Sukses

Food

How To: 4 Tips Memanggang Ikan di Oven

Fimela.com, Jakarta Ikan merupakan salah satu makanan terfavorit bagi para pecinta seafood. Ada banyak cara penyajian ikan, mulai dari digoreng, dibakar, dipanggang, bahkan disajikan secara mentah seperti makanan ala Jepang atau Korea. Tetapi, salah satu cara yang paling praktis dalam menyajikan hidangan ikan adalah dengan cara memanggangnya di oven.

Memanggang ikan dengan menggunakan oven merupakan cara penyajian ikan yang sangat populer, karena cara ini tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses pembuatannya. Meskipun begitu, masih banyak yang khawatir dengan tekstur ikan yang terlalu kering jika dipanggang menggunakan oven. Agar menghindari hal tersebut, yuk kita intip beberapa tips memanggang ikan di oven yang dikutip dari bhg.com.

Metode Mempersiapkan Ikan untuk Dipanggang

Berikut beberapa metode yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan ikan yang akan dipanggang:

1. Cairkan Ikan

Jika ikan dalam keadaan beku, pindahkan ikan ke dalam kantong plastik yang dapat ditutup rapat. Rendam ikan di dalam air dingin dan ganti airnya selama 30 menit sekali agar ikan tetap dingin. Lanjutkan proses ini sampai mencair.

2. Hilangkan Kulit Ikan yang Masih Menempel

Untuk ikan fillet, hilangkan kulit yang masih menempel di badan ikan dengan menggunakan pisau yang tajam. Jika dirasa sulit untuk menghilangkan kulit ikan dalam keasaan mentah, metode ini juga dapat dilakukan setelah ikan selesai dipanggang. 

3. Keringkan Ikan

Disarankan untuk tidak membilas ikan kecuali untuk membilas sisiknya. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan bakteri yang berbahaya akibat cipratan air dari bilasan ikan. Maka dari itu, ikan harus dikeringkan sebelum dipanggang. Lakukan cara ini dengan menepuk pelan ikan dengan handuk atau tissue kering. 

4. Panaskan Oven

Panaskan oven hingga 450°F untuk memanggang ikan fillet. Jika ingin memanggang ikan yang dibalur dengan bumbu, panaskan oven hingga 350°F. Memarinasi ikan dengan lemon dan garam juga bisa menjadi cara untuk membuat daging ikan lebih empuk dan terasa segar.

Tips agar Ikan Panggang Matang Sempurna

Lamanya waktu memanggang ikan menggunakan oven tergantung pada ukuran potongan dan ketebelan ikan. Karena ikan merupakan makanan yang tergolong cepat matang, jadi ikan sangat mudah untuk menjadi terlalu kering jika dipanggang dalam waktu yang terlalu lama. Maka dari itu, ada beberapa tips untuk memanggang ikan agar matang dengan sempurna.

Daging ikan mengandung lemak alami sehingga tidak menambahankan minyak sebelum memanggang ikan tidak akan jadi masalah. Untuk beberapa resep ikan panggang, ada yang menyarankan untuk meletakan sayuran yang diiris tipis di atas ikan agar ikan tetap berair selama dipanggang. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan sedikit butter diatas ikan sebelum dimasukkan ke oven.

Aturan umum untuk memanggang ikan agar matang dengan sempurna adalah dengan memanggangnya selama 10 menit untuk setiap inci ketebalannya. Suhu 450°F merupakan suhu yang tepat untuk memanggang ikan dengan menggunakan oven. Sebelum memasukkan ikan ke dalam oven, selipkan bagian ujung ikan yang tipis agar matang merata. 

 

Cara Memeriksa Tingkat Kematangan Ikan di Oven

Untuk mengetahui apakah ikan sudah matang dengan sempurna atau belum memang bisa sangat membingungkan. Pasalnya, tingkat kematangan ikan tidak sepenuhnya bergantung pada suhu saja. Maka dari itu, waktu memanggang harus sangat diperhatikan untuk menghindari ikan yang tidak matang sempurna.

Menusukkan garpu ke dalam ikan yang sedang dipanggang bisa menjadi cara untuk mengetahui tingkat kematangan ikan. Jika daging ikan mudah terkelupas saat ditusuk oleh garpu, maka tandanya ikan sudah matang. Setelah ikan matang, tantangan lainnya adalah mengambil ikan dari loyang panggangan. Seringkali ikan akan menempel di loyang saat akan diangkat. Untuk menghindari hal ini, ikan bisa diletakan di atas tumpukan bawang bombay atau seledri. Selain untuk menghindari lengket, cara ini juga bisa menambahkan ekstra rasa pada ikan.

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading