Sukses

Food

Apa Itu Udon? Simak Penjelasan dan Resepnya yang Mudah Dibuat

Fimela.com, Jakarta Selain nasi, makanan yang paling sering dimakan oleh masyarakat Indonesia adalah mie. Walaupun kebanyakan lebih sering makan mie instan daripada mie jenis lain. Ternyata mie memiliki banyak jenis. Apa saja?

Ada beberapa jenis mie yang cukup populer di Indonesia dan sering dijadikan olahan makanan. Contohnya adalah mie telur, kwetiau, sohun, bihun, dan lain-lain. Mie yang cukup populer di Indonesia adalah mie telur dan bihun. Mie telur sendiri adalah mie yang terbuat dari telur dan gandum dan berwarna kuning pucat. Mie ini biasanya dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan mie instan. Sedangkan bihun sendiri adalah mie yang berwarna putih karena dibuat dari pati umbi-umbian seperti sagu. Bihun biasanya dijadikan bahan dalam pembuatan sup.

Ada lagi mie jenis lain yang sebenarnya tidak terlalu populer di Indonesia, namun sangat populer di negara asalnya yaitu Jepang. Mie ini bahkan dijadikan pengganti makanan pokok jika beras tidak tersedia. Mie ini adalah mie udon. Meskipun begitu populer di Jepang, namun nyatanya di Indonesia tidak sepopuler itu. Banyak yang masih belum mengetahui apa itu udon.

Nah sebenarnya apa itu udon? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Udon?

Apa itu udon? Mie udon adalah mie tebal dan kenyal yang dibuat menggunakan tepung terigu. Dibandingkan mi biasa, udon lebih liat dan kenyal. Biasanya diolah dengan kuah bening dari kaldu dashi atau shoyu atau miso. Udon umumnya dijual dalam keadaan segar atau beku. Bisa dibeli di pasar swalayan besar atau toko bahan makanan Jepang. Sebelum diolah sebaiknya siram dahulu dengan air panas agar menjadi kenyal dan sedikit lunak.

Resep Mie Udon

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah bawang bombay, iris panjang
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 gram daging sukiyaki, potong-potong
  • 1 1/2 sendok makan kecap kikoman
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 8 slice kamaboko (fish paste)
  • 500 gram udon basah, kemudian seduh air panas dan jangan lupa untuk tiriskan
  • 100 gram jamur shitake segar, buang tengahnya, kerat bintang, rebus
  • 230 gram egg tofu, potong
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Langkah pertama yang dilakukan menumis bawang bombay hingga mengeluarkan aroma harum

  2. Kemudian masukan daging dan aduk hingga daging berubah warna

  3. Selanjutnya tambahkan kikkoman dan aduk kembali hingga merata, angkat dan sisihkan

  4. Selanjutnya untuk membuat kuah, rebus terlebih dahulu hingga mendidih kemudian masukan mirin, kikkoman, garam, merica dan bonito

  5. Masak kembali hingga mendidih hingga harum

  6. Selanjutnya untuk saran penyajian, udon dapat ditata dengan tumisan daging kemudian jamur shitake tambahkan kamaboko, egg tofu dan juga daun bawang lalu siram dengan kuah.\

Itu dia penjelasan mengenai apa itu udon dan cara membuatnya yang mudah dan tentunya lezat. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading