Sukses

Fashion

Chaumet Akhirnya Memamerkan Medali Olimpiade 2024 yang Dibuat dari Besi Menara Eiffel

Fimela.com, Jakarta Chaumet akhirnya memamerkan medali Olimpiade untuk Olimpiade 2024 yang akan berlangsung di Paris pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 mendatang. Dirancang oleh Chaumet dan dibuat oleh Monnaie de Paris, masing-masing dari 5.084 medali yang dihasilkan akan mencakup 18 gram besi dari Menara Eiffel.

Medali ini diperlihatkan kepada pers di butik Chaumet di Place Vendome. Direktur Desain Paris 2024 menceritakan bagaimana dirinya dating ke Chaumet dengan ide tersebut.

"Kami dating ke Chaumet dengan ide gila. Mengapa tidak memasukkan sedikit Menara Eiffel ke dalam medali? Tim Chaumet menjawab tantangan ini dan kami semua sangat bangga dengan hasilnya," ungkap Joachim Roncin, Direktur Desain Paris 2024.

Ide inovatifnya adalah menggunakan besi yang disumbangkan oleh Société d’Exploitation de la Tour Eiffel, dari material yang diambil dari Menara Eiffel selama bertahun -tahun dilakukan pekerjaan modernisasi dan renovasi. Medali Olimpiade ini dihiasi dengan api dan cincin Olimpiade,sepotong besi heksagonal dipasang di tengah setiap medali, menggunakan teknik yang sama dengan yang digunakan untuk memasang batu permata.

 

Makna dari bentuk dan pola yang ada di medali

Bentuk heksagonal melambangkan Prancis, dikenal sebagai l’hexagone, dan pola sunburst merupakan motif khas Chaumet, yang terlihat pada tiara tahun 1920an dan gelang tahun 1970an di arsip Chaumet. Benoît Verhulle, Head of Atelier Chaumet membeberkan makna dari pola-pola yang digunakan.

"Sunburst mewakili prestasi olahraga yang cemerlang, kebanggaan Prancis menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paris sebagai City of Light. Saat cahaya menyinari medali, mereka benar-benar menjadi hidup," jelas Benoît Verhulle.

Di bagian belakang medali terdapat dewi kemenangan Yunani, Nike, di samping Pantheon dan Cincin Olimpiade, yang telah ditambahkan Menara Eiffel untuk edisi Olimpiade kali ini. Sebagai butik perhiasan pertama yang dibuka di Place Vendome, Chaumet adalah pilihan tepat untuk mendesain medali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading