Sukses

Entertainment

Content Creator Dennis Guido Uji Lab Makanan Sehat, Kaget dengan Hasilnya

Fimela.com, Jakarta Content Creator seputar informasi tentang teknologi pangan sekaligus Food Technologist di Indonesia, Dennis Guido belum lama ini melakukan uji lab akan Gula, Protein, Serat, dan Lemak ke sederetan produk makanan dan minuman kemasan yang dikenal bisa mengganti makanan real food dengan nutrisi tinggi.

Hal itu dilakukan Dennis lantaran menyadari meningkatkan daya tahan tubuh di era ini. Di satu sisi, dia juga melihat banyak masyarakat seolah 'latah' mengkonsumsi segala sesuatu yang diklaim mampu melengkapi kebutuhan nutrisi harian. 

"Jadi ada yang penasaran, termasuk gue sih, tentang makanan sehat. Jadi benaran sehat nggak sih?" ujar Dennis dalam video yang diunggahnya di kanal media sosialnya beberapa waktu lalu. 

Hasil Uji Lab

Hasil uji lab yang dilakukan Dennis di salah satu Lab yang sudah terakreditasi di Indonesia, menunjukan banyak perbedaan kandungan nutrisi pada deretan makanan dan minuman kemasan di label belakang produk dengan hasil Uji Lab. Produk yang dikenal dengan minuman kekinian sarang walet ini mengklaim salah satu produknya bebas kandungan gula, pasalnya setelah dicek ternyata terdapat kandungan gula pada produk tersebut. 

"Ini gue beli di official store mereka. Sudah gue uji lab dan hasilnya kaget banget. Ada yang sesuai tapi kebanyakan dari mereka hasilnya beda banget," tutur Dennis sambil menunjukkan hasil lab.

Tak main-main, ada 20 gram gula dalam 1 serving produk yang terdapat di minuman kekinian tersebut. Produk lainnya seperti produk si Ungu yang dikenal sebagai Produk Multigrain yang nyatanya memiliki diferensiasi pada kadar gula lebih banyak dua kali lipat yaitu sebanyak 8.28 gram, serat yang tertulis 7 gram di label kemasan ternyata hanya 2.3gram, cukup jauh dari kandungan yang tertera di kemasan.

Mirisnya, perbedaan paling dominan datang dari kadar protein produk Superdrink yang tertulis sebesar 22 gram dan ternyata hasilnya hanya 2,75 gram. Gula yang tertulis 1 gram ternyata ada 23.89 gram. Berdasarkan uraian Uji Lab Dennis, ditemukan juga beberapa produk lainnya yang memiliki nutrisi yang sepadan akan Uji Gula, Protein, dan Serat antara di kemasan dengan hasil Uji Lab, seperti brand 'minuman sereal dan susu', brand makanan 'sehat diet friendly', brand 'multigrain product' ,serta brand 'serbuk minuman sereal'. 

Diabetes

Tak ada yang tahu bahwa kadar gula yang pada awalnya tampak sekian manis sebenarnya bisa menyebabkan fatal jika konsumsi gula itu terlalu berlebih. Berbagai tipe masalah kesehatan juga akan mulai mengintai bersamaan dengan makin biasanya mengkonsumsi gula. Diabetes, Penyakit paling mematikan didunia serta seringkalidijelaskan jadi ibu dari semua tipe penyakit ini telah banyak menelan korban. Bila seringkali konsumsi gula begitu terlalu berlebih sudah bukan mustahil lagi jika penyakit yang satu ini juga akan mengintai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading