Sukses

Fashion

Dari Iseng Jadi Prestasi, Cerita Fiza Javaid Khan Berawal Karena Insecure dengan Tubuhnya Hingga Kini Jadi Model dan Content Creator

Fimela.com, Jakarta Fiza Javaid Khan seorang model yang telah berpengalaman selama 7 tahun dalam industry modeling. Ia memulai karirnya saat duduk di bangku SMA Ketika masih berusia 17 tahun.

Kepada Fimela, Fiza menyampaikan ketertarikannya menjadi model justru dengan ketidak sengajaan. Ia bahkan merasa kulit dengan warna yang berbeda dan tinggi badan yang melebihi teman-temannya membuatnya insucre. Namun setelah melihat Adriana Lima, ia jadi terpacu untuk focus menjadi model dengan fisik yang ia miliki.

"Jadi aku mulai tertarik dengan modelling ini kira-kira tahun 2017-2016, saya sangat berinspirasi oleh Adriana Lima, waktu itu kan era Victoria Secret. Waktu itu hanya iseng trus berfikir, saya lebih lebih tinggi dari semua orang saya pikir aduh kenapa tinggi banget agak insecure malah, jadi saya  pikir dan menjadi sebagai model dan  coba-coba aja, jadi saya mulai mencari agency and photographers," tuturnya kepada Fimela.

Memiliki tinggi 175 cm, akhirnya Fiza bertekad bulat untuk serius di dunia modeling. Saat pertama mencoba ia bahkan berjalan sendiri tanpa memberitahu siapa pun termasuk orangtuanya.

"Awalnya saya memang nggak bilang ke siapa-siapa, kalo mau jadi model, kaya diem-diem aja karena Waktu itu masih remaja agak malu malah. I wish honestly just hard work  and always myself. Tapi lambat laun keluarga, mamahku akhirnya support aku," ungkapnya.

Semasa sekolah, ia mengutamakan Pendidikan terlebih dahulu. Fiza bercerita saat pulang sekolah ia ikut casting. Dari kerja kerasnya tersebut, akhirnya Fiza pun mendapat tawaran untuk foto produk sepatu local Bersama salah satu artis tanah air.

"Aku tuh dari awal sampai sekarang lebih sering foto model, dibandingkan jalan di runaway. Foto tersebut Bersama Chiel Shoes produk local," katanya.

Motivasi Fiza di Industri modeling hingga terjun jadi content creator

Setelah terjun di dunia modeling tentu tidak mudah seperti pekerja lainnya. Banyak persaingan yang harus dihadapi Fiza apalagi saat itu ia masih remaja.

"Waktu itu, pas mulaikan agak susah, apalagi sebagai remaja dan modelling ada standarnya, harus kuat mental kadang m dibilang oh kamu kurang tinggi untuk ikut, misalnya seperti itu harus," ungkapnya.

Apalagi Fiza menyampaikan , saat itu ia memiliki penampilan yang berbeda, ia lahir di Indonesia memiliki keunikan yang beda dari warna kulit, bentuk wajah, hingga ukuran tubuh. Sampai-sampai pernah mendapatkan bullyan.

"Aku punya look yang berbeda, bahkan aku Waktu kecil malah pernah dibully karena look nya berbeda, memiliki kulit gelap, hidungnya gede, tapi saat saya lihat model-model looknya sama seperti saya, oh mereka mirip sama aku, jadi aku lebih inspired gitu," cerita Fiza.

Kini, Fiza pun tak hanya jadi model saja, ia merambah prosesi lain yaitu content creator di tahun 2020 setelah 4 tahun berkarir di dunia modeling. Dengan konten yang tetap di dunia fashion.

"Saya sangat suka dengan pembuat konten dan modelling. Ini adalah sesuatu yang benar-benar memberikan dorongan, untuk berbagi dengan orang lain agar mereka melakukannya. Seperti sharing misalnya oh aku lagi suka baju ini, aku lagi suka makeup ini, karena saya tahu kadang menjadi Perempuan, it hard to be women. Sulit bagi industri ini untuk selalu maju, mereka menginginkannya, terkadang sering merasa tidak aman, saya ingin menunjukkan tujuan lain agar orang lain lebih percaya diri," ungkapnya.

Prestasi Fiza hingga saat ini

Di Tahun 2020, Fiza pun memutuskan untuk untuk bergabung dengan Studio47. Dengan tujuan untuk lebih mengembangkan karirnya.

"Memutuskan bergabung waktu itu saya liat model-modelnya udah lumayan punya pengalaman yang bagus, punya karir yang bagus, dan menurut saya ya ini pasti agency cocok untuk saya dan sampai saat ini saya kan masih bekerja dengan mereka karena ya memang cocok working stylenya," katanya.

Model keturunan Pakistan-Indonesia ini sudah bekerjasama untuk berbagai brand ternama, misalnya saja Toyota dan Matrix. Bahkan, ia telah berkarir di luar negeri,

Fiza menjadi model untuk Canon, Morinaga, dan Jetro di Tokyo, Jepang. Pengalamannya ini membuat Fiza sangat berkesan sepanjang karirnya.

Fiza juga menjadi salah satu sosok merepresentasikan anita Indonesia untuk kampanye L'oreal kosmetik.

"Saat di Jepang dan photoshoot untuk canon karena Canon dari Jepang, jadi bukan hanya photoshoot tapi itu untuk campaign itu yang berkesan banget untuk saya dan selain itu pernah bekerja dengan Toyota," tutupnya

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading