Sukses

Entertainment

Prilly Latuconsina Terima Penghargaan IKJ Ke-3, Bangga Disandingkan dengan Christine Hakim dan Meriam Bellina

Fimela.com, Jakarta Sebuah prestasi kembali diraih oleh Prilly Latuconsina. Setelah bermacam penghargaan pernah disabetnya, kini Prilly kembali mengangkat piala Penghargaan IKJ ke-3 kategori aktris yang diterimanya baru-baru ini.

Penghargaan IKJ ke-3 kali ini digelar di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat, pada 19 Juni 2024. Sebagai penerima penghargaan, Prilly pun merasa sangat bangga.

Terlebih ketika Prilly Latuconsina mengetahui bahwa penerima dua penghargaan sebelumnya adalah dua perempuan dengan nama besar di industri perfilman tanah air yaitu Christine Hakim dan Meriam Bellina.

"Senang banget, terima kasih kepada kurator-kurator yang sudah memilih aku. Kaget juga pas mendapatkan ini. Karena yang sebelumnya ada ibu Christine Hakim, tante Meriam Bellina, kemudian aku. Jadi aku merasa bangga banget disandingkan dengan mereka," ujar Prilly Latuconsina di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat (19/6).

Memberi Nilai Tambah

Penghargaan IKJ diberikan kepada mereka yang telah berjasa memberi nilai tambah yangsignifikan terhadap Seni Peran di Indonesia. Nilai tambah tersebut dapat berupa kekaryaan atau kontribusi yang menginspirasi daya kreatif, penentu kecenderungan, ketauladanan, keilmuan, maupun kebijakan yang dapat meningkatkan mutu hidup manusia.

Maka penghargaan diberikan kepada beberapa kategori seperti Aktor, Aktris, Sutradara, Penulis Cerita/Skenario, Lifetime Echievement, Pengamat, Media, Organisasi/yayasan, dan Pejabat Publik. Sementara ada dua syarat penerima penghargaan IKJ bidang Seni Peran, yaitu belum pernah kuliah di IKJ dan belum pernah memperoleh penghargaan IKJ.

"Pencapaian terbesar tentunya saat kita bisa memberikan dampak yang positif buat penonton. Misalnya mereka habis nonton film aku, kasih review, gara-gara karakter kamu, aku jadi terinspirasi untuk ini dan itu," sambung Prilly.

Dipertanggungjawabkan Secara Akademik

Parameter akademik menjadi sangat penting karena Institut Kesenian Jakarta selaku lembaga pendidikan seni harus mempertanggungjawabkan keputusannya secara ilmiah. Karenanya, tahap demi tahap kurasi dilakukan dengan sangat bertanggung jawab.

Seperti Tim Kurasi Penghargaan IKJ melakukan sejumlah FGD (Focus Group Discussion) untuk meneliti potensi calon-calon penerima penghargaan, sejak bulan April s/d Juni 2024, di Ruang Rapat Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta.

Tim kurasi sendiri dihuni oleh nama-nama yang sudah tidak asing seperti Rahman Yakob, Cok Simbara, Dwi Yan, Matias Muchus, Derry Drajat, dan lainnya. Ketum Laskar Merah Putih, HM. Arsyad Cannu, yang memberikan piala Penghargaan IKJ ke-3 kategori aktris, Prily Latuconsina sangat mengapresiasi penghargaan ini.

"Bahwa kami siap berkontribusi secara positif melalui seni dan budaya. Kami berkomitmen untuk mendukung segala upaya yang bertujuan memajukan seni peran dan seni budaya pada umumnya," tuturnya.

Selain Prilly Latuconsina, beberapa pemenang lainnya adalah Vino G Bastian (Aktor), Joko Anwar (Sutradara), Chand Parwez Servia (Produser), Indro Warkop (Lifetime Achievement), Iman Tantowi (Penulis Skenario).

"Kepada para penerima penghargaan, kami ucapkan selamat atas pencapaian yang luar biasa ini. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berkarya dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," papar Arsyad Cannu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading