Sukses

Food

5 Fakta Minuman Soju Asal Korea yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Korea selatan dikenal sebagai negara penghasil hiburan seperti musik dan series dramanya. Ada banyak penggemar musik dan series drama dari Korea Selatan di Indonesia. Tidak heran jika kemudian hal-hal yang berkaitan dengan Korea Selatan ikut digemari juga.

Salah satunya adalah minuman soju. Minuman ini cukup sering muncul di series drama. Karena kemunculannya ini kemudian banyak yang penasaran ingin mencoba minuman soju.

Minuman soju sendiri adalah minuman beralkohol yang berasal dari Korea. Sebagian besar merek soju diproduksi di Korea Selatan. Bahan baku soju tradisional adalah beras, namun sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, ubi jalar, atau tapioka (dangmil). Minuman ini bening tidak berwarna dengan kadar alkohol yang berbeda-beda, mulai dari 20% hingga 45%

Nah ternyata ada beberapa fakta mengenai minuman soju. Mungkin saja beberapa fakta ini belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Yuk simak beberapa fakta mengenai minuman soju yang wajib kamu ketahui.

Ternyata Meminum Soju Tidak Bisa Sembarangan

1. Minuman Terlaris Sedunia

Fakta pertama mengenai minuman soju adalah ternyata minuman ini adalah minuman terlaris di dunia. Berdasarkan berita yang dirilis oleh The Spirits Business, Jinro Soju menjual 86,3 juta kemasan pada tahun 2019 atau lebih banyak daripada merk minuman keras lainnya di dunia. Jinro merupakan produsen soju terbesar yang menguasai setengah dari semua minuman beralkohol putih yang dijual di Korea Selatan.

2. Ada Aturannya

Ternyata untuk meminumnya saja ada aturan tersendiri lho, Sahabat Fimela. Ada beberapa aturan yang mesti kita jalankan saat meminum soju. Soju diminum menggunakan gelas kecil dan dituangkan oleh teman yang menjadi lawan minum kita.

Kegiatan minum soju lebih baik dilakukan bersama-sama dan saat berkumpul bersama sahabat, bukan dikonsumsi sendirian saja. Oleh karena itu, minuman ini bisa sangat laris karena dalam satu kali beli tidak mungkin hanya membeli dalam jumlah sedikit.

3. Ada Beberapa Varian Rasa

Meskipun rasa minuman soju original merupakan rasa yang paling populer, soju juga tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti soju dengan rasa buah-buahan. Namun biasanya soju dengan rasa buah-buahan mengandung mengandung alkohol dengan kadar kecil, hanya sekitar 16% saja.

Sementara soju yang dengan rasa manis dengan tekstur seperti susu mengandung alkohol sekitar 20%, Maka dari itu, kadar dari soju berada di atara minuman keras dan anggur merah.

Minuman Soju Harus Dinikmati dengan Makanan Pendamping

4. Pengganti Vodka

Saat ini minuman soju merupakan minuman yang diakui sebagai minuman paling laris di dunia. Secara perlahan minuman soju saat ini pun mulai digunakan sebagai pengganti vodka. Bahkan penjualan soju di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir sangat meningkat dan digunakan sebagai bahan koktail.

Salah satu restoran dan bar di Amerika Serikat, yaitu Kitchen Story, telah menukar vodka dengan soju sebagai bahan untuk membuat koktail Bloody Mary di restorannya. Secara perlahan soju mulai menggeser minuman keras yang telah dikenal di dunia.

5. Dinikmati dengan Makanan Pendamping

Minuman soju tidak bisa dinikmati sendirian, biasanya soju dinikmati dengan makanan seperti tteokpokki atau udang asin. Selain itu, soju juga biasa dinikmati dengan jokbal. Jokbal merupakan makanan yang terbuat dari kaki babi yang direbus dan diasinkan, dan dimasak dengan daun bawang, jahe, bawang putih dan anggur beras.

Soju juga cocok dengan bossam atau daging babi kukus yang dibungkus dengan daun selada merah, bawang putih, paprika, dan kimchi. Beberapa makanan di atas merupakan makanan yang akan membuat rasa soju semakin kuat dan nikmat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading