Sukses

Entertainment

Lewat Pagelaran Sabang Merauke, Isyana Sarasvati Ingin Anak Muda Bangga pada Keragaman Budaya Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sukses mendapat animo positif dalam beberapa pertunjukkan di tahun 2022, Pagelaran Sabang Merauke kembali diselenggarakan pada tahun 2023 ini. Dengan konsep yang lebih megah dan spektakuler, pertunjukkan yang kental akan unsur seni dan budaya Nusantara itu melibatkan solois Isyana Sarasvati sebagai salah satu bintang utamanya.

Mengangkat tema Pahlawan Nusantara, Isyana Sarasvati mengaku langsung tertarik ketika pertama kali diajak untuk terlibat dalam event yang digagas oleh iForte dan BCA tersebut. Menurutnya, pertunjukkan Sabang Merauke bisa jadi salah satu cara untuk mengingatkan anak-anak muda akan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia.

"Ketika aku lihat konsep pertunjukkan ini, keren banget ya karena bisa membangkitkan kebanggaan anak muda terhadap keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia. Melalui pagelaran ini kita bisa menunjukkan berbagai macam keindahan yang kita punya dan harapannya agar generasi muda semakin menyadari bahwa budaya kita itu keren,” ujar Isyana Sarasvati dalam keterangannya. 

Lebih Spektakuler

Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara sendiri menjanjikan pertunjukkan yang megah karena memadukan aksi teatrikal, tari-tarian daerah dan kontemporer, serta rangkaian musik daerah dan nasional hingga parade busana etnik Indonesia di atas panggung yang spektakuler. Pagelaran ini melibatkan tidak kurang dari 200 seniman lintas generasi terbaik baik itu musisi, penari, penyanyi, hingga desainer dan rumah mode.

Tak cuma Isyana Sarasvati, sederet penyanyi seperti Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, dan Gabriel Harvianto akan terlibat di dalamnya untuk bergantian menyanyikan 31 lagu yang menggugah semangat nasionalisme. Selain itu, bagian musik Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara juga melibatkan Dian HP, Dunung Basuki, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, serta paduan suara dari Batavia Madrigal Singers yang didukung harmoni musik dari Jakarta Concert Orchestra.

Rusmedie Agus selaku sutradara pun memastikan jika Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan berbeda dari apa yang sudah pernah ditampilkan di tahun 2022 kemarin. Selain tema yang berbeda, ia pun memastikan Pagelaran Sabang Merauke Pahlawan Nusantara akan memperlihatkan beberapa pembaharuan yang lebih spektakuler.

“Tata panggung akan mengusung konsep perjuangan para pahlawan dari Aceh hingga Papua, dipadukan dengan tampilan multimedia yang lebih megah. Lalu di wilayah koreografi dan busana juga kami sempurnakan agar mampu menggugah perasaan penonton untuk semakin bangga menjadi bagian dari Indonesia,” katanya.

 

Bentuk Penghormatan

Rencananya, Pagelaran Sabang Merauke akan berlangsung sebanyak empat kali performance dalam dua hari penyelenggaraannya di 19 dan 20 Agustus 2023 mendatang. Mengenai tema Pahlawan Nusantara yang diangkat, hal itu tak terlepas sebagai momen perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Diharapkan, Pagelaran Sabang Merauke bisa kembali mengingatkan publik terhadap perjuangan para pahlawan yang membuat Indonesia bisa berada di posisi yang jauh lebih baik saat ini.

"Ini merupakan bentuk penghormatan kami terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi memberikan kehidupan yang lebih baik. Pagelaran ini juga menjadi sebuah bukti bahwa seluruh elemen bangsa lintas profesi dan lintas generasi bersatu padu melahirkan sebuah pertunjukkan yang grande, kolosal dan spektakuler, dengan satu tujuan utama yakni agar setiap pasang mata yang menonton bangga telah terlahir di Indonesia yang memiliki keragaman budaya,” ujar CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading