Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata, Bikin Wajah Lebih Mulus dan Terlihat Segar

Fimela.com, Jakarta Memiliki kerutan mata di usia muda memang bikin khawatir. Bagaimana nggak? Permasalahan kulit yang seharusnya muncul saat usia mulai menua, justru datang lebih cepat dan sedihnya malah bikin penampilan jadi kurang paripurna. Hadirnya kerutan di bawah mata remaja pun juga kerap memunculkan banyak pertanyaan, mulai dari apa penyebabnya hingga cara menghilangkan kerutan di bawah mata seperti apa saja yang dibutuhkan.

Untuk kamu ketahui, arti kerutan di bawah mata sendiri pada umumnya bukanlah hal yang berbahaya. Penyebab kerutan di bawah mata ini terjadi sebagai salah satu tanda penuaan kulit, lebih tepatnya karena elastisitas kulit yang perlahan-lahan berkurang. Di samping itu, kerutan di mata saat tersenyum juga bisa terjadi akibat dampak buruk dari sinar UV matahari, kebiasaan konsumsi yang kurang bagus, hingga gerakan atau ekspresi tertentu yang dilakukan secara berulang.

Meski kehadirannya bisa sangat mengganggu penampilan, tapi jangan khawatir bila kerutan di bawah mata muncul di wajahmu. Ini karena ada beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang efektif dan praktis yang bisa diterapkan agar wajah kamu bisa lebih mulus dan terlihat segar. Mau tahu apa saja tips yang dimaksud?

1. Gunakan Pelembap untuk Kulit di Area Mata

Apabila ingin menghilangkan kerutan di bawah mata remaja, maka penggunaan pelembap secara rutin pantang untuk dilewatkan. Mengaplikasikan pelembap pada kulit merupakan salah satu tips mengatasi kerutan di bawah mata yang ampuh. Sebab, jika kelembapannya terjaga, permasalahan seperti kerutan dan bahkan mata panda akan bisa berangsur-angsur pudar hingga hilang dari kulit sepenuhnya.

Bukan cuma itu, pelembap pun dikatakan sebagai tips mengatasi kerutan di bawah mata yang efektif karena mampu merangsang regenerasi sel kulit baru. Ya, beberapa skincare untuk menghilangkan kerutan di bawah mata nyatanya memang ada yang mengandung bahan aktif yang dapat membantu memperbaiki tekstur dan penampilan kulit secara keseluruhan, termasuk pada area di sekitar mata. 

Proses ini kemudian membuat kulit di bawah mata tampak lebih cerah dan muda. Selain itu, regenerasi sel yang sehat juga dapat membantu mengurangi tampilan kerutan dan menjaga kulit tetap segar dalam jangka panjang. Oleh karena itu, rajinlah menggunakan pelembap wajah sebagai rutinitas skincare harianmu.

2. Aplikasikan Krim Mata yang Tepat

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata selanjutnya dapat dilakukan dengan mengaplikasikan krim mata yang tepat. Produk skincare seperti krim mata sendiri memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Di antaranya yaitu membantu mengatasi kerutan dan garis halus yang muncul di sekitar area mata. 

Asal kamu tahu bahwa kulit di bawah mata nyatanya lebih tipis dan sensitif dibandingkan area wajah lainnya, sehingga membutuhkan perawatan yang khusus. Tetapi, kehadiran krim penghilang kerutan di bawah mata akan bisa membantu berbagai permasalahan kulit yang muncul berkat konsentrasi bahan aktif yang optimal di dalamnya. 

Itulah mengapa, krim penghilang kerutan di bawah mata dapat kamu andalkan untuk mencegah sekaligus memperbaiki tanda-tanda penuaan tanpa menimbulkan iritasi. Nah, agar lebih maksimal dan aman dalam menjalankan tips mengatasi kerutan di bawah mata ini, pastikan kamu memilih produk yang berlabel hypoallergenic, ya!

3. Jangan Lupa Memakai Sunscreen

Jangan lupakan khasiat sunscreen untuk merawat dan melindungi kulitmu, termasuk untuk area bawah mata. Tips mengatasi kerutan di bawah mata menggunakan sunscreen memang dibutuhkan karena mampu menangkal radiasi sinar UV, yang kerap kali menjadi penyebab kerutan di bawah mata. 

Ya, keseringan terpapar sinar matahari memang dapat menyebabkan banyak permasalahan kulit, mulai dari munculnya tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi kulit, hingga kerusakan kulit lainnya. Jika nggak diberikan perlindungan yang maksimal, bisa-bisa kulitmu akan kehilangan cahayanya dan jadi nggak glowing lagi. Maka dari itulah, kamu butuh sunscreen yang tepat sebagai protektor paparan sinar UV dan sekaligus skincare untuk menghilangkan kerutan di bawah mata.

Perlindungan yang diberikan sunscreen dapat membantu menjaga kulit tetap elastis dan mengurangi risiko garis-garis halus dan kerutan di bawah mata remaja. Nggak cuma itu, dengan menggunakan sunscreen, kamu pun juga bisa terhindar dari bintik hitam atau area gelap di bawah mata, sehingga kulit tetap cerah dan merata.

4. Hilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Retinoid

Jangan khawatir lagi bila muncul kerutan mata di usia muda. Pasalnya, permasalahan tersebut bisa diatasi secara efektif menggunakan retinoid. Retinoid sendiri dikenal sebagai bahan aktif yang mampu merangsang produksi kolagen dalam kulit. Dengan meningkatnya kolagen, kulit di bawah mata menjadi lebih kenyal dan elastis, sehingga garis halus dan kerutan berkurang secara bertahap. 

Di sisi lain, skincare untuk menghilangkan kerutan di bawah mata ini juga bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit. Proses ini nggak hanya menghaluskan kerutan, tetapi juga meningkatkan tekstur kulit di sekitar mata, sehingga membuatnya terlihat lebih segar. Dengan menerapkan cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat seperti ini, kamu bisa menjaga area bawah mata tetap kencang, halus, dan tampak lebih muda.

5. Gunakan Serum Vitamin C

Kerutan mata di usia muda? Bukan masalah, karena ada serum vitamin C yang dapat kamu andalkan untuk mengatasinya. Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, vitamin C memang sangat dimanfaatkan karena khasiatnya yang begitu luar biasa. Salah satunya, bahan ini bisa menjadi skincare untuk menghilangkan kerutan di bawah mata.

Ya, vitamin C sendiri dapat merangsang produksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk menjaga kekenyalan dan kekuatan kulit. Dengan meningkatnya kolagen, kulit di bawah mata bisa menjadi lebih kencang, sehingga kerutan dan garis halus berkurang secara alami. Nggak hanya itu, sebagai antioksidan yang kuat pun, vitamin C juga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi. 

Itulah mengapa, cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat menggunakan vitamin C begitu direkomendasikan oleh para pakar kecantikan, karena mampu membuat kulit lebih cerah, halus, dan bebas dari kerutan. Yuk, dicoba dulu!

6. Manfaatkan Masker dengan Bahan Alami

Mengatasi kerutan mata di usia muda faktanya juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya, kamu bisa mencoba putih telur yang dikenal mampu membantu produksi kolagen, sehingga kulit bisa lebih kenyal dan lentur. Selain itu, bahan-bahan alami lainnya seperti madu, alpukat, dan minyak kelapa yang kaya akan nutrisi pun bisa kamu andalkan untuk menghilangkan garis-garis halus serta kerutan, karena mampu memberikan hidrasi yang maksimal.

Untuk kerutan di bawah mata remaja, kamu bisa menghilangkannya dengan menyulap bahan-bahan alami menjadi masker. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami ini bisa dilakukan dengan meracik setiap bahan yang dibutuhkan. Misalnya, kamu bisa mencampurkan alpukat dan minyak kelapa untuk diaplikasikan pada kulit di sekitar mata. Lalu, bisa juga dengan memadukan buah pepaya yang sudah dihaluskan dan madu untuk mencerahkan serta menghilangkan kerutan yang mengganggu pada area bawah mata.

7. Kelola Jam Tidur dengan Lebih Baik

Kurangnya waktu istirahat di malam hari dapat menjadi penyebab kerutan di bawah mata. Sederhana memang, tapi masih banyak orang yang kurang sadar akan dampak buruk yang bisa dirasakan dari menerapkan gaya hidup seperti ini. Wajib kamu ketahui bahwa tidur tepat waktu di malam hari mampu membuat organ tubuh bekerja dengan lebih maksimal.

Istirahat yang cukup memberi waktu bagi sel kulit di bawah mata untuk beregenerasi secara alami dan memperbaiki kerusakan, sehingga kerutan dan garis halus dapat berkurang. Bukan cuma itu, tidur pun juga menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat dan praktis, karena memang tanpa persiapan yang berarti. Oleh karena itu, pastikan waktu tidurmu sudah cukup, setidaknya selama 7-8 jam setiap malamnya.

8. Bijak dalam Mengatur Level Stres

Arti kerutan di bawah mata juga bisa karena level stres yang berlebihan. Penyebab kerutan di bawah mata yang satu ini bahkan sering dialami oleh banyak orang, namun kurang disadari saja. 

Ya, stress pada dasarnya bukan hanya menyerang mental, tetapi juga fisik seseorang. Bahkan menurut studi Inflammation & Allergy-Drug Targets, stres yang berlebih mampu menghilangkan lebih banyak cairan transepidermal dalam tubuh. Dampak dari ini bisa mempengaruhi kesehatan kulit, dan memunculkan berbagai permasalahan, seperti kerutan dan garis halus di bawah mata misalnya.

Inilah mengapa, cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur level stres lebih bijak lagi. Biar nggak terlalu stres, cobalah beberapa kali melakukan aktivitas healing. Nggak harus selalu bertamasya ke luar kota atau negeri, lho. Dengan menonton film di kamar, memasak, atau bahkan karaoke di rumah, kamu sudah bisa menurunkan level stres yang telah lama dipendam. Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas positif atau hobi yang dipunya, selama itu mampu membuatmu bahagia.

9. Konsumsi Makanan dengan Kandungan Antioksidan

Arti kerutan di bawah mata bisa saja karena tubuhmu sedang memberi sinyal tertentu. Misalnya saja, saat tubuh sedang kekurangan nutrisi, seperti antioksidan, untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Nutrisi seperti antioksidan ini dinilai sangat penting karena memegang beberapa peran penting, mulai dari mencegah tanda-tanda penuaan, membuat tubuh lebih fit dan bugar, hingga mengurangi risiko penyakit berbahaya.

Kerutan di bawah mata remaja bisa saja muncul akibat kurangnya antioksidan di dalam tubuh. Nah, untuk mencegah atau mengatasi permasalahan seperti ini, baiknya kamu mulai perbanyak konsumsi makanan sehat dengan tinggi antioksidan, seperti bayam, wortel, anggur, brokoli, dan lainnya. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami seperti ini nggak hanya bisa memberikan dampak baik bagi kulit, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

10. Olahraga yang Rajin

Arti kerutan di bawah mata pun dapat mengindikasikan tubuhmu yang kurang olahraga. Perlu diketahui bahwa rajin berolahraga dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, darah bisa membawa nutrisi penting untuk diedarkan ke seluruh organ tubuh, termasuk pula kulit.

Apabila kulit mendapatkan nutrisi dengan baik, maka berbagai permasalahan akan bisa teratasi, termasuk pula kerutan, garis halus, hingga hiperpigmentasi. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara alami ini bisa dikatakan sangat sederhana, namun memberikan khasiat yang luar biasa. 

Well, itu dia beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan cepat. Terapkan dengan rutin mulai sekarang dan rasakan sendiri manfaatnya untuk kulit wajahmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading