Sukses

Food

Cara Mengolah Baking Powder dan Manfaatnya Selain untuk Makanan

Fimela.com, Jakarta Baking powder adalah salah satu bahan untuk membuat kue, yang berfungsi untuk membuat kue menjadi mekar dan mengembang. Baking powder sering disebut sama dengan baking soda, padahal kedua bahan ini agak berbeda, walaupun fungsinya hampir sama. Baking powder memiliki tekstur lembut dan berwarna putih hampir mirip dengan garam.

Baking powder memiliki rasa yang netral, berbeda dengan baking soda yang memiliki rasa sedikit pahit. Sebenarnya baking powder ini campuran dari soda kue atau sodium bikarbonat dengan cream of tartar dan zat pati. Tak hanya membuat makanan menjadi mengembang, baking powder juga bisa membuat roti menjadi lebih empuk.

Baking powder harus disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Karena baking powder mengandung bahan aktif, yang formulanya bisa hilang jika tidak disimpan dengan benar. Agar baking powder bisa aktif, simak cara mengolahnya berikut ini:

Cara Mengolah Baking Powder untuk Makanan

Cara mengolah baking powder sebenarnya sangat mudah. Karena baking powder mudah aktif saat digabungkan dengan cairan. Untuk membuat makanan, sebaiknya jangan langsung mengolah baking powder dengan air. Lebih baik campurkan baking powder dengan tepung atau bahan kering terlebih dahulu.

Di dalam baking powder terkandung gas karbondioksida yang bisa membuat makanan mengmbang. Jika baking powder langsung dicampurkan dengan cairan, maka gas karbondioksida akan aktif terlebih dahulu, sebelum kue dipanggang atau kukus. Hal ini yang biasanya membuat kue bantat.

Karena baking powder mudah aktif, sebaiknya simpan baking powder dengan benar. Hindari menyimpan di tempat yang lembap dan terkena sinar matahari. Simpan baking powder di wadah tertutup dan jangan lebih dari 6 bulan.

Cara Mengolah dan Manfaat Baking Powder yang Lainnya

1. Membersihkan Peralatan Masak

Selain dijadikan sebagai bahan masakan, baking powder juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan masak. Cara mengolah dan menggunakannya adalah cukup mencampurkan baking powder dengan sedikit air, lalu gosokkan baking powder dengan spons pada area dapur dan peralatan dapur yang akan dibersihkan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas hingga bersih.

2. Menghilangkan Bau Sepatu

Baking soda juga memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya adalah bungkus baking powder dengan kain tipis, lalu letakkan pada kedua sepatumu dan keluarkan baking powder ketika akan menggunakan sepatu. Baking powder bisa membantu mengontrol kelembapan pada sepatu dan membunuh kuman penyebab bau sepatu.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ternyata baking powder bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mengurangi berbagai masalah pada perut, seperti perut begah, asam lambung dan sembelit. Sahabat Fimela bisa mencampurkan baking powder dengan air hangat, lalu dikonsumsi pada saat perut merasakan sakit dan susah BAB. Kandungan yang terdapat pada baking powder ini, bisa membantu mengubah asam menjadi basa pada lambung.

Resep Martabak Manis dengan Baking Powder

Bahan-bahan:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 300 ml air

Bahan tambahan:

  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • gula pasir untuk taburan
  • pasta pandan sesuai selera
  • margarin untuk olesan
  • keju parut secukupnya
  • meses cokelat secukupnya

Cara membuat:

  1. Langkah pertama campurkan semua bahan utama. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Lalu tutup atas wadah dengan serbet bersih dan diamkan selama 30 menit.
  3. Masukkan baking powder, vanili, dan pasta pandan. Aduk hingga rata.
  4. Tuang adonan ke teflon dan masak dengan api kecil.
  5. Taburkan gula pasir saat martabak hapir matang. Tutup teflon dan tunggu hingga bagian atas adonan tidak basah.
  6. Angkat martabak yang sudah matang. Olesi dengan margarin dan taburkan dengan keju parut dan meses. Lipat martabak, potong-potong sesuai selera. Sajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading