Sukses

Beauty

7 Tips Mengeringkan Rambut Secara Alami agar Hasilnya Tetap Cantik dan Bebas Megar

Fimela.com, Jakarta Membiarkan rambut kering secara alami memang jadi salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau indahnya. Bukan rahasia lagi, terlalu sering menggunakan hair dryer, catokan, atau alat penataan rambut lainnya memang bisa bikin penampilan cantik secara instan. Tapi, efek suhu panas dari alat-alat ini bisa menimbulkan kerusakan rambut yang nggak boleh diabaikan. 

Namun, membiarkan rambut kering alami bukan tanpa tantangan. Nggak jarang hasilnya malah terlihat megar dan mengembang yang malah mirip rambut singa. Biar rambut tetap smooth secara alami, beberapa trik ini bisa dicoba, Sahabat Fimela!

1. Keramas dengan Shampo yang Melembutkan

Langkah awal yang paling penting adalah pemilihan shampo. Rambut yang rentan megar biasanya membutuhkan kelembapan ekstra. Jadi, pilih shampo yang memiliki kandungan bahan-bahan melembutkan seperti minyak argan, shea butter, atau aloe vera. Formula ini membantu menjaga rambut tetap lembut dan halus. 

Selain itu, kenali kandungan bahan kimia keras yang sebaiknya dihindari, misalnya saja sulfat. Dikenal sebagai bahan pembersih di dalam shampo, sulfat bisa menyingkirkan minyak alami yang ada pada kulit kepala sehingga rambut jadi sangat kering. Kelembapan alami yang hilang inilah yang rentan membuat rambut jadi tampak megar. 

2. Deep Conditioning dengan Produk yang Tepat

Keramas menggunakan shampo saja nggak cukup. Salah satu rutinitas lain yang perlu dilakukan saat sedang mencuci rambut adalah melakukan deep conditioning yang tujuannya untuk meningkatkan hidrasi alami mahkota indahmu. 

Pilih kondisioner yang mengandung nutrisi dan formula melembapkan, misalnya saja jojoba oil atau keratin. Fokuskan penggunaan kondisioner di bagian tengah hingga ujung rambut, karena bagian inilah yang cenderung lebih kering dan rentan megar. Diamkan selama beberapa menit untuk memberikan waktu pada produk menyerap ke dalam helai rambut.

3. Gunakan Handuk Microfiber yang Lembut

Perhatikan juga handuk yang digunakan jika ingin membuat rambut tetap cantik saat kering alami. Jika bahannya terlalu kasar, bisa menggesek rambut dan membuat lapisan kutikulanya terbuka. Inilah yang membuatnya tampak kasar dan megar. 

Disarankan memakai handuk microfiber yang lembut dan mampu menyerap air dengan baik tanpa membuat gesekan berlebihan pada mahkota indahmu. Cukup tepuk-tepuk secara perlahan untuk menghilangkan sisa air pada rambut, hindari menggosok-gosoknya. Trik ini bisa membantu mencegah kerusakan rambut semakin meluas. 

4. Pakai Produk Vitamin Rambut Saat Kondisinya Masih Setengah Kering

Jangan lupa untuk selalu menggunakan vitamin rambut. Produk yang satu ini bekerja untuk memberikan nutrisi tambahan pada bagian tubuh yang satu ini sekaligus menjaga kelembapannya sepanjang hari. 

Pilih produk yang mengandung bahan pelembap seperti minyak argan, jojoba, vitamin E atau keratin yang mampu mengunci kelembapan serta memberikan efek lembut. Pastikan untuk mendistribusikan produk secara merata dari bagian tengah hingga ujungnya agar rambut tidak terasa berat di satu area saja.

5. Gunakan Wet Brush untuk Merapikan Rambut

Untuk merapikan rambut yang masih basah atau setengah kering, pilihlah wet brush yang didesain khusus untuk rambut basah. Jenis sisir yang satu ini ini memiliki gigi yang lembut dan fleksibel sehingga dapat menyisir rambut tanpa menyebabkan kerusakan atau rambut rontok. Menyisir rambut dengan wet brush juga membantu mendistribusikan minyak alami rambut dari akar hingga ujung, sehingga rambut terlihat lebih halus dan berkilau.

6. Pakai Roll Rambut untuk Efek Wavy Hair

Kalau kamu ingin menambahkan sedikit tekstur pada rambutmu tanpa menggunakan alat pemanas, gunakan roll rambut. Pilih ukuran roll yang sesuai dengan efek yang kamu inginkan. Untuk hasil wavy yang cantik, pilih roll berukuran sedang. Nggak hanya memberikan bentuk yang natural, metode ini juga membantu mengurangi risiko rambut megar, karena akan tertata rapi selama proses pengeringan.

7. Saat Rambut Sudah Kering, Gunakan Leave-In Conditioner

Jika rambut sudah kering, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan leave-in conditioner. Produk ini nggak hanya menambah kelembapan ekstra, tapi juga melindungi rambut dari ancaman polusi dan efek udara yang kering. 

Leave-in conditioner yang baik akan membuat rambut tetap lembut, ringan, dan bebas megar sepanjang hari. Pilih yang berbahan ringan agar tidak terasa lengket atau berat saat diaplikasikan sehari-hari. 

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu bisa mendapatkan rambut yang tetap cantik, mulus, dan bebas megar saat dibiarkan kering alami setelah keramas tanpa menggunakan alat penataan rambut yang panas. Rambut pun tak hanya terlihat cantik, tapi juga tetap sehat! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading