Sukses

Food

5 Tips Memasak Kangkung Rebus agar Tetap Hijau

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak kangkung, mungkin salah satu hal yang sering menjadi masalah adalah perubahan warna sayur yang menjadi kehitaman sehingga kurang terlihat menarik dan segar. Apalagi sayur kangkung sebaiknya dimakan tidak dalam keadaan menghitam karena itu tandanya nutrisi sayur sudah banyak yang hilang. Kangkung juga termasuk sayur yang harus dihabiskan dalam sekali makan, tidak boleh dibiarkan lama.

Nah, jika sering mengalami masalah saat merebus kangkung, mungkin sekian tips memasak kangkung agar tetap hijau ini bisa mengatasi masalahmu dan patut dicoba di rumah.

1. Cuci bersih kangkung

Pastikan dulu kangkung sudah dipotong-potong lebih kecil dan dicuci bersih sebelum direbus karena ini penting dalam mengurangi kemungkinan kangkung menghitam. Jika ukurannya terlalu besar, susah terendam dalam air seluruhnya. Jika kangkung terkena suhu panas di luar air, mudah sekali menghitam.

2. Gunakan panci yang cukup besar

Panci untuk merebus kangkung sebaiknya cukup besar untuk menampung seluruh kangkung yang ingin direbus. Jika panci terlalu kecil, daun-daunnya akan rentan menempel di dinding panci dan menghitam. Jadi pastikan ruangannya cukup lega untuk memasukkan seluruh bagian kangkung, terutama daunnya, ke dalam panci rebus.

3. Rebus dalam air mendidih

Masukkan kangkung saat air sudah mendidih. Begitu air yang direbus mendidih terbolak-balik, kecilkan api. Masukkan kangkung yang sudah dicuci dengan cepat. Langsung rendam dengan air. Jangan tunggu mengapung lama di atas air karena daun akan rentan berubah menghitam. Aduk sesekali untuk memastikan kangkung terendam seluruhnya. Pastikan airnya cukup banyak, air yang sedikit akan mengubah warna kangkung jadi hitam.

4. Gunakan suhu tinggi

Setelah terendam seluruhnya, naikkan lagi api kompornya. Kangkung harus direbus dengan suhu tinggi agar cepat matang dan tidak melunturkan warna hijau alaminya. Hindari merebus dengan api kecil karena itulah yang sering membuat kangkung berwarna kehitaman ketika direbus. Jika ingin menambahkan rasa, boleh beri sedikit garam ke dalam air rebusan. Terkadang ini juga dapat membantu menjaga warna hijau sayur kangkung selama direbus.

5. Rendam air dingin

Begitu matang dan empuk, tiriskan dari air rebusan. Untuk menghentikan proses pemasakannya, siram dengan air dingin atau rendam sebentar di dalam mangkuk berisi air matang yang dingin. Boleh juga ditambahkan es untuk membantu menurunkan suhu kangkung yang masih panas. Cara ini dapat menjaga kangkung tetap segar dan berwarna hijau setelah direbus.

Itu dia tips memasak kangkung agar tetap hijau yang bisa dicoba di rumah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading