Sukses

Entertainment

Serba-Serbi di Balik Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Fimela.com, Jakarta Anak kedua Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu akan melepas masa lajang pada Rabu, 8 November 2017. Ia akan menikah dengan pria pujaan hatinya, Bobby Nasution. Seperti diketahui, sejoli ini bertemu saat mereka mengambil program magister di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat.

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut pernikahan Kahiyang dan Bobby. Seperti mempersiapkan undangan berdesain unik yang didominasi dengan warna merah hati dengan sampul yang terbuat dari kain bludru.

Undangan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (foto: istimewa)

Bagian depan undangan tersebut berdesain gunungan wayang dengan warna emas. Walaupun punya konsep yang sederhana, akan tetapi undangan itu tetap terlihat elegan.

Selain undangan pernikahan, apa saja serba-serbi di balik pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution? Berikut Bintang.com merangkumkan khusus untuk Anda.

1. Riasan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Foto prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Instagram/garyevan)

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Endang Soendari Soemaryono adalah orang yang bertanggung jawab untuk merias Kahiyang mulai dari prosesi siraman, malam midodareni, ijab panggih, dan resepsi. Make-up Kahiyang adalah yang tidak terlihat mencolok namun terlihat halus.

"Jadi saya diminta langsung oleh Pak Joko Widodo dan Bu Iriana untuk merias Mbak Kahiyang dan Mas Bobby. Bu Iriana ngersakaken (menginginkan) adat pernikahan Solo klasik. Jadi riasan yang tidak mencolok tapi terlihat halus," jelas Ibu Maryono, Senin 30 Oktober 2017.

Sementara itu, make-up yang diaplikasikan juga tidak sembarangan, melainkan mengikuti tata cara dan tuntunan adat Jawa. Kahiyang akan menggunakan paes warna hitam saat resepsi pertama, sedangkan pada resepsi malam, warna paesnya adalah hijau. Kahiyang juga tampil dengan alis menjangan ranggah.

2. Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Gelar Dua Kali Resepsi

Foto prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Instagram/ayanggkahiyang)

Selain rangkaian prosesi seperti siraman dan midodareni, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga akan menggelar dua kali acara resepsi, yaitu pagi dan malam. Dalam kedua momen tersebut, tentunya akan ada perbedaan penampilan yang ditunjukkan oleh sang pengantin.

3. Souvenir Pernikahan Kahiyang Ayu Bercorak Batik

Ilustrasi souvenir pernikahan Kahiyang Ayu. (Dokumentasi Mintorogo)

Souvenir pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dibuat dengan desain spesial. Souvenirnya sendiri berbentuk grafir kaca dengan aneka corak batik seperti Batik Bledak dan Batik Sidomulyo.

4. Busana Pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Foto prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Foto: instagram/ayanggkahiyang)

Soal busana, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution juga mengusung adat Jawa. Saat akad dan resepsi pertama di pagi hari, Kahiyang mengenakan busana Jawi Lengkap, sedangkan saat resepsi kedua malam harinya mengenakan dodot basahan.

"Nanti pas siraman dan malam midodareni menggunakan paes dan busana seperti adat biasanya. Kemudian saat ijab panggih menggunakan adat pernikahan Solo Putri. Sedangkan saat resepsi di malam harinya pakai adat kebesaran Solo. Jadi mantennya pakai dodot basahan," papar ibu Endang Soendari Soemaryono yang ditunjuk sebagai perias.

5. Alunan Gending Jawa di Pernikahan Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Instagram/ayanggkahiyang)

Salah satu yang membuat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution terkesan sakral adalah tabuhan gending Jawa yang akan mengalun di sepanjang acara. "Jadi kita menyiapkan gending untuk tiap tahap prosesi pernikahan. Saat prosesi temu panggih ada gending Kodokngorek dan Larasmoyo. Saat prosesi Sungkeman, gendingnya Ladrang Mugirahayu. Saat prosesi kerobongan tembangnya Sriwidodo," ucap Koordinator Peduli Seni, Guntur Sulistiyono, dilansir dari Liputan6.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading