Sukses

Entertainment

7 Musisi Ini Berikan Dukungannya Kepada Palestina Lewat Karya Musik, Terbaru ada Melly Goeslaw dan Kehlani

Fimela.com, Jakarta Tak hanya sarana mengekspresikan diri, musik juga dapat menjadi medium yang kuat untuk menyuarakan pesan-pesan yang penting di masyarakat. Salah satu contohnya untuk menyuarakan dukungan kepada Palestina. Hal ini pun dilakukan pada sederet musisi berikut dengan merilis karya-karyanya yang berisi tentang perjuangan rakyat Palestina.

Hal ini patut diapresiasi mengingat para musisi tersebut mampu menggunakan platform sekaligus bakat mereka demi mengangkat isu-isu sosial. Hal ini pun mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama manusia. Dengan melibatkan diri dalam gerakan solidaritas ini, musisi-musisi tersebut dapat memberikan pengaruh bagi masyarakat banyak.

Selain menyuarakan dukungan melalui karya musik, sederet musisi ini juga menyalurkan hasil karyanya untuk didonasikan kepada rakyat Palestina yang terdampak. Hal ini menjadi salah satu contoh kontribusi nyata mengenai kepedulian kepada Palestina. Selain itu, dengan ini diharapkan ke depannya mampu menginspirasi orang lain dalam meniru langkah besar tersebut.

 

Melly Goeslaw

Sebelumnya Melly Goeslaw sudah menggaet beberapa musisi untuk berkolaborasi menyanyikan lagu yang bertemakan Palestina. Lagu tersebut dinyanyikan oleh beberapa tokoh, seperti Syahrini, Krisdayanti, Rossa, dan masih banyak lainnya. Lagu tersebut berjudul "Jangan Menangis" yang dirilis pada 4 Mei 2021 lalu.

Kini kabarnya Melly akan merilis lagu baru untuk Palestina. Hal ini diketahui saat dirinya konser di Malaysia pada Sabtu (4/6) lalu. Ia berhasil menciptakan sebuah lagu dengan waktu yang singkat bersama dua orang penontonnya.

Ia mengungkapkan akan segera memproduksi lagu tersebut dan nantinya dinyanyikan oleh penyanyi dari Indonesia dan Malaysia. Menurutnya, dengan ini menjadi upaya Melly Goeslaw dalam mendukung Palestina lewat karya.

Kehlani

Di antara banyaknya artis Hollywood yang memilih bungkam. Kehlani menjadi salah satu musisi yang secara berani terang-terangan menunjukan dukungannya kepada Palestina. Hal ini terlihat dari lagunya yang berjudul "Next 2 U".

Lewat lagu tersebut, Kehlani membawa pesan mengenai perlawanan kuat dan juga solidaritas yang kental. Tak sampai situ saja, Kehlani pun dalam video klipnya menampilkan simbol-simbol perjuangan Pelestina, seperti bendera dan keffiyeh. Dengan ini, Kehlani menunjukan bahwa musik dapat menjadi medium yang kuat untuk menyampaikan pesan mengenai kesadaran maupun memberikan suara bagi mereka yang tertindas.

Iwan Fals

Selain itu juga ada Iwan Fals yang turut menyuarakan dukungannya lewat karya. Pada tahun 2021 lalu, Iwan Fals merilis lagu yang didedikasikan untuk Palestina berjudul "Palestina" di kanal Youtube-nya. Ia mengaku lagu itu sudah tercipta dari tahun 2014, namun Iwan Fals ingin menyanyikannya lagi seiring dari masifnya serangan terbaru di Palestina.

Awal mula terbentuknya lagu ini, didasarkan dari kegelisahan Iwan Fals pada serangan yang tak kunjung usai dihadapi warga Palestina. Akhirnya dari kegelisahan itu, ia tumpahkan menjadi lirik yang bermakna tentang perjuangan Palestina sekaligus sindiran untuk negara-negara yang diam.

Maher Zein

Kemudian ada Maher Zein yang dikenal sebagai penyanyi religi. Ia pernah merilis lagu mengenai Palestina yang berjudul "Palestine Will Be Free". Bahkan demi mengingatkan dunia kembali tentang Palestina, belum lama ini ia mengeluarkan video klip untuk lagunya tersebut.

 

 

Opick

Tak hanya penyanyi religi luar negeri, Opick yang terkenal sebagai penyanyi religi Indonesia juga pernah mengeluarkan dua lagu tentang Palestina. Lagu tersebut berjudul "Air Mata Palestina" dan "Palestina Memanggilmu".

Michael Heart

Selain itu juga ada Michael Heart musisi asal Amerika Serikat yang lahir di Suriah. Penyanyi dengan nama asli Annas Allaf ini pernah menuliskan lagu "We Will Not Go Down" yang ia dedikasikan untuk Palestina. Lagu ini ia tulis untuk menyikapi tragedi pembantaian yang terjadi di Gaza.

Macklemore

Rapper asal Amerika Serikat Macklemore juga mengeluarkan lagu berjudul "Hind's Hall" sebagai bentuk dukungannya kepada Palestina. Lagu ini merupakan tribut dari sosok perempuan Palestina berusia 6 tahun yang bernama Hind Rajab.

Berkat kisah tragis yang dialami oleh Hind Rajab, Macklemore menjadi geram dengan tindakan genosida yang ada di Palestina. Ia pun membuatkan lagu ini demi penghormatan mendiang Hind Rajab sekaligus menyindir pihak-pihak manapun yang masih bungkam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading