Sukses

Fashion

Terinspirasi dari Raden Saleh, Seragam Defile Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Rancangan Didit Hediprasetyo Disorot Vogue

Fimela.com, Jakarta Didit Hediprasetyo kembali dipercaya untuk merancang seragam parade pembukaan atau defile untuk tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Kali ini, Didit Hediprasetyo menonjolkan esensi warisan budaya dengan gaya kekinian.

Seragam parade pembukaan ini dikerjakan dengan teknik pengerjaan tangan berkualitas tinggi yang berpadu modern dengan filosofi desain tradisional yang sederhana. Parade pembukaan nanti akan menampilkan Anindya Novyan Bakrie sebagai Chef de Mission Olimpiade 2024 Paris, didampingi beberapa atlit yang bertanding. Beberapa atlet tersebut di antaranya adalah Maryam March Maharani atlet Yudo, Bernard Van Aert atlet Sepeda, Joe Aditya Wijaya Kurniawan dan Azzahra Permatahani dari cabang olahraga renang.

Secara keseluruhan, Didit Hediprasetyo terinspirasi dari sosok Raden Saleh yang merupakan pionir pelukis beraliran romantisme asal Jawa. Perjalanannya dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional.

Karya-karya lukisannya yang menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre merupakan wujud perpaduan antara budaya Jawa dan romantisme Eropa, sebuah perpaduan yang diimplemetasikan Didit dengan elegan.

 

Disesuaikan dengan kebutuhan atlet

“Saya begitu bersyukur dapat merancang seragam resmi parade pembukaan untuk para atlet yang mewakili Indonesia di Olimpiade 2024 di Paris,” tutur Didit Hediprasetyo. “Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia.”

Menyesuaikan dengan kebutuhan para atlet, seragam ini dirancang dengan bahan berkualitas tinggi yang dapat memberikan kenyamanan maksimal dan kemudahan untuk bergerak. Didit menggunakan beberapa bahan, seperti washed-out denimIndonesia, beludru, dan jersey sutra dalam palet warna primer yang dominan.

 

Pakai bahan berkualitas

Bahan washed-out denim digunakan untuk seragam atlet laki-laki dengan tampilan jaket biker yang dilebur dengan Beskap, setelan jas tradisional khas Jawa. Dipadukan dengan celana panjang berwarna putih menjadi bawahan untuk tampilan aktif.

Sedangkan seragam atlet perempuan menampilkan atasan dengan potongan Kebaya Kutubaru berwarna merah yang dipasangkan dengan jumpsuit putih. Tetap memadukan kesan sporty dengan keagungan yang elegan. Perhatian terhadap detail terlihat jelas dalam setiap desainnya.

 

Disorot Vogue

Mulai dari jahitan yang rumit hingga penempatan subtil emblem Indonesia berwarna merah putih yang terbuat dari kulit, hingga Blangkon, penutup kepala laki-laki pada busana tradisional Jawa, dengan sentuhan kontemporer dari bahan kulit dan denim.

Komitmen membawa budaya Indonesia semakin dikenal di ranah internasional telah sampai disorot Vogue. Mengutip dari laman Vogue Prancis, seragam defile tim Indonesia dinilai menyoroti warisan budaya tradisional yang vibrant dengan gaya yang modern.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading