Sukses

Entertainment

17-an: Mulai Dari Bendera 3 Ribu Meter sampai Upacara Digital

Pada hari ini, bertepatan dengan hari ke-17 kita berpuasa, Rebublik Indonesia tercinta ini pun merayakan hari jadinya ke-66. Cukup tua untuk ukuran sebuah bangsa. Saat masih duduk di bangku sekolah, setiap tanggal 17 Agustus pastinya hampir semua sekolah nggak absen melaksanakan upacara bendera. Upacara bendera adalah salah satu cara yang dilakukan sekolah untuk menanamkan rasa nasionalisme pada siswanya sekaligus mengupas sejarah terbentuknya negara ini.

Menanamkan rasa nasionalisme pada anak-anak sangatlah penting. Karena itu, salah satu toko mainan besar di Jakarta, Toys Kingdom, membuat sesuatu yang berbeda untuk memperingati hari Kemerdekaan tahun ini. Terletak di level one East Mall Grand Indonesia, Toys Kingdom membuat booth yang didesain khas Indonesia. Booth-booth tersebut berisi mainan dan makanan tradisional Indonesia. Buat kamu yang berencana jalan-jalan dengan anak, adik, ataupun keponakanmu booth Toys Kingdom ini merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi untuk memperkenalkan Indonesia pada mereka melalui makanan dan mainannya.

Beragam makanan dan mainan khas Indonesia bisa dilihat di booth Toys Kingdom East Mall Grand Indonesia level oneLain anak-anak, lain juga masyarakat Kalimantan. Sebagai cara untuk mengungkapkan rasa cinta pada Indonesia, warga yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di Kalimantan bergotong royong membentangkan bendera merah putih sepanjang 3 ribu meter. Sekitar 8 ribu warga terlibat dalam pembentangan bendera yang rencananya akan dilakukan pada pukul 17.00 (WITA) kemarin. Acara yang berpusat di titik nol perbatasan RI-Malaysia di patok 215 A, Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Siemanggaris, Kabupaten Nunukan ini berlangsung selama 1,5 jam dan rencananya juga akan dicatat dalam Guinness Book of Record.

Jika di Kalimantan, perayaan 17-an dilakukan dengan pengibaran bendera sepanjang 3 ribu meter, sedangkan pada masyarakat perkotaan perayaan 17-an dilakukan dengan mengikuti upacara digital. Seolah nggak mau kehilangan momen untuk ikut merayakan hari jadi Indonesia, upacara digital pun diadakan agar mereka yang sangat sibuk dengan aktivitas harian masih bisa ikut merasakan euphoria hari kemerdekaan. Melalui SMS dan akun pribadi twitter, kamu bisa ikut mengibarkan merah putih di dunia maya. Beberapa akun milik tokoh masyarakat pun didaulat untuk memberikan "amanat" melalui timeline mereka. Untuk informasi lebih lanjut supaya bisa ikut berpartisipasi mengibarkan merah-putih di dunia maya, kamu bisa kunjungi id-optimis.org atau 17an.org.

Kalau kamu, bagaimana caramu berpartisipasi meramaikan hari jadi Republik Indonesia tahun ini?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading