Sukses

Fashion

Sukkha Citta Jadi Brand Indonesia Pertama yang Masuk dalam Daftar The Vogue Business Innovators

Fimela.com, Jakarta Di bulan September ini, Sukkha Citta fashion brand lokal yang berfokus pada isu lingkungan dan pemberdayaan perempuan membawa kabar baik bagi industri fashion Indonesia dengan menjadi brand asal Indonesia pertama yang masuk ke dalam daftar The Vogue Business 2024 Innovators. Setiap tahunnya, Vogue Business menyeleksi 100 tokoh dan brand yang memiliki andil besar dalam industri fashion, yang terbagi ke dalam beberapa kategori. Untuk pertama kalinya, brand Indonesia yang diwakili oleh Sukkha Citta masuk ke dalam daftar bergengsi tersebut, tepatnya dalam kategori Entrepreneurs & Agitators. 

Sejak pertama didirikan pada tahun 2016, Sukkha Citta selalu berkomitmen untuk menjadi sarana pemberdayaan sosial, khususnya perempuan, serta lingkungan melalui fashion. Budaya pengrajin Indonesia yang kaya dimanfaatkan oleh Sukkha Citta untuk memproduksi koleksi-koleksi yang erat dengan citra lokal, tradisional, dan ramah lingkungan. Material yang digunakan untuk koleksi Sukkha Citta dibuat dengan teknik tumpang sari tanpa memakai pestisida kimia atau pupuk sintetik yang berbahaya bagi lingkungan. Sukkha Citta juga menawarkan garansi seumur hidup dan kebijakan zero-waste dengan melakukan upcycle, recycle, re-dye dan take back program untuk seluruh koleksinya.

Koleksi Sukkha Citta dari tahun 2016 hingga sekarang merupakan buah karya perempuan-perempuan hebat tanah air

“To be included on The Vogue Business 2024 Innovators hand-curated list means more than just an achievement for us—it’s also a recognition and acknowledgment of the hard work of all the Indonesian women in the rural areas that have wholeheartedly been with us throughout this whole journey. Seluruh koleksi Sukkha Citta dari tahun 2016 hingga sekarang merupakan buah karya perempuan-perempuan hebat tanah air yang juga berkomitmen terhadap isu lingkungan lewat budaya kerajinan tangan dan penanaman material melalui Tumpang Sari,” tutur Denica Riadini-Flesch, pendiri Sukkha Citta.

Sebelumnya, Sukkha Citta melalui pendirinya, Denica juga meraih 2023 Rolex Awards for Enterprise, sebuah penghargaan yang diberikan Rolex untuk individu yang selalu berinovasi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sekitar, serta melestarikan budaya lokal untuk generasi mendatang

“These recognitions serve as a reminder for Sukkha Citta to always continue to grow while still adhering to our values and principles for the community and our Planet. Sukkha Citta selalu berusaha untuk membuat terobosan dan inovasi baru dalam setiap karyanya. Pada bulan November mendatang, Yayasan Rumah SukkhaCitta akan menyelenggarakan eksibisi REGENERASI sebagai perpanjangan tangan dari komitmen dan value Sukkha Citta,” tambah Denica.

 

Akan menggarap eksibisi bertajuk Regenerasi

Mulai dari bulan November 2024 hingga April 2025, Sukkha Citta akan menggarap eksibisi bertajuk Regenerasi yang berfokus pada dua hal, di antaranya pemberdayaan perempuan dan regenerasi agraria untuk keberlangsungan hidup. Berangkat dari kekhawatiran akan berbagai isu kesenjangan terhadap perempuan, ditambah berbagai isu mengenai perubahan iklim yang terjadi beberapa tahun silam, eksibisi Regenerasi mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama menjawab keresahan ini. Tujuan dari eksibisi ini adalah untuk menciptakan kesadaran solutif akan isu-isu lingkungan dan sosial yang mendesak dalam industri fashion melalui regenerasi tradisi dan warisan seni. Harapannya, semakin banyak orang yang tergerak hatinya, semakin besar dampak positif yang dapat ditimbulkan.

“What comes from the heart, goes to the heart. Lastly, wherever we are going and growing next, I hope the brand will always bring happiness to everyone, just like the name—Sukkha Citta,” tutup Denica. 

 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading