Sukses

Food

5 Tips Membeli Pisau Dapur yang Tepat untuk Penggunaan Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Pisau dapur adalah benda yang paling dibutuhkan siapa pun yang sering memasak di dapur. Fungsi utamanya cukup penting, terutama dalam memotong bahan-bahan makanan. Karena merupakan benda penting di dapur, kita tentu tidak mau menggunakan pisau dapur sembarangan, apalagi membelinya secara asal-asalan tanpa pertimbangan. Ada banyak sekali produk pisau dapur di luar sana, tapi jika ingin membeli yang terbaik, coba simak sekian tips membeli pisau dapur berikut ini.

1. Frekuensi penggunaan

Seberapa sering kamu akan menggunakan pisau yang ingin dibeli? Ada banyak sekali jenis pisau yang dijual di luar sana, tapi jika kamu mencari pisau yang serbaguna, maka itu akan lebih bagus daripada membeli pisau khusus yang frekuensi penggunaannya sangat jarang. Pisau serba guna seperti pisau koki mungkin akan menjadi pilihan terbaik untuk penggunaan setiap hari.

2. Bahan pisau

Pilih dan belilah pisau dengan bahan baja karena tahan karat, bentuk yang lebih kokoh dan memikili kekuatan yang baik dalam memotong bahan makanan. Konon, banyak koki profesional lebih menyukai baja karbon yang relatif lebih lunak karena lebih mudah diasah. Tapi jika untuk penggunaan rumah sehari-hari, baja tahan karat karbon tinggi adalah pilihan terbaik. Boleh juga memilih pisau keramik karena tidak perlu terlalu sering diasah tapi risikonya adalah cukup rapuh, dapat pecah atau patah.

3. Cara pembuatan

Tidak pernah terbayangkan di kepala bukan, bahwa cara pembuatan pisau juga memengaruhi cara memilih pisau yang cocok untukmu? Pisau baja yang memiliki pegangan plastik atau kayu mungkin berisiko terlepas dari gagangnya tapi nyaman dipegang. Tapi pisau baja yang seluruhnya logam akan memberikan kesan lebih kokoh meskipun agak licin dipegang dalam keadaan tangan basah. Pilih yang menurutmu terbaik untukmu.

4. Penyimpanan

Jika membeli pisau satuan, mungkin yang paling dikhawatirkan adalah tempat peyimpanannya. Jika dilengkapi dengan penutup pisau, itu akan lebih baik. Tapi jika tidak, pastikan kamu memiliki tempat khusus untuk menyimpannya seperti plat magnetik atau slot kayu dengan sekat-sekat. Sebisa mungkin tidak mudah dijangkau anak-anak dan tidak membahayakan anggota keluarga di rumah.

5. Cara mengasah

Pisau yang sering dipakai pasti akan tumpul, jika tak diasah maka pisau tak bisa digunakan lagi. Jadi pastikan memilih pisau yang punya mata pisau tajam tahan lama atau pilih pisau yang mudah diasah dengan batu asah. Jika membeli pisau yang susah diasah karena memiliki bentuk atau bahan khusus, pasti akan menyulitkan dirimu juga.

Itu sekian tips membeli pisau dapur yang baik dan tepat untukmu.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading