Sukses

Beauty

Manfaat Uap Wajah atau Facial Steam dan Langkah Tepat Melakukannya Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Manfaat uap wajah atau facial steam untuk kecantikan memang  sudah banyak dikenal secara luas. Treatment yang mengandalkan uap air panas untuk wajah ini cukup banyak digemari karena bisa mendukung tampilan kulit yang lebih glowing dan sehat. Nggak heran kalau banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan tersebut dengan berbagai teknologi canggih dan harga yang cukup menguras kantong. 

Namun, manfaat uap wajah ternyata nggak hanya bisa dirasakan di klinik kecantikan ternama saja. Kamu juga bisa merasakannya sendiri di rumah dengan mengikuti langkah treatment yang tepat. Gali lebih jauh lewat artikel ini yuk, Sahabat Fimela!

Apa Sih Uap Wajah atau Facial Steam Itu?

Uap wajah adalah proses memaparkan wajah pada uap air panas untuk membantu membersihkan kulit dan membuka pori-pori. Metode ini sangat sederhana, namun efektif untuk mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori yang mungkin sulit dihilangkan hanya dengan mencuci muka biasa. 

Facial steam bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan handuk hangat, alat steamer khusus, atau cara tradisional dengan baskom berisi air panas. Banyak orang menambahkan minyak esensial atau ramuan herbal ke dalam air untuk mendapatkan manfaat tambahan, seperti relaksasi atau antioksidan.  

Manfaat Uap Wajah untuk Perawatan Kulit

Teknik sederhana ini ternyata menawarkan berbagai manfaat untuk mendukung kecantikan dan kesehatan kulit yang dilansir dari situs Healthline. Apa saja sih? 

1. Membersihkan Kulit dan Pori-Pori Secara Lebih Mendalam

Salah satu manfaat utama dari facial steam adalah kemampuannya untuk membuka pori-pori kulit. Saat uap panas mengenai wajah, pori-pori yang biasanya tertutup atau tersumbat mulai terbuka. Hal ini membuat kotoran, minyak, dan sisa makeup yang tersembunyi di dalamnya bisa keluar. Dengan membuka pori-pori, pembersihan kulit jadi lebih efektif dan mendalam dibandingkan hanya dengan sabun pembersih biasa.

Dengan menerapkan teknik ini, kamu juga bisa merasakan manfaat detoksifikasi karena proses pembersihan kulit yang lebih mendalam dan intens. Jika dilakukan secara rutin, dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit secara optimal. 

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat uap wajah juga dapat merangsang sirkulasi darah di area wajah, lho. Uap panas membuat pembuluh darah di bawah kulit melebar, memungkinkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi mengalir lebih lancar ke permukaan kulit. Keadaan tersebut tidak hanya membantu memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan bercahaya, tetapi juga mendukung proses regenerasi kulit.

Sirkulasi darah yang baik adalah hal yang penting untuk mendukung kesehatan kulit. Hal ini karena darah membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit untuk mendorong regenerasi dan menjaga tampilannya tetap sehat dan bercahaya. 

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Berkat manfaatnya membersihkan pori-pori secara mendalam, manfaat uap wajah juga bisa mencegah munculnya jerawat. Kondisi ini seringnya disebabkan oleh penumpukan sebum, kotoran, dan sel kulit mati di dalam pori-pori. Ketika kondisinya tersumbat, bakteri bisa berkembang biak dan menyebabkan peradangan yang berujung pada jerawat. 

Uap wajah membantu mengurangi risiko ini dengan membuka dan membersihkan pori-pori, sehingga bakteri tidak punya tempat untuk berkembang. Namun, penting untuk diingat bahwa facial steam bukan untuk menyembuhkan jerawat yang sudah ada, melainkan sebagai langkah pencegahan. 

4. Membersihkan Sebum yang Terjebak di Permukaan Kulit

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kulit untuk menjaga kelembapan. Namun, ketika terjebak di dalam pori-pori bersama kotoran dan sel kulit mati, hal ini bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Teknik facial steam wajah dapat membantu melunakkan sebum, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat membersihkan wajah.

Proses pelunakan sebum ini juga membuat perawatan seperti eksfoliasi lebih efektif, karena sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit juga lebih mudah terangkat. Hasilnya, kulit tampak lebih bersih, halus, dan segar.

5. Membantu Penyerapan Skincare Jadi Lebih Maksimal

Tahukah kamu kalau manfaat uap wajah lainnya juga bisa membantu penyerapan skincare jadi lebih maksimal? Pori-pori yang terbuka dan bersih memungkinkan produk skincare seperti serum dan pelembap bisa menyerap dan bekerja lebih efektif. 

Karena kulit dalam keadaan hangat dan lembap, bahan-bahan aktif dalam produk skincare bisa meresap dengan lebih baik ke lapisan kulit yang lebih dalam. Kondisi tersebut membuat penggunaan produk skincare setelah facial steam menjadi lebih maksimal.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Manfaat lain dari facial steam adalah kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen dan elastin. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan kekencangan pada kulit, sementara elastin membantu kulit tetap elastis dan kembali ke bentuk semula setelah tertarik atau ditekan.

Dengan sirkulasi darah yang meningkat dan suplai oksigen yang lebih baik menuju kulit, produksi kolagen dan elastin juga meningkat, yang pada akhirnya membantu menjaga kulit tetap muda, kencang, dan bebas dari garis halus serta kerutan.

7. Merelaksasi Kulit

Manfaat uap wajah nggak hanya bisa dirasakan untuk meningkatkan tampilan kulit yang semakin glowing, tapi juga sangat baik untuk kesehatan mental. Paparan uap panas memberikan sensasi relaksasi yang mirip dengan sauna sehingga membantu meredakan ketegangan di wajah. Dengan menambahkan minyak esensial seperti lavender atau chamomile, pengalaman facial steam bisa menjadi lebih menenangkan dan menyegarkan.

Perasaan rileks ini tidak hanya baik untuk pikiran, tetapi juga untuk kulit. Perlu diingat bahwa stres bisa memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat atau kulit kusam.

Apakah Boleh Melakukan Uap Wajah Setiap Hari?

Biarpun ada banyak manfaat uap wajah yang bisa dirasakan, tapi apakah boleh dilakukan setiap hari? Ternyata hal tersebut sangat tidak direkomendasikan karena bisa memberikan dampak negatif untuk kulit jika terlalu sering. 

Soalnya, efek steam burn bisa merusak jaringan kulit jika dalam kondisi yang parah. Untuk meringankan risiko ini, pastikan selalu berhati-hati jika ingin melakukan uap wajah. Jangan terlalu dekat untuk mencegah efek 'steam burn' dan pastikan suhu air tidak terlalu panas.  Lakukan steam wajah seminggu sekali untuk hasil yang terbaik. Batasi setiap sesi hanya 10 menit untuk mencegah iritasi kulit. 

Langkah Uap Wajah yang Tepat di Rumah

Untuk mendapatkan manfaat uap wajah yang optimal, berikut ini beberapa langkah uap wajah yang bisa kamu lakukan di rumah dilansir dari situs Healthline. 

1. Siapkan Air di Dalam Mangkuk atau Baskom

Rebus air hingga mendidih lalu tuangkan di dalam mangkuk atau baskom. Tunggu hingga suhunya tidak terlalu panas sebelum digunakan untuk facial steam. 

2. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Salah satu rules penting dalam perawatan wajah adalah pastikan wajah dalam keadaan bersih. Soalnya, kotoran, minyak alami, dan sisa makeup bisa menghalangi kulit mendapatkan manfaat uap wajah yang maksimal. Gunakan teknik double cleansing untuk memberikan hasil yang optimal, ya!

Untuk menerapkan teknik ini, awali dengan membersihkan wajah menggunakan micellar water atau pembersih yang mengandung oil based terlebih dahulu. Setelah kotoran dan sisa makeup terangkat, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan wajah yang bersih, kulit bisa mendapatkan manfaat facial steam dengan optimal. 

3. Tambahkan Minyak Esensial untuk Manfaat Relaksasi

Jika ingin facial steam memberikan manfaat yang lebih memanjakan diri, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalamnya. Beberapa rekomendasinya seperti lavender oil yang cocok untuk pemilik kulit kering dan memiliki aroma merelaksasi. Selain itu, eucalyptus oil bisa jadi pilihan bagi yang memiliki masalah kulit seperti jerawat. Bisa juga dengan menambahkan orange oil yang sangat cocok bagi pemilik pori-pori tersumbat. 

4. Dekatkan Wajah Menghadap Mangkuk

Jika persiapan sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan steam wajah. Caranya dengan mendekatkan wajah di area mangkuk atau baskom air panas. Jaga jarak aman agar tidak memberikan efek ‘steam burn’. 

Selanjutnya, gunakan handuk lebar di atas kepala untuk memerangkap uap. Pastikan posisinya pas, tidak terlalu dekat atau jauh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selama melakukan uap wajah, pastikan untuk memejamkan mata untuk mencegah mata terasa perih atau iritasi sebagai akibat terkena uap air panas tersebut. 

5. Hal yang Harus Dilakukan Setelah Selesai Menguap Wajah

Setelah proses facial steam selesai dilakukan, segera bilas wajah dengan air suam-suam kuku. Keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk lembut. Kulit biasanya berada dalam kondisi ekstra sensitif setelah proses facial steam, jadi hindari menggosoknya terlalu keras dengan handuk. 

Selanjutnya, gunakan toner, serum, pelembap dan skincare lain yang biasa kamu pakai. Manfaat dari produk skincare yang dipakai biasanya akan diserap dengan lebih maksimal oleh kulit yang baru saja melalui proses steam. Penggunaan skincare dengan kandungan anti-aging sangat direkomendasikan bagi yang ingin melawan tanda penuaan dini. 

Saat mengaplikasikan skincare, kamu juga bisa memberikan pijatan lembut pada wajah untuk memberikan efek relaksasi tambahan. Kamu bisa menargetkan beberapa area wajah seperti dahi, pipi, dan leher. 

Memaksimalkan perawatan kulit sehari-hari dengan teknik penguapan wajah yang tepat untuk memberikan manfaat yang diharapkan. Dukung treatment ini dengan rutin menggunakan produk perawatan wajah lainnya untuk memberikan hasil glowing alami yang sesuai harapan. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading