Sukses

Fashion

Tampilan Ridwan Kamil Bak Si Pitung Saat Daftar Pilkada 2024, Pakai Kain Betawi Bermotif Tolak Bala

Fimela.com, Jakarta Ridwan Kamil resmi maju sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Bersama Suswono sebagai wakilnya, Ridwan Kamil mendaftarkan pencalonannya di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024).

Penampilan Ridwan Kamil dan Suswono nampak mencuri perhatian saat tiba di kantor KPUD DKI Jakarta. Keduanya bahkan disambut oleh para pendukung yang disebut "Rido".

Ridwan Kamil dan Suswono tampil bak Si Pitung dengan mengenakan pakaian kasual khas budaya Betawi yang disebut baju sadariah. Busana ini terdiri dari kemeja putih berkerah tinggi dengan celana cingkrang longgar bercorak batik.

 

Tampil bak si Pitung

Memaksimalkan tampilan ala Si Pitung, Ridwan Kamil dan Suswono kompak mengenakan peci hitam dan cukin, sebutan untuk kain yang menggantung di leher layaknya syal.

Cukin yang dikenakan Ridwan Kamil dan Suswono menjadi sorotan tersendiri. Bukan menampilkan kotak-kotak yang menjadi paduan umum dari busana Betawi, melainkan menampilkan motif tenun kuning jingga.

Setelah tiba di kantor KPUD, pasangan ini mengganti cukin yang dikenakan. Kain tersebut mirip seperti batik dalam nuansa oranye yang cerah dan meriah. Menampilkan motif ondel-ondel sebagai motif utama dan aksen floral yang khas.

 

Makna motif Ondel-Ondel

Motif ondel-ondel yang ditampilkan pada cukin Ridwan Kamil dan Suswono memang menjadi motif yang identik dengan kebudayaan Betawi. Namun lebih dari sekadar ikon budaya Betawi, rupanya motif ondel-ondel memiliki makna tersendiri. Berdasarkan kutipan dari berbagai sumber, motif ondel-ondel menjadi penolak bala dan pengusir makhluk halus.

Rupanya bukan Ridwan Kamil dan Suswono saja sebagai bakal paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang mengenakan cukin ondel-onde. Bakal paslon Pramono Anung dan Rano Karno pun juga mengenakan cukin yang sama.

 

 

Dipakai Pramono Anung-Rano Karno

Bedanya, Pramono Anung kenakan beskap Betawi berwarna hitam. Sedangkan Rano Karno terlihat lebih kasual dengan kemeja koko berwarna putih. Meski tampil dengan busana yang kontras, keduanya terlihat sama-sama mengenakan peci hitam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading