Sukses

Beauty

Jangan Asal-asalan, Begini Urutan Basic Skincare Remaja untuk Jaga Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah yang sehat dan berseri menjadi dambaan semua orang, terutama bagi para remaja yang baru mengalami pubertas.Perubahan hormon sering kali menjadi tantangan, seperti munculnya jerawat, kulit yang lebih sensitif, serta perubahan tipe kulit, seperti kulit berminyak atau kering. 

Dengan banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, mungkin bikin kamu bingung dengan urutan pemakaian yang tepat. Apalagi, setiap rangkaian skincare memiliki jenis dan formulasi yang berbeda. Jadi, bagaimana sih urutan yang tepat agar hasilnya lebih optimal? Yuk, ulas satu per satu yang dikutip dari Halodoc, berikut urutan basic skincare pagi dan malam untuk remaja. 

Penggunaan Skincare di Pagi Hari

Menggunakan skincare di pagi hari sangat penting untuk melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, debu, dan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan, mempercepat penuaan, dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Oleh karena itu, untuk menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan terlindungi sepanjang hari berikut urutan skincare di pagi hari.

1. Sabun Wajah

Langkah pertama yang paling penting dalam urutan skincare adalah membersihkan wajah. Untuk sabun wajah ada dua tipe, yaitu facial foam dan facial wash. 

Lalu, apa bedanya facial foam dan facial wash? Kalau punya kulit wajah normal to oily, facial foam adalah pilihan yang tepat. Seperti namanya foam atau busa, formulasi ini sangat cocok buat kulit berminyak karena dapat mengangkat minyak berlebih di wajah dan mengurangi timbulnya jerawat.

Sedangkan facial wash, diperuntukkan buat kamu yang punya tipe kulit normal to dry. Facial wash ini berbeda dengan facial foam, karena kadar busanya sedikit, sehingga kulitmu tetap lembab dan nggak ketarik setelah membersihkan wajah. 

2. Toner 

Langkah kedua setelah membersihkan wajah, yaitu dengan mengaplikasikan toner agar kondisi pH kulit lebih seimbang. Penggunaan toner juga dapat mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih tertinggal setelah mencuci wajah.

Sebelum menggunakan toner, penting untuk memahami jenis kulit terlebih dahulu. Pilih toner yang bebas alkohol agar kulit wajah tetap lembap dan terhindar dari iritasi. Sebaiknya pilih hydrating toner yang berfungsi melembapkan sekaligus menjaga keseimbangan pH kulit. Untuk mengaplikasikan toner, kamu bisa pakai kapas atau langsung menggunakan tangan dan tepuk-tepuk secara perlahan agar toner cepat meresap ke dalam kulit.

3. Pelembab

Setelah toner meresap dengan baik, langkah berikutnya adalah mengaplikasikan pelembap secara merata. Produk ini  sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan pelembap tetap diperlukan agar elastisitas kulit tetap terjaga dan sehat.

Khusus buat pemilik oily face, pilihlah jenis pelembab dengan kandungan non-komedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Sementara itu, kalau punya tipe kulit yang kering dan sensitif, pilihlah produk dengan kandungan Hyaluronic Acid agar membantu mengunci kelembapan lebih lama.

4. Sunscreen 

Langkah terakhir yang nggak boleh dilewatkan adalah sunscreen, terutama jika kamu punya banyak aktivitas di luar ruangan. Produk ini sangat wajib agar terhindar dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan pastikan produk tersebut melindungi dari UVA dan UVB. Gunakan sebelum beraktivitas ke luar, bahkan pada hari mendung sekalipun. Aplikasikan secara merata ke seluruh wajah dan leher, serta ulangi setiap 2-3 jam sekali.

Penggunaan Skincare di Malam Hari

Menggunakan skincare di malam hari adalah hal yang wajib dilakukan sebelum tidur karena kulit sedang memasuki fase regenerasi dan perbaikan dari dalam. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan glowing di pagi hari, berikut urutan basic skincare remaja yang bisa kamu ikuti.

1. Pembersih Wajah

Double cleansing sangat disarankan untuk membersihkan wajah secara maksimal dari kotoran, debu, dan sisa makeup. Tahap pertama, gunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial foam atau facial wash untuk mengangkat residu yang tersisa. Saat membersihkan, hindari menggosok wajah terlalu keras dan lakukan gerakan melingkar dengan lembut agar seluruh bagian wajah terjangkau dan bersih sempurna.. 

2. Toner

Sama seperti pada step di pagi hari, toner bisa digunakan setelah rangkaian skincare sebelumnya meresap ke kulit. Pastikan memilih jenis toner yang sesuai dengan kondisi wajah.

3. Pelembab (Krim Malam)

Pada malam hari, kulit lebih membutuhkan pelembab dengan formula yang lebih kaya dan intens dibandingkan dengan pelembab pagi. Pilih pelembab yang menghidasi kulit dan mendukung proses regenerasi kulit saat tidur.  Berbeda dengan pelembab pagi yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar matahari, pelembab malam fokus pada pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit dari dalam.

Mulai sekarang, yuk lebih peduli dengan kesehatan kulitmu! Rawat kulitmu sejak dini, karena kulit yang terawat adalah investasi jangka panjang untuk penampilan yang lebih percaya diri.

Penulis: Henny

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading