Sukses

Fashion

Serbaguna dan Ramah Lingkungan, Viscose-Rayon Ternyata Bisa Digunakan untuk Keperluan Fashion hingga Home Furnishing!

Fimela.com, Jakarta Tren sustainable fashion atau fesyen berkelanjutan semakin digalakkan belakangan ini. Seiring dengan adanya tren tersebut, material viscose-rayon pun turut populer di kalangan para penggiat fesyen berkelanjutan tersebut. Bukan tanpa alasan, viscose-rayon dianggap sebagai salah satu bahan fesyen yang ramah lingkungan, sehingga mengenakannya berarti turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Lebih lanjut, viscose-rayon dapat diartikan sebagai salah satu material berkelanjutan yang terbuat dari 100% selulosa kayu. Berbahan dasar tanaman alami, viscose-rayon bersifat terbarukan (renewable) dan juga mudah terurai (biodegradable). Menariknya, selain lebih ramah lingkungan, viscose-rayon juga memiliki sifat yang sangat versatile atau serba guna. 

Salah satu kelebihan dari viscose-rayon adalah sifatnya yang mudah untuk dicampurkan dengan bahan-bahan lain seperti polyester hingga spandex, sehingga memungkinkan untuk diaplikasikan pada berbagai kebutuhan sehari-hari dengan beragam fungsi. Lantas, seperti apa sih penggunaan viscose-rayon dalam kehidupan sehari-hari?

Keperluan Fesyen dan Tekstil

Umumnya, viscose-rayon digunakan untuk keperluan fesyen. Karena dapat dicampur dengan berbagai material, viscose-rayon bisa diaplikasikan pada beragam variasi koleksi fesyen dan tekstil, mulai dari kemeja, gaun, hingga pakaian dalam.

Ketika memasuki musim panas, viscose-rayon jadi pilihan utama fashionista yang ingin tampil chic di tengah cuaca yang hangat. Hal ini didukung oleh tekstur kain viscose-rayon yang lembut, halus dan dapat menyerap keringat dengan baik. Jika kalian berencana untuk liburan pada musim panas ini, pakaian yang menggunakan material viscose-rayon bisa jadi pilihan loh sehingga kita bisa tetap nyaman saat berliburan.

Bukan saja untuk baju pantai atau baju tropis, viscose-rayon juga jadi pilihan untuk pakaian sehari-hari kerja yang chic. Dalam trend book 2024 yang dirilis Asia Pacific Rayon, produsen serat rayon yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau, terdapat beberapa referensi tren aplikasi viscose-rayon untuk gaya sehari-hari yang sophisticated.

Salah satu koleksi yang menonjol adalah pakaian bertema Life and Summer yang ideal untuk kegiatan di luar ruangan. Dengan bahan yang lembut, halus dan bernapas, menjadikan viscose pilihan yang tepat untuk pakaian outdoor karena memberikan kenyamanan ketika digunakan. Selain itu dengan kemampuan memberikan warna yang cerah, menjadikan pakaian dengan bahan viscose menjadi lebih berwarna dan bisa dipadupadankan dengan material lain untuk berbagai macam koleksi dan model pakaian.

Di Indonesia, APR sendiri dikenal sebagai produsen serat viscose-rayon dan salah satu yang terbesar dalam memproduksi material berkelanjutan ini di Indonesia. APR bahkan telah memasarkan hasil produk Indonesia ini hingga ke lebih dari 16 negara di seluruh dunia. Viscose-rayon yang dihasilkan utamanya untuk memenuhi pasar negara tropis, seperti Indonesia, Timur Tengah, Bangladesh dan sebagainya.

Home Furnishing yang Populer

Rupanya isu keberlanjutan tidak hanya mempengaruhi industri pakaian, tetapi juga desain interior. Saat ini, konsumen juga mulai selektif dalam memilih bahan-bahan berkelanjutan untuk digunakan di rumahnya, khususnya bagi generasi gen-z. 

Viscose termasuk salah satu pilihan material yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga cocok untuk menghiasi peralatan rumah. Kelembutan dan kehalusan bahan viscose-rayon kerap digunakan untuk bahan finishing sofa, karpet, gorden, taplak meja, sprei, sarung bantal, handuk, selimut dan sebagainya.

Menariknya untuk home décor, viscose bisa memberikan sentuhan elegan dan lembut untuk carpet, sehingga ini merupakan pilihan popular pada modern interior design. Viscose juga bisa digunakan sebagai kain pelapis karena bahannya terlihat lebih mahal seperti sutra dengan biaya yang lebih murah. Viscose juga bisa dicampurkan dengan serat lain untuk meningkatkan kekuatan dari Viscose tersebut.

Non-woven Fabrics yang Aman Bagi Kulit Sensitif

Pasca Covid-19, gaya hidup masyarakat semakin memperhatikan kebersihan untuk terhindar dari berbagai penyakit. Kain viscose dengan kelebihannya yang aman bagi kulit sensitif menjadi pilihan yang baik untuk produk kebersihan seperti masker.

Viscose-rayon juga dapat diaplikasikan sebagai masker. APR juga memasok bahan viscose-rayon untuk dapat digunakan sebagai masker yang aman secara kesehatan, termasuk untuk kulit sensitif karena tidak membuat kulit iritasi dan bebas racun dengan sertifikasi FKT label.

Berkat kelembutan dan daya serapnya yang tinggi, viscose-rayon juga dapat diaplikasikan pada non-woven fabrics seperti produk kebersihan yaitu pembalut wanita, popok bayi, dan masker. Viscose-rayon juga dapat digunakan untuk pengaplikasian berbagai keperluan industrial dan kesehatan.

Dari sini dapat diketahui, jika viscose-rayon dapat menjadi pilihan material yang nyaman untuk digunakan dan juga tetap mendukung gaya hidup keberlanjutan, baik sebagai bahan pakaian maupun keperluan rumah dan kebersihan. Yuk, mulai beralih ke material yang lebih baik untuk bumi dan tentunya serbaguna dalam kehidupan sehari-harimu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading