Sukses

Entertainment

11 Rekomendasi Film yang Harus Ditonton Bulan Mei 2024

Fimela.com, Jakarta Pada bulan Mei, bioskop menawarkan banyak pilihan film mulai dari yang mengerikan, animasi, hingga yang penuh aksi. Menonton film bisa menjadi pilihan seru untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan.

Di tahun 2024, bulan Mei menyuguhkan beragam film blockbuster yang tentunya dapat dinikmati bersama keluarga dan teman. Berikut adalah rekomendasi film bioskop untuk bulan Mei beserta sinopsisnya.

1. IF

Bagaimana jika teman imajinasi anak-anak sebenarnya bukan hanya sekadar imajinasi? Bagaimana jika mereka adalah makhluk nyata yang harus berkeliaran di limbo setelah anak-anak yang dulu bermain dengan mereka sudah tumbuh dewasa? Itulah premis dari IF, sebuah komedi keluarga yang ditulis dan disutradarai oleh John Krasinski.

Ryan Reynolds dan Cailey Fleming memerankan dua dari sedikit orang di dunia yang bisa melihat IF yang sudah ketinggalan zaman ini; mantan rekan Krasinski dari acara The Office, Steve Carell, mengisi suara sebuah IF besar berbulu bernama Blue. Krasinski mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh permainan kedua putrinya, tetapi juga oleh istrinya, Emily Blunt, yang senang melihatnya beralih dari suasana suram pada debut penyutradaraannya, A Quiet Place.

"Saya ingat Emily bilang ke saya, 'Saya sangat senang kamu melakukan ini,'" kata Krasinski dalam Entertainment Weekly. "Dan saya berkata, 'Kenapa?' Dan dia bilang, 'Karena hidup di tempat yang gelap, gelap itu sangat sulit untuk terlalu lama.' Dan datang dari Mary Poppins, saya pikir, dia pasti tahu apa yang dia bicarakan." Mulai tayang pada 17 Mei.

2. Robots Dreams

Film animasi asal Spanyol-Prancis yang dinominasikan untuk Oscar, yang disutradarai oleh Pablo Berger dan diadaptasi dari novel grafis karya Sara Varon, menceritakan cerita seru tentang seorang anjing bernama Dog yang tinggal sendirian di New York pada tahun 1980-an. Kehidupannya berubah secara drastis ketika ia membeli seorang robot melalui pos bernama Robot, dan menyadari betapa menyenangkannya memiliki seorang sahabat terbaik.

Namun, kebahagiaan mereka terhalang ketika Robot yang berkarat terperangkap di pantai, di belakang gerbang yang terkunci. Apakah Dog bisa bertahan tanpa kehadirannya? "Robot Dreams" penuh dengan humor segar, ide-ide brilian, dan kebenaran yang menyentuh, semuanya disajikan tanpa dialog. Wendy Ide dari The Observer menyebut film ini sebagai "salah satu animasi terbaik dalam beberapa tahun terakhir."

"Dengan kelembutan dalam penyampaian cerita, empati, dan kedalaman emosional, film ini memiliki daya tarik yang luas, dari anak-anak yang akan menikmati karakter lucu dan kecerdasan lembutnya, hingga remaja dan orang dewasa yang akan merasakan kecemasan dan kerepotan dalam menjalani hidup sendiri."

3. The Garfield Movie

Salah satu momen paling lucu di Zombieland terjadi ketika Bill Murray, yang sedang parah luka, memerankan dirinya sendiri, ditanya apakah dia memiliki penyesalan. Dengan napas terakhirnya, dia menjawab, "Mungkin, Garfield." Meskipun Murray mungkin tidak terlalu menyukai dua film Garfield versi live-action di mana dia mengisi suara kucing CGI itu, film baru ini berbeda. Disutradarai oleh Mark Dindal (The Emperor's New Groove), The Garfield Movie adalah kartun aksi yang seru.

Chris Pratt mengisi suara Garfield, meskipun, mengingat bahwa dia juga mengisi suara karakter utama dalam The Lego Movie dan The Super Mario Bros. Movie, itu bukan pilihan pemilihan suara yang paling kreatif untuk kartun dengan kata ‘movie’ dalam judulnya. Samuel L Jackson mengisi suara ayah Garfield, Vic; Nicholas Hoult adalah pemiliknya, Jon; dan Snoop Dogg memerankan karakter bernama, ya, Snoop Catt.

"Ada kefasikan, keingintahuan, dan kelucuan, keusilan pada inti [Garfield]," kata Pratt. "Saya tersesat di dalam itu. Saya benar-benar hanya makan dan tidur, dan para dokter khawatir... Tetapi saya membangun hubungan yang autentik. Saya cukup yakin penonton akan merasakannya. Dan Academy." Film ini akan dirilis secara umum mulai 24 Mei.

4. Back to Black

Amy Winehouse adalah salah satu penyanyi-penulis lagu paling penting dari masanya, tapi ia meninggal pada tahun 2011 saat berusia 27 tahun, setelah melawan kecanduan dan menghindari paparazi tabloid selama bertahun-tahun. Pada tahun 2015, Asif Kapadia mengadaptasi kisah hidupnya menjadi sebuah dokumenter yang mengaduk-aduk perasaan, yang berjudul Amy.

Sekarang, muncul biopik yang tak terhindarkan, Back to Black, yang disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson dan ditulis oleh Matt Greenhalgh, yang sebelumnya menciptakan drama tentang tahun-tahun awal John Lennon, Nowhere Boy. Marisa Abela memerankan Winehouse, didampingi oleh Jack O'Connell sebagai suaminya, Blake Fielder-Civil, dan Eddie Marsan sebagai ayahnya, Mitch Winehouse. Film "lemah lembut dan penuh pengampunan" ini menurut Taylor-Johnson adalah "karyanya yang paling bagus sejauh ini", seperti yang dikatakan Peter Bradshaw di The Guardian.

"Marisa Abela memberikan penampilan yang benar-benar menarik dan penuh kasih sebagai Amy [yang] menyampaikan kelembutannya, dan mungkin yang paling menyentuh adalah kekhasan usianya, yang bertentangan dengan citra tangguh dan suaranya yang anehnya dewasa." Film ini akan dirilis pada 17 Mei di AS dan Kanada.

5. The Fall Guy

Pada acara Oscars tahun ini, Ryan Gosling dan Emily Blunt menyampaikan sebuah penghormatan melalui video untuk para pemain pengganti di Hollywood. Sebenarnya, para aktor tersebut memiliki motif terselubung: film terbaru mereka adalah komedi aksi yang kebetulan berbicara tentang para pemain pengganti di Hollywood.

Berdasarkan serial televisi tahun 1980-an, dan disutradarai oleh David Leitch (Atomic Blonde, Deadpool 2), The Fall Guy menampilkan Gosling sebagai Colt Seavers, seorang stuntman yang direkrut oleh mantan kekasihnya (Blunt) ketika seorang bintang film (Aaron Taylor-Johnson) menghilang. "Saya benar-benar tersenyum dari awal hingga akhir menonton The Fall Guy," ujar Perri Nemiroff di Collider.

"Ini adalah film aksi yang sangat terampil yang benar-benar penuh dengan energi dan pesona selama 125 menit waktu pemutaran... Ya, ini adalah film thriller komedi romantis yang menyenangkan, tetapi pertama-tama, ini adalah pujian besar kepada para seniman yang bertanggung jawab atas keajaiban film." Mulai rilis di bioskop pada tanggal 3 Mei.

6. Unfrosted

Dalam setahun terakhir, kita sudah punya film tentang sejarah sepatu Air Jordan, ponsel BlackBerry, Flamin' Hot Cheetos, dan mainan Beanie Baby - dan sekarang ada film tentang sejarah Pop-Tarts. Tapi jangan khawatir kalau kedengarannya aneh: itu memang maksudnya.

Sebuah film komedi parodi yang riang gembira dan hampir tidak ada hubungannya dengan kisah nyata, "Unfrosted" disutradarai dan ditulis bersama oleh Jerry Seinfeld, yang juga memerankan seorang eksekutif di Kellogg's. Ketika saingan mereka, Post, mengeluarkan pastry sarapan yang terdehidrasi pada tahun 1964, Kellogg's berlomba-lomba untuk menciptakan versi mereka sendiri.

Rekan Seinfeld termasuk Melissa McCarthy, Amy Schumer, Peter Dinklage, dan James Marsden, serta Hugh Grant yang memerankan aktor Shakespeare yang frustrasi memerankan Tony the Tiger dalam iklan Frosted Flakes. "Saya pikir belum pernah ada yang seperti ini sebelumnya," kata Seinfeld dalam wawancara dengan majalah Total Film. "Saya merasa kita sudah siap untuk komedi yang berani, gila, dan lucu."

7. Furiosa: A Mad Max Saga

Sudah 45 tahun sejak perilisan film pertama Mad Max, dan sembilan tahun sejak George Miller menghidupkan kembali seri post-apokaliptiknya dengan aksi epik yang penuh aksi pada tahun 2015, Mad Max: Fury Road. Namun, sang sutradara berusia 79 tahun masih belum selesai.

Film terbarunya adalah prekuel dari Fury Road yang menampilkan Anya Taylor-Joy sebagai Furiosa, sang pahlawan botak dan bersenjata satu tangan yang sebelumnya diperankan oleh Charlize Theron dalam film sebelumnya. "Ini berbeda," ujar Miller, seperti yang dilaporkan di IndieWire. "Anda tidak ingin film menjadi pengulangan dari apa yang baru saja Anda lakukan, harus unik namun tetap familiar, seperti yang saya suka katakan."

Peran penjahat yang unik diisi oleh Chris Hemsworth, yang ditutupi dengan riasan prostetik sehingga hampir tidak dikenali sebagai aktor yang memerankan Thor yang perkasa. Film ini akan tayang di bioskop pada tanggal 24 Mei.

8. Kidnapped

Drama yang megah ini karya Marco Bellocchio bercerita tentang kisah nyata yang menakutkan tentang Edgardo Mortara, seorang anak Yahudi berusia enam tahun yang diculik dari rumahnya oleh pihak berwenang suatu malam di Bologna pada tahun 1858. Orangtuanya, Fausto Russo Alesi dan Barbara Ronchi, diberitahu bahwa ketika Edgardo masih bayi, ia diam-diam dibawa oleh seorang pembantu untuk dibaptis, dan sekarang harus dibesarkan sebagai seorang Katolik.

Paus Pius IX, diperankan oleh Paolo Pierobon, terus mengabaikan upaya keluarga untuk menyelamatkan Edgardo. Namun, seiring berjalannya waktu, skandal tersebut mengancam untuk menimbulkan kejatuhan politik Paus. "Marco Bellocchio adalah satu-satunya orang terakhir dari generasi emas sineas Italia," kata Jason Solomons di The New European. "Yang paling luar biasa dari karier ini bukan hanya masa kerjanya yang panjang atau produktivitasnya yang terus berlanjut, tetapi bahwa film-filmnya semakin baik saja.

Kidnapped diceritakan dengan indah dan memukau, penuh dengan semua drama gelap dan detail manusia dari salah satu kanvas Renaisans besar yang ada di galeri-galeri besar, seperti Titian atau Caravaggio atau Tintoretto." Film ini dirilis pada tanggal 24 Mei di Amerika Serikat.

9. Ezra

Bobby Cannavale, yang selalu mengesankan, mendapat peran utama langka dalam komedi drama yang tulus ini, disutradarai oleh Tony Goldwyn. Cannavale memerankan seorang pelawak tunggal dari New Jersey yang membesarkan putranya yang autistik berusia 11 tahun, Ezra (William A Fitzgerald), dengan bantuan ayahnya (Robert De Niro).

Mantan istrinya (yang sebenarnya adalah pasangannya, Rose Byrne) ingin anak itu masuk ke sekolah untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, tetapi ketika pelawak tersebut ditawari kesempatan untuk tampil di acara talk show terkenal di Los Angeles, ia memutuskan untuk membawa Ezra dalam perjalanan lintas Amerika Serikat. "Cannavale tahu dia mendapatkan peran besar dan benar-benar memanfaatkannya," kata Michael Rechtshaffen di The Hollywood Reporter.

"[Namun] perpaduan yang luar biasa dan arahan yang sensitif tidak pernah menghalangi skenario yang lembut oleh Tony Spiridakis, yang terinspirasi oleh tantangan membesarkan anaknya yang neurodivergent sendiri." Film ini akan dirilis pada tanggal 31 Mei di Amerika Serikat.

10. Kingdom of the Planet of The Apes

Mengikuti franchise Planet of the Apes bisa menjadi rumit. Film pertamanya dirilis pada tahun 1968, diikuti oleh empat sekuel. Tim Burton mencoba membuat reboot pada tahun 2001 yang kurang berhasil. Kemudian, seri ini dihidupkan kembali pada tahun 2011 dengan trilogi prekuel, yang berakhir dengan War of the Planet of the Apes pada tahun 2017. Namun, sekarang waktunya untuk sedikit kegiatan kera.

Dalam episode terbaru ini, yang disutradarai oleh Wes Ball, simpanse dan orangutan cerdas telah memerintah Bumi selama 300 tahun, dan manusia yang bisa berbicara adalah hal yang langka. "Kami merupakan babak baru dalam sejarah film ini sejak tahun 1968, namun kami tetap menghormati apa yang datang sebelum kami," kata Ball dalam wawancara dengan ScreenRant. "Kami merupakan kelanjutan dari trilogi sebelumnya, tetapi kami memiliki karakter dan cerita baru kami sendiri, yang membuka peluang-peluang baru."

Akan ditayangkan mulai tanggal 9 Mei.

11. The Beach Boys

Dokumenter tiga bagian The Beatles: Get Back karya Peter Jackson tentang Fab Four telah tersedia di Disney+ sejak tahun 2021, dan sejak itu Jackson mengawasi restorasi sebuah dokumenter klasik The Beatles, Let It Be tahun 1970, yang akan tersedia di layanan streaming pada tanggal 8 Mei. Namun bagaimana dengan rekan-rekan AS The Beatles, The Beach Boys?

Sebuah dokumenter baru menggali sejarah para perintis pop yang didirikan oleh tiga saudara asal California, Brian, Carl, dan Dennis Wilson. Brian adalah jenius musik dalam keluarga tersebut, tetapi dia traumatis oleh ayahnya yang abusive, Murry Wilson, yang juga manajer pertama band tersebut.

"Saya sangat senang dengan hasil akhir dokumenter ini, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Brian Wilson. "Ini benar-benar membawa saya kembali ke masa-masa bersama para anak laki-laki, kesenangan, dan musik. Dan tentu saja harmoni yang luar biasa." Akan dirilis pada 24 Mei di Disney+.

Netizen Juga Nyari Ini

Kapan film barat populer?

Film-film Barat sangat populer pada era film bisu (1894–1927). Salah satu film naratif Barat tertua yang diketahui adalah Kidnapping by Indians, sebuah film pendek Inggris yang diproduksi oleh Mitchell dan Kenyon di Blackburn, Inggris pada tahun 1899.

Apa judul film pertama?

Film yang dirilis oleh mereka pada tahun 1895 berjudul Sortie del'usine Lumira de Lyon (Para Karyawan Meninggalkan Pabrik Lumiere). Film pertama mereka hanya berdurasi 46 detik, dan menampilkan adegan para pekerja di Pabrik Lumiere.

Apakah ada film aksi yang bagus?

Film aksi terbaik sepanjang masa, dari 'Die Hard' sampai 'Aliens' hingga 'John Wick: Chapter Four', inilah daftar film aksi terbaik yang pernah dibuat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading