Sukses

Entertainment

Rayakan Hari Kartini, Najwa Shihab Ajak Perempuan Berani Rayakan Kesuksesan

Fimela.com, Jakarta Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April menjadi peringatan penting bagi setiap perempuan Indonesia dalam memperjuangkan kesetaraannya, seperti yang dilakukan RA Kartini sejak lebih dari satu abad lalu.

Bicara tentang kesetaraan perempuan, Najwa Shihab mengungkap tentang perjuangan Kartini masa kini yang juga masih menghadapi tantangan dalam berbagai hal termasuk dunia karier.

"Secara umum lulusan perempuan nilainya lebih besar dari laki-laki, tetapi ketika masuk ke dunia kerja peluangnya lebih sedikit, gajinya lebih kecil padahal melakukan pekerjaan yang sama. Jadi xaman yang berbeda, tantangannya berbeda tapi root cause-nya masih sama, soal kesetaraan," kata Najwa Shihab di acara Seribu Kartini yang digelar YouTube, Jumat (19/4/2024).

 

Tak Malu Akui Kesuksesan

Lebih lanjut Najwa juga menyinggung tentang bagaimana kebanyakan perempuan melihat kesuksesan mereka. "Aku merasa kita tuh terkadang perempuan suka malu mengakui kesuksesan, kadang kita perempuan walau sudah mencapai tahap tertentu ya kalau dibilang, kalau dipuji bilangnya 'ah karena gue beruntung, banyak yang bantu'," kata Najawa.

"Sementara beda kalau bapak-bapak, kalau di celebrate setiap achivement. Kita tuh jarang mau karena ada sedikit perempuan sukses tidak disukai, laki-laki sukses dipuja-puja," lanjutnya.

 

Merayakan Perempuan

Oleh karena itu di perayaan Hari Kartini menurut Najwa, harusnya menjadi momen untuk para perempuan merayakan keperempuanannya.

"Jadi aku rasa momen hari Kartini di mana semua perempuan seharusnya setiap hari adalah hari Kartini di mana kita dengan bangga menunjukkan apa yang bisa kita lakukan, apa yang bisa sumbangkan, apa yang bisa kita perbuat," tandasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading