Sukses

Entertainment

Deretan Artis yang Hidup Susah, Ada yang Hingga Tidur di Pinggir Rel

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang artis memang identik dengan kekayaan berlimpah dan kehidupan yang glamor. Namun, hal itu hanya berlaku saat mereka berada di puncak karier, di mana artis tersebut mendapat banyak tawaran dalam berbagai serial atau acara televisi. Tetapi, hal tersebut tidak dapat menjamin kehidupan mereka akan terus makmur hingga akhir hayat.

Ketika semua kontrak kerja sudah habis, mereka akan mengalami masa surut. Hal inilah yang membuat sosok artis mulai dilupakan karena sudah jarang tampil, hingga mengakibatkan salah satu artis ini harus tidur di pinggir rel kereta.

Berikut deretan artis yang bangkrut dan hidup susah, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/06/2024). 

Tessy Srimulat

Pria bernama lengkap H. Kabul Basuki ini adalah mantan tentara dengan pangkat Kopral Satu yang kemudian terjun ke dunia hiburan sebagai pelawak terkenal dalam acara televisi legendaris, Srimulat. Dalam acara tersebut, Tessy sering berperan sebagai wanita jadi-jadian atau banci untuk menghibur penonton.

Setelah acara Srimulat mulai tergantikan oleh kemunculan acara komedi baru, para pemeran Srimulat pun mulai terlupakan. Ditambah lagi, adanya aturan dari KPI yang melarang peran banci di televisi membuat Tessy semakin terpinggirkan. Hal ini membuatnya frustasi, mengonsumsi obat-obatan terlarang, hingga melakukan percobaan bunuh diri.

Ken Ken Wiro Sableng

Ken Ken Wiro Sableng, alias H. Herning Sukendro, adalah seorang aktor Indonesia yang pertama kali dikenal lewat serial Wiro Sableng yang tayang perdana pada tahun 1995. Serial televisi ini mendapat banyak perhatian pada masanya. Sayangnya, acara legendaris tersebut tidak mampu menjamin kehidupan sang aktor utama.

Salah satu penyebab buruknya nama Ken Ken adalah skandal dengan wanita dan penggunaan narkoba. Hal ini membuat namanya mulai menghilang dari dunia hiburan. Ken Ken akhirnya memilih menjadi petani di Bogor setelah keluar dari dunia hiburan.

Bobby Joseph

Aktor yang namanya sempat terkenal di era 2000-an ini juga termasuk artis Indonesia yang mengalami kesulitan finansial. Bahkan, diketahui bahwa pria yang lahir di Prancis tersebut pernah menjadi pengemudi ojek online dan berjualan roti di jalan. Meski begitu, Bobby mengaku tak pernah malu melakukan hal tersebut. Namun, pada tahun 2023, ia ditangkap polisi karena terlibat kasus narkoba.

Shezy Idris

Artis yang namanya sempat tenar di era 90-an hingga awal 2000-an ini juga harus mengalami kesulitan ekonomi, terutama saat pandemi Covid-19. Disebutkan bahwa Shezy harus berjuang demi menghidupi kedua anaknya.

Hal ini disebabkan karena dia sudah tidak lagi mendapat nafkah dari suaminya, Krishna Adhyata Pratama. Pada masa itu, Shezy sempat berjualan berbagai macam barang dan makanan seperti dodol, donat, dan baju.

Norman Kamaru

Seorang mantan anggota Polri yang menjadi viral di media sosial karena tarian Goyang Chaiyya Chaiyya ini pernah tampil beberapa kali di acara televisi. Karena merasa terkenal, ia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan kepolisian.

Namun sayang, popularitasnya di media sosial tidak cukup untuk membuat Onca Marthinus bertahan lama di industri hiburan. Dia bahkan mengalami kebangkrutan dan perceraian dengan istrinya setelah keluar dari dunia hiburan.

Laila Sari

Seorang artis Indonesia yang memulai karier di dunia hiburan sejak tahun 1955 juga mengalami masa sulit ketika usianya telah lanjut. Situasinya semakin rumit dengan suami dan ibunya yang sakit, sehingga banyak uang digunakan untuk biaya pengobatan.

Akibatnya, Laila Sari harus bertahan hidup dengan membuka warung kecil, dan akhirnya meninggal dunia pada tanggal 20 November 2017.

Ronny Dozer

Seorang komedian yang cukup terkenal pada tahun 2000-an mengalami masa sulit setelah jarang mendapat kesempatan untuk kembali tampil. Akibatnya, Ronny harus mencari nafkah sebagai sopir taksi online. Kondisinya semakin memburuk dengan penyakit diabetes yang dideritanya sejak tahun 2016. Sejak saat itu, Ronny sering dirawat di rumah sakit hingga akhirnya meninggal dunia pada tanggal 11 November 2021.

Bambang Triyono

Bambang Triyono berperan sebagai Kentung dalam sinetron Tuyul dan Mbak Yul, yang ditayangkan dari tahun 1997 hingga 2002 dan sangat populer pada zamannya. Sebagai salah satu pemeran utama, Bambang menikmati keadaan keuangan yang baik pada masa itu. Namun, setelah sinetron tersebut berakhir, kariernya mengalami penurunan.

Di Yogyakarta, Bambang menghabiskan masa tuanya dan harus tinggal di kos-kosan saat berusia 58 tahun. Kehidupannya di kos-kosan tersebut sangat menyedihkan. Anak-anaknya jarang mengunjunginya, dan kondisinya akhirnya dipantau oleh dinas sosial. Bambang meninggal dunia pada tahun 2015 karena sakit.

Reza Nangin

Reza Nangin, seorang aktor dan youtuber yang aktif di industri film Indonesia, sering muncul sebagai presenter di televisi. Sebagai seorang artis yang berhasil, dia menikmati gaya hidup yang nyaman dengan keuangan yang stabil. Namun, segalanya berubah drastis ketika pandemi Covid-19 menyerang.

Industri hiburan yang lumpuh membuatnya kehilangan pekerjaan, sementara bisnisnya di Bali menghadapi kesulitan. Reza bahkan harus menjual rumahnya karena menghadapi kebangkrutan. Putus asa sempat melanda, bahkan membuatnya mempertimbangkan untuk mengakhiri hidupnya.

Tetapi, Reza akhirnya memilih untuk bangkit dan bersedia menerima pekerjaan apa pun, meskipun dengan bayaran yang minim.

Jupiter Fortissimo

Jupiter, yang dikenal sebagai bintang FTV dan telah berperan dalam banyak sinetron, mengalami perubahan hidup yang drastis karena terlibat dalam kasus narkoba. Pada tahun 1982, aktor ini harus menjalani dua kali masa tahanan karena permasalahan tersebut.

Keuangannya hancur karena beberapa tahun di penjara dan karir hiburannya merosot. Sebelumnya, ia juga mengakui bahwa kondisi keuangannya sudah memburuk sebelum masuk penjara.

Dallas Pratama

Puncak karier Dallas Pratama datang saat ia membintangi film Serigala Terakhir. Namun, setelah itu, karirnya mengalami penurunan perlahan. Dallas juga mengalami koma akibat pecah pembuluh darah di otak. Setelah sembuh, ia memilih untuk tidak lagi terlibat dalam dunia hiburan dan memutuskan bekerja sebagai supir taksi online untuk mendukung keluarganya.

Ressa Herlambang

Kisah kebangkrutan Ressa Herlambang tersebar luas di media sosial. Awalnya, Ressa memulai kariernya di acara pencarian bakat Asia Bagus. Sejak saat itu, kariernya terus meningkat hingga menjadi salah satu penyanyi terkenal di Indonesia.

Namun, pada tahun 2010, Ressa mengungkapkan bahwa keluarganya mengalami kebangkrutan dengan kerugian mencapai Rp. 12 miliar. Akibatnya, Ressa mengalami masa-masa sulit dan pernah tidur di tepi rel kereta. Ia juga mengaku pernah meminjam Rp. 5 juta dari Raffi Ahmad untuk bertahan hidup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading