Sukses

Food

Resep Es Lumut yang Menyegarkan dan Mudah Dibuat

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini banyak sekali minuman menyegarkan yang viral di sosial media. Salah satunya es lumut. Di namai es lumut karena es ini terbuat dari adonan jelly bewarna hijau yang menyeruapai lumut yang dipadukan dengan susu segar. Es ini memiliki rasa manis dan menyegarkan cocok dinikmati saat cuaca panas. Selain manis dan menyegarkan es lumut ini juga mudah dibuat. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Untuk kamu yang ingin coba manis dan segarnya es lumut kamu bisa simak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 bungkus jelly bubuk bewarna hijau atau jelly rasa melon
  • 100 gram gula pasir
  • 700 ml air
  • Pewarna makanan hijau 
  • 200 ml susu full cream
  • Susu Kental Manis, disesuaikan dengan selera
  • Es Batu

Cara Membuat

  1. Dalam panci campurkan jelly bubuk, gula, dan air aduk-aduk sampai gula larut
  2. Nyalakan kompor, aduk-aduk adonan jelly dalam panci, tambahkan sedikit pewarna hijau agar warnanya tidak terlalu pucat, aduk-aduk hingga mendidih
  3. Matikan kompor jika adonan sudah mendidih. 
  4. Kemudian masukkan 1 buah es batu besar ke dalam adonan jelly dan siramkan larutan jelly ke atas es batu secara berulang.
  5. Aduk dan sirami terus larutan jelly ke atas es batu hingga mulai mengeras dan membentuk bagian kecil-kecil tipis seperti lumut.
  6. Jika adonan jelly sudah membentuk seperti lumut , aduk kembali menggunakan whisk agar tidak ada adonan jelly yang menggumpal besar.
  7. Pindahkan adonan jelly lumut ke dalam wadah besar lalu tambahkan susu full cream dan susu kental manis. Sesuakan rasa manisnya sesuai seleramu.
  8. Es lumut siap dinikmati

Itulah resep membuat es lumut, mudah bukan? Selamat mencoba

 

Penulis: Diah Ayu 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading