Sukses

Entertainment

8 Fakta Ida Iasha, Artis Blasteran Belanda Cantik yang Juga Pernah Adu Akting dengan Rhoma Irama

Fimela.com, Jakarta Di era 80-an ada seorang artis blasteran Belanda yang memiliki kecantikan demikian menawan. Memiliki nama asli Ida Albertina van Suchtelen van de Haere, perempuan cantik tersebut selanjutnya dikenal dengan nama Ida Iasha.

Kiprahnya di dunia hiburan tanah air kala itu tak bisa dianggap enteng. Sederet film telah diperankan olehnya semenjak tahun 1986. Ida Iasha adalah seorang artis peran Indonesia yang juga model dan bintang iklan dan berjaya pada era 80-an sampai 90-an.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai Ida Iasha, sosok cantik yang menjadi idola di zamannya. Apa saja?

Berdarah Belanda

Darah Belanda didapatkan Ida Iasha dari sang ayah, AJC van Suchtelen van de Haere. Ayahnya merupakan seorang pria berdarah Belanda-Jepang dan pemain terompet yang menjadi Kepala Riset Unilever Belanda, dan lahir di Pekalongan, Jawa Tengah. Sementara ibunya, Thelma memiliki darah Belanda dan Solo, Jawa Tengah.

Masa Remaja

Ida Iasha menghabiskan masa kecilnya di Belanda. Namun pada usia remaja, ia pindah ke Indonesia dan melanjutkan sekolah di SMA Tarakanita 1 Jakarta. Ia tinggal bersama kakek dari ibunya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Ganti Nama

Ida Iasha selanjutnya bertemu dengan kekasih, Eddy Syahputra yang kemudian menikahinya secara Islam pada 11 Mei 1983. Pada saat itu, Ida Iasha memilih menjadi mualaf dan mengganti namanya menjadi Ida Aisyah Syahputra.

Dari pernikahan tersebut, Ida Iasha dikarunia 4 putra, diantaranya Rendy Russell Syahputra, Kama Bashkara Syahputra, Remyzard Adi Putra, dan Badra Rahadi Putra.

Rambah Hiburan

Wajahnya yang cantik memesona membuat beberapa nama yang dikenal di industri hiburan meliriknya. Awalnya, Ida Iasha menekuni karier sebagai model dan bintang iklan. Sampai akhirnya Slamet Rahardjo meminangnya dalam film Kodrat (1986).

Di sini, Slamet Rahardjo mengganti nama Ida Aisyah yang dirasanya sulit dilafalkan, menjadi Ida Iasha sebagai nama panggungnya. Ia pun telah banyak membntangi film dengan bermacam genre selama kariernya sebagai pemeran.

Bersama Rhoma Irama

Dari sekian banyak film yang diperankan olehnya, Ida Iasha juga pernah beradu akting bersama Raja Dangdut Rhoma Irama. Tercatat, Ida Iasha bermain film bareng Rhoma Irama dalam dua judul film yaitu Nada dan Dakwah (1992) dan Tabir Biru (1993).

Pakai Dubber

Dalam beberapa filmnya, Ida Iasha menggunakan jasa dubber. Hal ini karena logat Belanda nya yang masih lumayan kental. Biasanya suaranya diisi oleh Dewi Yull atau Maria Oentoe. Namun, ada beberapa film yang menggunakan suara aslinya yaitu Kasmaran, Perempuan Keduan dan Sajadah Ka'bah.

Punya Cucu

Dalam sebuah unggahan Instagram penggemar Ida Iasha, @idaiasha_gallery, diketahui bahwa kini ia sudah memiliki cucu. Dalam foto tersebut terlihat Ida Iasha bersama seorang perempuan bule dan anak kecil yang disebut sebagai cucunya.

Masih Awet Cantik

Kini, di usianya yang sudah memasuki 58 tahun, Ida Iasha terlihat masih dengan kecantikannya yang seakan tak luntur. Garis cantik parasnya masih terlihat jelas dan membuat banyak orang kerap memujinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading