Sukses

Fashion

Eksplorasi Kekayaan Flora Fauna Batik Karawang Lewat Koleksi Kebaya Meriah Rancangan Novita Yunus

Fimela.com, Jakarta Sebagai desainer, Novita Yunus banyak menggunakan wastra Nusantara menjadi sebuah koleksi busana yang apik. Salah satunya Batik Karawang yang dikreasikan Novita Yunus menjadi kebaya lewat brand Batik Chic by Novita Yunus.

Kali ini, Novita Yunus bermain dengan motif Batik Karawang yang menampilkan kekayaan flora dan fauna. Sebanyak Dipresentasikan pada gelaran Parade Wastra, Novita Yunus menghadirkan rangkaian koleksi kebaya yang dibuat dari 20 helai kain Batik Karawang.

Dalam sebuah wawancara, Novita Yunus mengaku dirinya merasa tertantang untuk mengeksplorasi kain Batik Karawang untuk menjadi sebuah koleksi busana. Perpaduan warna-warna yang festive dan motif yang beragam menjadi tantangan tersendiri.

"Nah, untuk seorang designer untuk membuat suatu koleksi dengan batik Karawang ini agak challenging. Karena aku menerima 20 batik dengan harus membuat 10 koleksi, gitu ya. Yang sebetulnya engga nyambung nih atas bawah. Sebetulnya agak kurang nyambung. Tapi I have to, aku harus buat sesuatu yang challenging," kata Novita Yunus.

 

Pakai efek bordir

Dalam proses penggarapannya, Novita Yunus tidak sekadar memadupadankan beberapa warna dan motif Batik Karawang menjadi sebuah kebaya. Melainkan juga memasukan efek-efek, seperti bordir untuk tampilan kebaya yang lebih cantik. Menurutnya, teknik bordir yang diaplikasikan dapat meminimalisir efek-efek yang terlihat besar pada kain Batiknya.

Hasilnya, rangkaian koleksi rancangan Novita Yunus terlihat sangat festive dengan perpaduan warna gelap dan terang yang serasi. Menjadikan rangkaian busana dari Novita Yunus sebagai pembuka Parade Wastra yang meriah.

 

Kebaya Janggan

Novita Yunus bermain pada beberapa siluet kebaya yang kini banyak diminati masyarakat Indonesia, seperti kutubaru, kebaya Kartini, hingga kebaya Janggan. Seperti pada salah satu koleksi yang menampilkan motif ayam dan pakis. Dengan ukuran motif yang cukup besar, Novita Yunus membuatnya menjadi kebaya janggan dengan sedikit bordir bermotif pakis. Dipadukan dengan rok untuk kesan yang lebih muda.

 

Kebaya kutubaru

Pada desain kebaya kutubaru, Novita Yunus sengaja tidak memasangkannya dengan bawahan yang dibuat dari Batik Karawang. Melainkan menggunakan bahan polos yang serupa dengan batiknya. Melengkapi rangkaian koleksi busananya, Novita Yunus menyematkan giwang dan bros untuk tampilan keseluruhan yang lebih cantik dan elegan.

Tampilan Cut Ria Dewanti

Penampilan Cut Ria Dewanti selaku Kepala Divisi Jasa Manajemen dan TJSL PT. Permodalan Nasional Madani menutup pertunjukkan busana karya Novita Yunus. Ia mengenakan kebaya sebagai outer berwarna jingga biru navy yang dipadukan dengan bawahan gelap bermotif flora bernuansa hijau.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading