Sukses

Food

4 Tips Memasak Nasi agar Pera dan Tidak Mudah Basi

Fimela.com, Jakarta Nasi pera biasanya sangat cocok untuk diolah jadi nasi goreng. Tekstur nasi yang tidak menggumpal bisa memudahkan proses pembuatan nasi goreng sehingga bumbu meresap sempurna. Selain itu nasi pera pun tidak gampang basi.

Kali ini, Fimela punya empat tips memasak nasi agar pera yang bisa dicoba di rumah. Caranya mudah sekali. Cukup memperhatikan rasio beras dan airnya. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Gunakan Rasio 1:1

Gunakan rasio 1:1 untuk beras dan air. Misalnya, kalau mau menanak beras 1 cup, maka air yang ditambahkan juga 1 cup. Air cukup dicuci bersih, lalu dimasukkan ke panci rice cooker atau magic com. Kemudian tambahkan air. Lalu tekan tombol "cook".

 

 

2. Biarkan Nasi 20 Menit

Setelah nasi matang, penutup magic com atau rice cooker tak perlu langsung dibuka. Diamkan dulu di dalamnya sekitar 20 menit. Tujuannya agar nasi bisa tanak dengan lebih sempurna.

 

 

3. Nasi Diangin-anginkan

Setelah didiamkan 20 menit, nasi diaduk-aduk lebih dulu agar tidak menggumpal. Setelah itu nasi bisa dikeluarkan lalu dipindahkan ke baskom atau wadah. Hilangkan uap panasnya dengan cara mengangin-anginkannya. Setelah dingin, nasi pera bisa langsung diolah menjadi nasi goreng atau dinikmati dengan masakan dan ragam lauk lainnya.

 

 

4. Simpan di Kulkas

Nasi yang sudah dingin atau sudah diangin-anginkan, bisa dipindahkan ke wadah. Lalu, disimpan di dalam kulkas. Nasi yang disimpan di dalam kulkas bisa awet sehingga seminggu. Kalau mau memasak nasi goreng, tinggal keluarkan nasi dari kulkas lalu dibumbui.

Itu tadi tips memasak nasi agar pera yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat, ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading