Sukses

Entertainment

Dorong Ekonomi Kreatif Indonesia, IdeaFest 2024 Siapkan Panggung Inovasi bagi Kreativitas Anak Bangsa

Fimela.com, Jakarta IdeaFest—festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia—kembali hadir untuk merayakan kreativitas anak bangsa. Tahun ini, IdeaFest 2024 mengangkat tema “i” yang memiliki makna mendalam. Huruf “i” merepresentasikan setiap individu yang memiliki ide, inovasi, integritas, dan inspirasi, serta menjadi penggerak pertumbuhan dan pemahaman kolektif.

Digelar setiap tahun sejak 2011, IdeaFest dikenal sebagai festival kreatif terbesar di Indonesia. Event ini menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri untuk berbagi inspirasi, berdiskusi, dan berkolaborasi, dalam menghasilkan inovasi ide-ide segar. Tak hanya mengangkat isu-isu lokal, IdeaFest juga membuka ruang diskusi dan kolaborasi dengan pembicara serta pelaku industri dari mancanegara untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada para kreator tanah air.

Selama tiga hari, mulai dari 27–29 September 2024, lebih dari 160 sesi akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Selain itu, lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional akan hadir tahun ini dengan 67% dari pembicara merupakan nama-nama baru dan pertama kali bergabung dalam IdeaFest.

IdeaFest telah konsisten menjadi pendorong utama akselerasi industri kreatif di Indonesia selama 13 tahun. Sebagai platform inklusif dan transformatif, IdeaFest terus menjadi enabler bagi industri dan para pelaku kreatif untuk berdiskusi, mengembangkan ide, dan berkolaborasi.

Menghadirkan Inovasi dan Kolaborasi Besar

Tema “i” yang diusung IdeaFest 2024 menjadi cerminan bagaimana individu-individu kreatif mampu menghasilkan inovasi yang tidak hanya berdampak pada diri sendiri, tetapi juga pada skala yang lebih luas. Ide-ide segar yang lahir dari berbagai sektor, seperti seni, teknologi, hingga film, akan mendapatkan panggung utama dalam event ini.

Selain itu, Ben Soebiakto—Co-Chair IdeaFest 2024—menjelaskan pentingnya kolaborasi dalam membangun ekosistem kreatif yang inklusif. “Melihat peluang tersebut, IdeaFest ingin turut mendukung pengembangan kreativitas generasi muda membangkitkan potensi para pelaku dan ekonomi kreatif,” ujarnya. Dalam ajang ini, individu-individu dari berbagai sektor akan dipertemukan untuk saling bertukar pikiran dan menciptakan sesuatu yang baru.

Kolaborasi ini tak hanya melibatkan pemain lama, namun juga mereka yang baru pertama kali berpartisipasi di IdeaFest. Sebanyak 67% pembicara, merupakan nama-nama baru. Dengan begitu, peserta bisa mendapatkan wawasan dan perspektif yang benar-benar fresh dan memberikan angin segar bagi perjalanan industri kreatif Indonesia.

Ekonomi Kreatif Sebagai Katalisator Pertumbuhan

Tak hanya menjadi panggung inovasi, IdeaFest juga berperan sebagai katalisator bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Berdasarkan data dari Kemenparekraf, nilai tambah ekonomi kreatif di Indonesia mencapai Rp 1.414 triliun pada tahun 2023, mengalami kenaikan signifikan dari tahun sebelumnya. Angka ini menjadi bukti nyata bagaimana subsektor-sektor seperti fashion, kuliner, film, hingga teknologi berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Dalam kurun waktu lebih dari satu dekade, IdeaFest telah menjadi festival kreatif terbesar di Indonesia. Festival ini tak hanya memberikan ruang bagi pelaku kreatif untuk menampilkan karya, tetapi juga menciptakan ekosistem yang mendukung munculnya ide-ide baru yang inovatif. Semakin kuatnya daya beli masyarakat terhadap produk kreatif lokal, subsektor kreatif kini memiliki peran inti dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Ben Soebiakto, Co-Chair IdeaFest 2024 menyampaikan, “Festival di Indonesia memainkan peran penting dalam menumbuhkan ekonomi kreatif yang beragam dan inklusif. Melihat peluang tersebut, IdeaFest ingin turut mendukung pengembangan kreativitas generasi muda, membangkitkan potensi para pelaku dan ekonomi kreatif. Ke depan, potensi ini masih dapat terus ditingkatkan melalui kolaborasi yang lebih erat antara pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat, sehingga ekonomi kreatif Indonesia dapat terus berinovasi, berdaya saing, dan berkontribusi lebih besar lagi bagi kesejahteraan bangsa.”

Agenda Menarik untuk Kreator Masa Kini

Tahun ini, IdeaFest 2024 kembali menghadirkan berbagai program menarik yang dirancang untuk memberikan pengalaman baru bagi para kreator. Salah satunya adalah Creative Market & Food Market yang berkolaborasi dengan Semasa. Acara ini akan menampilkan lebih dari 225 brand lokal yang menawarkan berbagai produk mulai dari seni, aksesori, fashion, hingga produk eco-friendly.

Tidak hanya itu, IdeaFest X Collaborator juga menghadirkan kegiatan kolaboratif seperti workshop, live podcast, dan penampilan yang dikurasi secara khusus oleh Braintrust IdeaFest. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman baru sekaligus memperdalam keterampilan kreatif bagi para peserta.

Fellexandro Ruby, seorang kreator dan host Thirty Days of Lunch sekaligus IdeaFest X Collaborator, menyampaikan antusiasmenya terhadap acara ini. “IdeaFest merupakan platform penting untuk pengembangan bakat memberikan kesempatan bagi para seniman dan pelaku kreatif untuk mengembangkan kemampuan mereka menjangkau dan melibatkan audiens serta melangkah ke tahap berikutnya dalam perjalanan industri kreatif dan karier mereka”. Ungkap Fellexandro.

 

Penulis: Virlia Sakina Ramada

#IdeaFest 2024

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading