Sukses

Food

5 Cara Gampang Memilih Ikan yang Segar saat Berbelanja

Fimela.com, Jakarta Kita selalu mengusahakan untuk mendapatkan bahan-bahan terbaik saat berbelanja. Karena kita mau agar masakan yang kita buat nanti memiliki cita rasa yang sedap dan nutrisi yang masih utuh juga. Oleh karena itu penting untuk membeli bahan-bahan yang masih segar. 

Untuk melihat sayuran dan buah-buahan segar sepintas mudah dikenali dari penampilan luarnya, namun untuk daging-dagingan kadang sulit untuk mengenalinya. Salah satu daging yang sering kita olah adalah ikan. Ketika kamu berbelanja ikan, cek terlebih dahulu kesegarannya. 

Kamu bisa mengetahui kesegaran dari ikan dengan 5 cara mudah ini. 

Mata Ikan yang Segar

Perhatikan mata dari ikan. Ikan yang masih segar seharusnya masih memiliki warna mata yang cerah. Hindari ikan dengan mata yang buram atau bahkan berwarna putih semua sebab ikan tersebut berarti sudah lama di luar ruangan.

Insang Berwarna Merah Segar

Cara lainnya dengan mengecek daging di balik insang. Kamu bisa sedikit membukanya untuk melihat warna dari insang, jika berwarna merah segar maka kamu bisa melihatnya. Ikan yang tidak segar memiliki warna daging insang merah tua hingga coklat.

Daging Tidak Lembek

Coba tekan dengan pelan ikan yang akan kamu beli. Jika tubuhnya kembali ke bentuk semula atau tidak membekas lubang maka ikan masih segar. Berbeda dengan ikan lama yang ketika dipegang dagingnya terasa lembek bahkan berair dan mudah hancur.

Sisik Masih Menempel Kuat

Salah satu ciri lain adalah keadaan sisik yang masih bagus dan menempel. Sisik yang berceceran dari tubuh ikan dan rontok adalah ciri ikan yang sudah tidak segar. 

Tidak Berbau Busuk

Bau amis yang ditimbulkan oleh ikan sudah menjadi hal lumrah yang disebabkan oleh reaksi kimia tubuh ikan setelah keluar dari laut. Namun berbeda jika ikan berbau busuk, sudah pasti ikan tersebut tidak segar. 

Kamu bisa menerapkan cara di atas saat berbelanja. Jadi ikan yang kamu dapatkan selalu dalam keadaan segar. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading