Sukses

Food

Apa Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Buah pisang merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan menjadi favorit banyak orang. Hal ini dikarenakan buah pisang merupakan buah yang mudah didapatkan serta dapat diolah menjadi berbagai olahan yang menyegarkan. Selain itu, buah pisang memiliki banyak manfaat.

Buah pisang umumnya diolah menjadi minuman sepertiĀ smoothie pisang. Pengolahannya yang sederhana membuat banyak orang menjadikan pisang sebagai buah favorit mereka. Hasil olahan tersebut pun rasanya enak dan menyegarkan, apalagi jika ditambahkan es dan diminum di cuaca yang panas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah pisang tidak hanya manis dan menyegarkan saja namun buah pisang memiliki banyak manfaat. Apa manfaat buah pisang? Sebelum mengetahui manfaatnya, yuk simak dulu beberapa resep olahan buah pisang yang manis dan menyegarkan berikut ini.

Apa Manfaat Buah Pisang?

1. Meringankan Nyeri Menstruasi

Nyeri menstruasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari bagi beberapa perempuan. Jika kamu salah satu yang biasa mengalami hal tersebut dan mengandalkan obat-obatan, kamu mungkin ingin beralih ke pisang.

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Sudah ada beberapa studi yang menyatakan bahwa kandungan ini ampuh meringankan nyeri PMS (Premenstrual Syndrome).

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Semenjak pandemi, kekebalan tubuh menjadi isu yang harus diperhatikan oleh siapapun. Kandungan vitamin A, C, dan B6 dalam pisang bisa jadi solusi yang baik untuk hari-hari yang lebih segar dan anti lemas.

3. Memperlancar Aliran Darah ke Otak

Pisang kaya akan kalium yang berperan penting untuk memelihara fungsi jantung dan sirkulasi darah. Otak akan menerima kiriman nutrisi dan oksigen yang dibawa darah akan berfungsi lebih baik dalam mengingat dan berpikir.

Pisang kaya akan serat, faktor ini membuat pisang mampu menghambat laju pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah di dalam tubuh. Tanpa adanya plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan tersingkir.

5. Membuat Kenyang Lebih Lama

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat. Serat yang mudah dicerna memiliki khasiat untuk memperlambat proses penguraian makanan sehingga membuat kamu kenyang lebih lama.

Manfaat Buah Pisang Lainnya

Ā 

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Serat dalam buah pisang ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko berbagai gangguan jantung.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pisang memiliki rasa manis yang bermanfaat untuk menciptakan rasa kenyang, dan rasa asam menstimulasi organ tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Manfaat pisang adalah meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan bagi penderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa garam adalah hal jahat dan sensitif bagi penderita tekanan darah tinggi.

Karena rendahnya kadar garam dalam pisang dan tinggi akan potasium, manfaat pisang juga sangat terasa bagi penderita tekanan darah tinggi sebagai penetralisir dan alternatif garam.

9. Mengatasi Anemia

Karena tingginya kadar zat besi pada pisang, pisang juga sangat baik bagi penderita anemia. Anemia adalah sebuah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemogoblin terus menurun.

Akibat dari anemia adalah mudah lelah, nafas singkat, dan kulit berubah pucat. Dengan rutin mengonsumsi buah pisang, anemia bisa diatasi secara signifikan.

10. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Selain mengurangi kadar gula dalam darah secara efektif, pisang mentah dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Resistensi insulin adalah faktor risiko utama bagi banyak penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan pati resisten pisang pada pisang mentah dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 50% dalam waktu empat minggu.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah pisang. Ternyata buah ini sangat bemanfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah rutin untuk mengonsumsi buahĀ pisangĀ untuk kesehatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading