Sukses

Fashion

Apakah Baking Soda Efektif untuk Memutihkan Pakaian? Simak Faktanya

Fimela.com, Jakarta Baking soda mungkin tidak asing lagi didengar di dunia cuci pakaian. Baking soda dipercaya mampu untuk membersihkan noda membandel pada pakaian. Tidak jarang juga baking soda juga digunakan sebagai pemutih pakaian putih yang sedang kusam.

Tapi terkadang penggunaan baking soda ini memunculkan tanda tanya. Apakah baking soda benar-benar efektif digunakan untuk pakaian? Dikarenakan pada beberapa kasus, penggunaan baking soda malah membuat warna pakaian luntur. Dilansir dari laman homesandgardens.com, beberapa ahli mencobab menjawab pertanyaan tersebut:

Baking Soda Sebagai Pemutih

Terdapat beberapa kesalahpahaman terkait baking soda yang dijadikan pemutih pakaian. Memang benar bahwa baking soda bisa  membuat warna pakaian yang gelap dan berwarna pudar. Tapi ini tidak sepenuhnya benar juga. 

Saat digunakan untuk mencuci pakaian, baking soda akan membantu mengatur tingkat pH air cucian agar tidak terlalu asam. Noda pada pakaian biasanya bersifat asam. Tapi, baking soda tidak bisa sepenuhnya memutihkan atau mencerahkan pakaian. Ini hanya akan memberikan efek mencerahkan warna.

Apakah Baking Soda Efektif untuk Mencuci Pakaian?

Baking soda bisa digunakan untuk semua cucian dalam penggunaan yang sedikit. Tapi perlu diperhatikan bahwa baking soda bisa memudarkan warna pada serat alami berbasis protein, seperti sutra, wol, dan kasmir. Jenis bahan ini rentan pada pH. Sedangkan baking soda akan identik dengan mengatur pH. Oleh sebab itu, baking soda dapat membuat warnanya pudar.

Baking soda memang mampu memberikan efek lebih cerah pada pakaian. Tapi tidak bisa menjadi bahan pemutih sepenuhnya. Baking soda bisa digunakan dalam takaran yang tepat agar tidak merusak pakaian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Fimela ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading