Sukses

Entertainment

Berawal dari Hobi Memelihara Sugar Glider, Selebgram Maretta Putrilian Jadi Punya Bisnis Baru

Fimela.com, Jakarta Selebgram Maretta Putrilian memiliki hobi yang terbilang unik. Pasalnya, dia senang memelihara hewan eksotis yakni sugar glider. Karena kegemarannya ini bisa membuatnya mengumpulkan pundi pundi rupiah.

Saat ditemui di kawasan Jakarta Barat, belum lama ini, Retta menceritakan bahwa semua berawal ketika ia mengadopsi tiga ekor Sugar Glider dengan jenis yang berbeda. Lalu seiring berjalannya waktu, tak terasa Sugar Glider miliknya ini kini sudah berjumlah 58 ekor yang mana jenis-jenis yang pun terbilang langka.

Retta tak memungkiri bahwa dirinya sempat kewalahan merawat hewan peliharaannya ini karena jumlah sugar glider yang miliknya sudah banyak. Meski begitu, Retta pun mulai menyesuaikan diri, lalu ketika melihat peminat hewan eksotis satu ini cukup banyak, Retta pun berfikir untuk semakin mengembangbiakkan sugar glider peliharaannya untuk dijadikan ladang rupiah. 

 

Barang yang Dijual

Bisnisnya tersebut pun dinamakannya GliderAngels. Namun, tak hanya menawarkan berbagai jenis sugar gluder, dia juga menjajakan barang untuk keperluan sugar glider. 

"Awal-awal sempat kewalahan pasti, soalnya jumlahnya banyak kan, apalagi semuanya aku urus sendiri. Terus aku mikir 'kenapa nggak dijadiin bisnis aja ya? Kan peminatnya banyak'. Nah dari situlah aku mulai buka GliderAngels yang nggak cuma terbuka buat adopt aja tapi juga menjual berbagai produk premium untuk Sugar Glider. Ada pouch, travel bag, kandang dan lain-lain," ungkap Retta.

Meski begitu, dia menegaskan bahwa tokonya tersebut lebih berfokus menjual jenis-jenis Sugar Glider yang unik. Untuk harga, sugar glider, dibandrol mulai dari harga ratusan ribu bahkan ada yang harganya mencapai belasan juta rupiah, tergantung genetik dan keunikan. 

"Aku fokusnya ke jenis-jenis Sugar Glider yang unik, dan sekarang ada jenis pied bald, paradox flip flop, paradox heterochromia, caramino, caramino mosaic, white mosaic, true platinum mosaic, marble mosaic, platinum, platinum mosaic, creamino, creamino mosaic, ruby leucistic, leucistic, albino, white face mosaic, classic grey, masih banyak juga yang lain," ujarnya.

"Untuk harga sebenarnya bervariasi tergantung keunikan dan genetiknya. Dari harga ratusan ribu dan yang paling mahal sampai belasan juta untuk satu ekor sugar glider," lanjutnya.

Mengutamakan Sugar Glider

Walaupun menjadikan Sugad Glider sebagai ladang bisnis, Retta tetap mengutamakan kesejahteraan dari tiap hewan yang akan diadopsi oleh para pelanggannya. Hal ini harus sangat diperhatikan karena ia yakin bahwa sebagai hewan peliharaan, Sugar Glider juga memiliki perasaan.

"Mereka bukan mesin pencetak uang, tetap aja mereka butuh kasih sayang, harus dirawat dengan hati. Nggak cuma dipelihara masukin kandang dan dikasih makan aja, tapi kenyamanan mereka harus diperhatikan. Mereka juga perlu loh diajak main," paparnya.

Selain itu, Retta pun menghimbau agar siapa saja yang hendak mengadopsi hewan lucu dan pintar ini tak tergiur dengan harga murah.

"Hati-hati kalau mau adopsi, kadang ada yang inbreeding kayak perkawinan sedarah gitu jadinya cacat dan nggak sehat, atau yang pemberian pakan seadanya untuk menekan biaya karena cuma mau untung tapi kualitas nggak terjamin. Kan kasian, mereka harusnya bisa panjang umur sampai belasan tahun," tukasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading