Sukses

Entertainment

Profil Mendiang Syarifah Salma, Pendamping Setia Habib Luthfi dalam Berdakwah

Fimela.com, Jakarta Syarifah Salma, istri Habib Luthfi bin Yahya, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 28 Mei 2024 pukul 21.55 WIB di RS Budi Rahayu Kota Pekalongan. Kabar duka ini tersebar melalui pesan WhatsApp, yang menyebutkan bahwa Syarifah Salma meninggal dunia pada usia 66 tahun. 

Sebagai istri ulama besar ini, Syarifah Salma dikenal sebagai pendamping setia dalam segala aspek kehidupan Habib Luthfi. Beliau berperan penting dalam mendukung berbagai aktivitas dakwah dan sosial yang dijalankan oleh suaminya. 

Berikut profil mendiang Syarifah Salma istri Habib Luthfi yang telah dirangkum pada Kamis (30/05/2024).

Profil Syarifah Salma

Menurut informasi dari Kanzus Sholawat Pekalongan, diketahui bahwa Syarifah Salma lahir pada tanggal 1 Januari 1958. Ia dikenal sebagai pasangan dari Habib Luthfi bin Yahya, seorang ulama yang memiliki pengaruh besar dalam kegiatan dakwah di Indonesia.

Selama hidupnya, Syarifah Salma menunjukkan dukungan yang sangat besar terhadap suaminya, terutama dalam hal dakwah dan tanggung jawabnya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Dikaruniai Lima Orang Anak

Keduanya dikarunia lima anak dan hidup dalam keharmonisan yang menginspirasi banyak orang. Mereka adalah Habib Bahaudin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni’matuz az-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, dan Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al-Huseini.

Pendamping Setia Habib Luthfi dalam Berdakwah

Habib Luthfi bin Yahya sendiri adalah seorang ulama terkemuka di Indonesia, keturunan Nabi Muhammad SAW. Ia aktif dalam berbagai organisasi keagamaan, termasuk sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dan Ra’is ‘Am Jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah (JATMAN), serta anggota Dewan Pertimbangan Presiden. 

Sebagai istri ulama besar ini, Syarifah Salma dikenal sebagai pendamping setia dalam segala aspek kehidupan Habib Luthfi. Beliau berperan penting dalam mendukung berbagai aktivitas dakwah dan sosial yang dijalankan oleh suaminya. 

Presiden Jokowi Takziah ke Rumah Habib Luthfi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perjalanan ke Jawa Tengah pada hari Rabu, 29 Mei 2024 untuk menyampaikan belasungkawa di rumah duka Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari Habib Luthfi bin Yahya yang meninggal dunia pada hari Selasa, 28 Mei 2024.

Biro Pers Sekretariat Presiden menyatakan bahwa Presiden Jokowi berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.05 WIB. Setelah itu, Presiden Jokowi akan mendarat di Semarang, Jawa Tengah, dan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pekalongan untuk menyampaikan belasungkawa di rumah duka.

Dimakamkan di Pekalongan

Mendiang Syarifah Salma diketahui dimakamkan di pemakaman keluarga di Kompleks Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan pada Rabu, 29 Mei 2024 pukul 14.00 WIB.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Syarifah Salma

Istri Habib Luthfi bin Yahya Dimakamkan di Mana?

Almarhumah Syarifah Salma istri Habib Luthfi dimakamkan di Pemakaman Sapuro Kota Pekalongan.

Siapa Nama Istri Habib Luthfi?

Sebagai seorang istri, Syarifah Salma dikenal sebagai pendamping setia dalam segala aspek kehidupan Habib Luthfi. Keduanya telah dikarunia lima anak dan hidup dalam keharmonisan yang menginspirasi banyak orang.

Apakah Benar Habib Luthfi Keturunan Nabi Muhammad?

Habib Luthfi bin Yahya adalah sosok ulama yang kharismatik. Beliau lahir pada Senin 27 Rajab 1367 H/10 November 1947 M di Pekalongan, Jawa Tengah, ia merupakan putra dari Sayidah al-Karimah as-Syarifah yang merupakan seorang syarifah atau keturunan Nabi Muhammad Saw.

Apakah Habib Luthfi Termasuk Ba Alawi?

Namanya Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Umar bin Thaha bin Yahya Ba'alawi Al-Husaini. Sosok pemimpin Forum Sufi Sedunia ini dikenal dengan nama singkatnya, Habib Luthfi bin Yahya.

Habib Luthfi Terkenal Karena Apa?

Selain karena keilmuannya, Habib Luthfi juga dikagumi dan disegani oleh banyak kalangan karena kelembutan beliau di dalam berdakwah dan juga sikap thawadhu'. Beliau baik terhadap sesama Habaib maupun terhadap kiai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading