Sukses

Entertainment

Festival Patjarmerah Kecil Hadir untuk Tingkatkan Literasi Anak, Mendekatkan dengan Beragam Kegiatan Seru

Fimela.com, Jakarta Membangun budaya literasi pada anak bukan lah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Upayanya pun tak hanya butuh ketekunan, tetapi juga dukungan dari orang tua dan seluruh pihak yang ingin memajukan hal tersebut.

Reda Gaudiamo, penulis dan pemerhati dunia anak menilai budaya literasi memiliki peran sangat besar bagi perkembangan anak. Hal ini tidak hanya terkait pada kemampuan membaca atau menulis, tetapi juga menyangkut kecakapan memahami emosi dan membangun empati. Reda juga meyakini keakraban anak dengan dunia literasi dimulai dari rumah.

Senada dengan Reda, Ariyo Zidni, salah satu pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia juga melihat literasi, terutama yang disampaikan lewat cerita, memilikiperan krusial.

Pendongeng senior yang akrab disapa Kak Aio ini berpendapat bahwa cerita adalah media paling baik dan mudah untuk menyebar ide, nilai, informasi dan pengetahuan untuk anak-anak. “Cerita juga akan membuat semua pesan yang tersirat di dalamnya bisa dikemas menjadi menyenangkan,” tutur Aio.

Seiring upaya tersebut Patjarmerah, sebuah festival literasi dan pasar buku keliling Nusantara hadir sebagai bagian dari upaya sinergi membentuk ekosistem literasi yang inklusif dan berkelanjutan, di mana kegiatannya kan digelar di Pos Bloc, Jakarta pada 29 Juni hingga 7 Jui 2024.

 

Bincang Seru

Hadir sebagai wadah perjumpaan untuk semua pihak yang ingin berkontribusi mengembangkan literasi anak, festival ini akan menghadirkan beragam keseruan, termasuk mengadakanobrolan lintas bidang kreatif terkait perkembangan narasi dunia anak dan remaja di Indonesia, pada 7 Juli 2024.

Hadir dengan topik "Membaca Arah Mata Angin: Regenerasi Cerita dalam Dunia Anak, Remaja, dan Keluarga" acara bincang-bincang ini kan menghadirkan Herdiana Hakim Ph.D. (Pakar dan pemerhati ceritaanak), Reda Gaudiamo (penulis dan pegiat literasi anak), Anggia Kharisma (Visinema Kids & Family), Melia Emmy (Bintang Kecil), Djokolelono (penulis cerita anak), Natasha Chairani (Save Lagu Anak dan mantan penyanyi cilik), dan Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Sekolah Murid Merdeka).

“Menurut saya, festival ini akan berperan penting dalam menggaungkan literasi anak. Selama ini orang sibuk dengan festival untuk orang dewasa, dengan buku anak-anak sebagai bonus. Namun kali ini literasi anak akan menjadi menu utama!” tegas Reda.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading