Sukses

Fashion

10 Tip dan Trik Fashion untuk Tampil Lebih Cerdas dan Percaya Diri, Dijamin Berhasil

Fimela.com, Jakarta Fashion merupakan bagian yang sangat penting dalam penampilan. Setiap perempuan pasti menginginkan penampilan yang modis dan menarik.

Terkadang berpenampilan yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan diri serta memberikan kesan yang baik pada orang lain. Namun, masih banyak orang masih kesulitan untuk memilih pakaian yang tepat dengan menyesuaikan situasi atau acara tertentu.

Berikut adalah beberapa tips dan trik fashion untuk membantu kamu tampil lebih stylish.

1. Kenali tubuh kamu

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Ada yang pendek, gemuk, kurus, tinggi, dan sebagainya. Mengetahui bentuk tubuh merupakan hal pertama yang perlu kamu pahami sehingga dapat memilih pakaian yang tepat.

Jangan pernah memaksakan diri untuk mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh. Pilihlah pakaian yang bisa menonjolkan sisi tubuhmu yang menarik dan menyembunyikan kekurangannya.

2. Pilih warna yang tepat

Warna juga merupakan faktor penting dalam fashion. Dilansir dari Harper's Bazaar, setiap warna pada busana dapat memberikan kesan yang berbeda pada seseorang. Misalnya, busana warna hitam sering diidentikkan dengan kesan elegan, sedangkan busana warna merah sering diidentikkan dengan kesan percaya diri.

Selain itu, kamu juga bisa pilih warna busana yang sesuai dengan kulit dan rambut. Kamu bisa menemukan inspirasi warna pakaian secara online atau dari selebriti atau influencer yang Anda ikuti.

3. Perhatikan ukuran baju

Ukuran pakaian memainkan peran besar dalam fashion. Jangan pernah mengenakan pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pilih ukuran busana yang sesuai dengan tubuhmu. Saat kamu membeli pakaian secara online, pastikan untuk memeriksa tabel ukuran dan memilih ukuran yang tepat.

Tips tampil cerdas dengan menerapkan mix and match

4. Padukan pakaian dengan aksesoris yang senada

Aksesoris seperti kalung, gelang, dan anting bisa melengkapi penampilanmu loh. Pilih aksesoris yang senada dengan pakaian yang akan kamu kenakan. Jangan memakai terlalu banyak aksesoris apalagi aksesoris yang terlalu mencolok. Sebab, hal tersebut dapat membuat penampilanmu terlihat berlebihan. 

5. Pilih sepatu sesuai dengan busana dan situasi

Dilansir dari Vogue, sepatu merupakan bagian penting dari fashion. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan pakaian dan situasi. Jangan memakai sepatu yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sebaiknya memilih sepatu yang nyaman dipakai dan relevan dengan rencana kepergian yang akan kamu lakukan.

6. Perhatikan detail pakaian

Pastikan pakaianmu bersih dan rapih. Selain itu, pastikan juga pakaian tidak kusut, kancing rapih, atau jahitan sempurna. Ingatlah berpakaian yang rapih memberikan kesan yang menarik bagi pandangan orang lain.

7. Coba mix and match pakaian

Cobalah kombinasi pakaian yang berbeda. Pilihlah beberapa pakaian yang bisa kamu padu padankan dengan berbagai cara. Misalnya, atasan putih sederhana bisa dipadukan dengan jeans, rok midi, atau bahkan celana formal. Melakukan mix and match dapat memungkinkan kamu memperluas lemari pakaian tanpa harus membeli pakaian baru setiap kali ingin mengubah penampilan.

 

Sesuaikan penampilan dengan situasi

 

8. Sesuaikan busana dengan acara atau situasi

Penting untuk memilih pakaian yang sesuai dengan acara atau situasi. Misalnya, jangan memakai pakaian kasual jika kamu akan pergi ke pesta formal. Di sisi lain, jangan memakai pakaian formal jika kamu hanya sedang berkumpul dengan teman. Pastikan juga kamu memilih pakaian yang sesuai dengan acara dengan busana yang nyaman.

9. Investasikan pada pakaian yang berkualitas

Pakaian yang berkualitas mungkin lebih mahal daripada pakaian yang biasa. Tetapi perlu diketahui bahwa pakaian yang berkualitas memiliki nilai investasi yang lebih tinggi. Pakaian yang berkualitas akan tahan lama dan tidak cepat rusak. Selain itu, pakaian yang berkualitas juga akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat mengenakannya.

10. Percayalah pada dirimu sendiri

Terakhir, percayalah pada dirimu sendiri. Kebanyakan dari kita sering merasa tidak percaya diri saat memakai pakaian baru atau berbeda dari biasanya. Namun, percayalah bahwa pakaian yang kamu kenakan cocok dan sesuai dengan diri kamu.

Jadilah dirimu sendiri dan tunjukkan kepercayaan dirimu melalui penampilan! Dengan menerapkan tips dan trik fashion ini, kamu dapat tampil gaya lebih cerdas dalam berbagai situasi. Ingatlah bahwa fashion tidak hanya tentang trend atau mengikuti apa yang orang lain lakukan, tetapi juga tentang mengekspresikan diri dan merasa nyaman dengan pilihan pakaianmu.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading