es batu secukupnya

Cara membuat jus sirsak:

  1. Blender daging buah sirsak bersama gula dan sedikit es batu hingga lembut.
  2. Saring jus lalu masukkan ke dalam gelas. 
  3. Tambahkan biji selasih di atasnya dan kemudian aduk rata. 
  4. Tambahkan es batu agar kesegaran jus ini bertambah nikmat. 
  5. Sajikan selagi masih dingin.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas

Buah sirsak mengandung vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang mampu membasmi radikal bebas di tubuh. Radikal bebas itulah yang bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit di tubuh. Selain itu, buah sirsak juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan berbagai macam virus penyebab penyakit.

2. Mencegah sembelit

Dengan kandungan air dan seratnya yang tinggi, buah sirsak mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Bisa dikatakan, buah sirsak merupakan obat alami untuk sembelit.

3. Mengontrol kadar gula darah

Kalau kamu adalah penderita diabetes, maka buah sirsak adalah buah yang aman untukmu. Buah sirsak bisa menjadi sumber gula yang ramah dan aman bagi penderita diabetes.

4. Meredakan stres

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers University Libraries, sifat anti-inflamasi yang dimiliki sirsak dapat menenangkan seseorang yang sedang sulit tidur.

Selain itu, sirsak juga dapat membantu menghilangkan stres sehingga terhindar dari gangguan dan kerusakan metabolisme tubuh. Efek menenangkannya juga dapat membantu mengatasi insomnia.

5. Mengatasi asam urat

Manfaat sirsak juga dapat mengobati asam urat yang bersumber dari daunnya. Kamu bisa dapatkan manfaatnya dengan cara meminum rebusan daun sirsak.

Caranya dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Kemudian rebus dan minum dalam keadaan hangat atau dingin. Ramuan herbal ini bisa kamu minum setiap pagi untuk memaksimalkan khasiatnya.

Itulah resep jus sirsak yang bisa kamu coba serta berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading