Sukses

Entertainment

Film 90-an, Pierce Brosnan Sudah Ngetop Sebelum Jadi James Bond

Fimela.com, Jakarta Film agen rahasia Inggris James Bond termasuk franchise film paling terkenal di dunia. Ada enam orang aktor, termasuk Pierce Brosnan, yang pernah memerankan Bond dalam 24 film sejak 1962. Yang pertama adalah Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan dan Daniel Craig.

Film Jams Bond sempat lama terhenti pada 1989 usia perilisan License To Kill. Dalton yang baru bermain dalam dua film tidak menemukan kata sepakat untuk bermain di film Bond selanjutnya. Setelah melalui proses seleksi dan persiapan yang cukup lama, film Bond selanjutnya yaitu Goldeneye baru dirilis pada 1995.

Pierce Brosnan menjadi aktor kelima yang memerankan karakter James Bond. Aktor sekaligus produser ini tercatat telah empat kali membintangi film agen rahasia tersebut dimulai pada tahun 1997 sampai 2002. (Bintang/EPA)

Ada yang menarik sebelum Brosnan bermain di Goldeneye. Aktor kelahiran Irlandia, 16 Mei 1953 ini sudah diplot sebagai pengganti Roger Moore sejak tahun 1980-an. Produser Albert R. Broccoli dan tertarik untuk menjadikannya pemeran Bond selanjutnya. Kebetulan karir Pierce Brosnan mulai menanjak setelah membintangi serial Remington Steele di era 1980-an. Brosnan juga bermain di sejumlah film seperti The Fourth Protocol yang meraih sukses di tahun 1987.

Sayangnya, saat akan memproduksi The Living Daylight di tahun 1987, Brosnan masih terikat kontrak untuk menyelesaikan syuting Remington Steele. Posisinya pun digantikan oleh Dalton yang kemudian hanya bermain di dua film. Saat pamor Dalton tak menanjak usai membintangi dua film James Bond, nama Brosnan justru semakin melejit.

Miniseri Around the World in 80 Days yang dibintanginya meraih sukses. Begitu juga dengan sejumlah film yang dibintanginya seperti Mrs Doubtfire dan Love Affair. Dengan begitu, saat berperan sebagai James Bond di Goldeneye, nama Brosnan sudah dikenal luas. Statusnya sudah sebagai superstar sebelum memerankan Bond.

Film 007 tak pernah lepas dari ‘image’ James Bond yang keren. Roger Moore, Timothy Dalton, Daniel Craig, Sean Connery, George Lazenby, and Pierce Brosnan adalah enam aktor yang pernah memerankan tokoh James Bond dari masa ke masa. (Bintang/EPA)

Ini berbeda dengan Daniel Craig, Lazenby dan Dalton yang relatif belum terlalu dikenal saat didapuk sebagai pemeran Bond. Sedangkan Connery sudah cukup dikenal sebagai bintang film sebelum berperan sebagai Bond. Bisa dibilang Brosnan hampir setara dengan Roger Moore yang sudah dikenal sebagai bintang televisi sebelum berperan sebagai James Bond.

Brosnan bermain di empat film Bond yaitu Goldeneye (1995), Tomorrow Never Dies (1997), The World Is Not Enough (1999) dan Die Another Day (2002). Semuanya cukup sukses baik secara komersil maupun kualitas. Tapi yang dinilai paling sukses adalah Goldeneye. Selain meraih keuntungan cukup besar (bujet 58 juta USD dengan penghasilan 352 juta USD), film besutan Martin Campbell itu juga dipuji para kritikus.

Pierce Brosnan. (Bintang/EPA)

Goldeneye juga dianggap menumbuhkan kembali ‘Bond mania’ yang sempat pudar saat diperankan Dalton. Tomorrow Never Dies juga membuat terobosan dengan mengkasting aktris Asia, Michelle Yeoh, sebagai Bond Girl. Pierce Brosnan membuktikan kalau ia termasuk pemeran James Bond terfavorit.

Karirnya tetap stabil dan masih dikenal luas meski tak lagi memerankan Bond setelah digantikan oleh Daniel Craig. James Bond pun terbukti masih tetap disukai memasuki tahun 1990-an sampai dengan sekarang. Peran Pierce Brosnan jelas sangat besar dalam kelangsungan franchise James Bond.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading