Sukses

Food

4 Cara Cermat Mengenali Daging yang Bagus dan Segar

Fimela.com, Jakarta Saat berbelanja harian maupun bulanan, daging adalah salah satu sumber protein favorit yang tidak bisa dilupakan. Selain bisa diolah menjadi aneka macam hidangan, kandungan gizi yang ada pada daging juga menyehatkan. 

Buat kamu pecinta daging, mungkin berbelanja daging bukan hal yang susah. Namun bagi sebagian lain, berbelanja produk yang satu ini bisa sedikit tricky apalagi harus memilih yang bagus dan segar. 

Sahabat Fimela tenang saja, kamu pakai cara berikut ini untuk mengetahui daging segar yang berkualitas bagus.

Melihat Warna

Salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat warna daging itu sendiri. Pada daging yang segar, permukaannya berwarna merah darah, merah tua, atau merah terang. Meski warna keabu-abuan tidak selalu mengindikasikan daging sudah busuk, hal itu menunjukkan daging yang kurang segar dan segera membusuk. 

Memencet Permukaan Daging

Daging yang masih bagus dan segar saat kamu tekan sedikit akan kembali pada bentuk semula. Namun saat kamu memencetnya dan permukaan daging membuat cekungan dan tidak kembali ke bentuk asal, maka daging sudah mengindikasikan tanda tidak besar. Ditambah lagi jika daging berlendir dan mudah hancur, dapat dipastikan bahwa daging sudah busuk dan kamu tidak disarankan mengkonsumsi itu.

Mencium Aroma

Meski kamu tidak bisa dengan terang-terangan menunjukkan gestur kamu mencium aroma daging, daging yang tidak segar sudah pasti memunculkan aroma tidak sedap yang tercium di hidungmu. Kamu bisa menyentuh sedikit bagian daging dengan jarimu kemudian menciumnya untuk lebih memastikan aromanya.

Mengamati Pembungkus

Jika kamu membeli daging yang kemasan yang sudah siap dimasak, hal pertama yang tertangkap di indra penglihatanmu mungkin adalah bagian pembungkusnya. Jika segelnya rusak atau pembungkusnya kotor, bisa jadi pada proses distribusinya terdapat kesalahan. Apalagi jika segel sudah rusak, besar kemungkinan daging akan terkontaminasi dengan bakteri. Jadi usahakan untuk membeli daging dengan bungkus yang masih bagus.

Jadi selalu cermat ya dalam berbelanja. Pastikan kamu mendapat kualitas terbaik untuk masakan terbaikmu. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading