Sukses

Food

Mengeksplorasi Pesona Rempah Nusantara dalam Gastronomi dan Wellness, Upaya Meningkatkan Reputasi Kuliner Indonesia ke Ranah Internasional

Fimela.com, Jakarta Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus ini, The Dharmawangsa Jakarta baru saja menggelar acara yang diberi tajuk "Jelajah Rempah Nusantara." Acara ini merupakan kolaborasi antara The Dharmawangsa Jakarta dengan Javara Indonesia, bertujuan mengeksplorasi berbagai pengalaman indrawi guna memahami peran rempah-rempah nusantara dalam budaya kuliner dan kesehatan.

Ada berbagai program inovatif yang dihadirkan, mulai dari lokakarya tematik, praktik kesehatan kuno, sajian kuliner yang terinspirasi dari budaya kuliner lokal, hingga pemutaran film, dan weekend market yang terkurasi. Jelajah Rempah Nusantara juga menampilkan Borobudur Heritage Dinner: From Relief to Table.

Instalasi Spice Lounge: Sense & Sensibility

Di acara ini, dihadirkan beragam rempah-rempah dan jejamuan Indonesia dalam instalasi yang unik, mulai dari varietas endemik, hingga yang diperkenalkan ke Nusantara dalam masa perdagangan kuno.

Talkshow Indonesia Spice Up the World: Best Practices & What's Next

Indonesia Spice Up the World telah menjadi gerakan nasional yang berupaya untuk mempromosikan budaya kuliner Indonesia ke tingkat internasional. Inspirasinya dari kekayaan rempah-rempah Indonesia selama perdagangan kuni, talkshow ini mengundang berbagai tokoh kunci di ranah gastronomi dan budaya Indonesia untuk berbagi ide mereka dalam mengangkat reputasi kuliner Indonesia ke skala global.

Wellness Sunset Laku Lampa

Menindaklanjuti penampilan publik pertama di acara sampingan G-20 International Wellness Tourism Conference & Festival, The Dharmawangsa Jakarta juga mempersembahkan Laku Lampa. Laku Lampa adalah gerakan olah tubuh yang berakar pada kearifan warisan Jawa, diadaptasi dari warisan tari Jawa yang memadukan unsur kekuatan, kelenturan, ritme, keseimbangan, dan pernapasan untuk mencapai kebugaran jasmani dan kejernihan pikiran.

Workshop Ancient Rice by Javara Indonesia

Indonesia pernah menjadi rumah bagi lebih dari 7.000 varietas padi, masing-masing berkarakteristik unik, memiliki manfaat kesehatan, dan lingkungan tumbuh yang berbeda. Javara telah menjadi pionir yang berkomitmen pada misi membawa kembali beras pusaka Indonesia ke pasar yang lebih luas, baik pasar domestik maupun internasional.

5 Cornerstone Flavours of Indonesia's Food Culture by Javara

Lima unsur yang memainkan peran sentral dalam membentuk budaya makanan Indonesia adalah asam, garam, gula, lemak, dan rempah-rempah. Acara ini mengajak untuk menemukan berbagai bahan asli yang membentuk lima komponen ini melalui tur mendalam di sekitar instalasi rempah-rempah.

 

 

Jelajah Nusantara Cocktail Class

Di acara ini akan diajari cara membuat koktail yang terinspirasi secara lokal, dibuat dengan perpaduan unik antara semangat, tradisi, dan keunggulan rempah-rempah.

Aromatherapy Workshop - The Gift of Archipelago Spices

Acara ini bertujuan untuk mempelajari dan mengenal aneka macam minyak esensial, sembari membuat campuran aromaterapi khusus untuk penunjang kelancaran pencernaan dan meningkatkan kesehatan.

Jamu Workshop

Acara ini memperkenalkan sejarah dan manfaat rempah-rempah, tanaman obat, dan cara membuat jamu yang diracik sendiri dengan rempah dan bahan-bahan lokal.

Kebun Nusantara Brunch

Berbagai makanan Indonesia yang dibuat dari bumbu dan rempah-rempah asli nan langka. Di acara ini diperkenalkan rempah langka yang terlupakan, namun bergizi, seperti Pohpohan, Daun Semanggi, Moringa, Pakis, Genjer, dan Ciplukan.

Borobudur Heritage Dinner: From Relief to Table

Acara ini terinspirasi dari relief Candi Borobudur, satu paduan sejarah dan keahlian memasak secara artistik yang menghadirkan pengalaman bersantap otentik.

Movie Screening: Budaya Pangan Nusantara

Dari Pekan Kebudayaan Nasional 2021, beberapa film dokumenter sinematografi diproduksi, menyoroti budaya Nusantara. Acara ini menampilkan pemutaran film Alam Takambang Jadi Guru karya Riri Riza dan film Alam ke Piring karya Leon Lolang. Pilihan prasmanan disajikan untuk melengkapi acara, dengan menu yang menyoroti masakan asli Minangkabau dan Flores, pengalaman kuliner mendalam dalam konteks latar budaya film.

Minggu Brunch with Traditional Culinary Showcase

Pengalaman makan siang yang santai dengan menghadirkan masakan Indonesia, berbagai hidangan otentik yang berasal dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur dihadirkan bersamaan dengan hidangan lezat lainnya.

Artisanal Market

Barang artisanal dan kerajinan tangan dari jenama lokal dengan kategori termasuk makanan sehat, seni dan kerajinan, rumah dan tempat tinggal, serta produk kesehatan bisa ditemukan di sini.

Festival Merah Putih with Bimasena

The Bimasena Club mempersembahkan Festival Merah Putih, acara ramah tamah keluarga. Kegiatan ikonis di Hari Kemerdekaan Indonesia, seperti lomba tarik tambang, balap bakiak, dan bazaar terbuka ada di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading