Sukses

Entertainment

Membahas Childfree dari Perspektif Seleb Dokter Abelina Dini Fitria, Ada Pengorbanannya

Fimela.com, Jakarta Memilih untuk memiliki anak atau tidak memiliki anak (childfree) merupakan sebuah pilihan pribadi. Tentu saja pilihan ini berdasarkan berbagai pola pikir, sebab dan alasan dari masing-masing orang. Termasuk juga influencer sekaligus seleb dokter, dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS.

Menurutnya, pilihan untuk childfree ini dalam tinjauannya adalah sah-sah saja. Namun, ketika pertimbangannya hanya untuk menjaga awet muda, maka hal itu di satu sisi kurang tepat. Pasalnya, banyak faktor yang membuat seseorang, khususnya perempuan bisa awet muda.

Dari sisi medis sendiri, proses kehamilan dan melahirkan memang secara fisik membuat lebih tua. "Hamil dan melahirkan membuat jadi cepat tua sudah terbukti secara penelitian. Hamil mempercepat penuaan dalam level seluler," kata Abelina Dini Fitria di Instagram Story pada Jumat (17/2/2023).

"Hamil memperpendek telomere yang melindungi DNA. Intinya penuaan salah satunya karena telomere memendek dan hamil membuat telomere memendek," sambung Abelina Dini Fitria.

Banyak Faktor

Model sekaligus dokter estetika tersebut juga menjelaskan untuk hamil sendiri memang butuh pengorbanan. Pada saat itu, seorang ibu mengorbankan banyak hal, bahkan seperti membelah diri untuk memberikan hidup ke anaknya.

"Pas lahiran, sang ibu mempertaruhkan hidupnya. Kalau mau punya anak ya harus berkorban. Toh bagi ibu yang mau punya anak, hadiah yang didapatkan lebih besar dari sekadar lebih cepat tua. Terus kalau tiap hari kena siram dopamine dari bahagia punya anak, toh bikin jadi awet muda," tegasnya.

"Yang salah kalau ga mau punya anak dipaksa punya anak, jadinya kerusakannya dobel tripel kan?" ungkap dokter yang secara pribadi memilih untuk childfree karena memang tak ingin punya anak dan siap menerima konsekuensinya.

Faktor Lifestyle

Di sisi lain, sang dokter membahas hubungan antara childfree dengan awet muda pada seorang perempuan. Ia menambahkan bahwa semua perempuan yang punya anak akan cepat tua. Terkait ini, menurutnya ada banyak faktornya.

"Cepet tua lagian faktornya banyak. Stres iya bikin cepet tua, tapi kan stres bukan dari hamil dan ngurus anak doang. Ngerokok? Lebih parah ngerokok dan vape yang bikin tua dibanding hamil dan punya anak. Diet extreme? Bikin cepet tua juga," imbuhnya lagi.

Pemilik gelar Master of Management + Magister Administrasi Rumah Sakit, dengan predikat summa cum laude ini menambahkan jika awet muda sangat berhubungan dengan gaya hidup seseorang.

"Ya memang faktor terbesar aging itu tampaknya dari lifestyle. Kalau mau frontal lagi, uang. Zaman sekarang teknologi canggih, asal ada dana dan ilmunya, mau anak 10 bisa kok kayak nggak pernah punya anak," tegasnya.

Sama-Sama Berkorban

Terkadang, satu gagasan mengenai sesuatu bisa berbeda tanggapan di tempat yang berbeda. Sebagaimana gagasan childfree di Indonesia yang masih terkesan tabu karena seakan bertentangan dengan norma dan ajaran agama. Namun, menurut Abelina, childfree pun ada pengorbanannya.

"Jadi childfree juga ada pengorbanannya. Salah satu yang berasa sih yah dinyinyirin orang kalau di negara ini. Kalau didengerin, orang childfree juga cepet tua karena stres sama omongan netizen," ucapnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading