Sukses

Beauty

Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Posisi Tertentu Tubuh dan Wajah

Fimela.com, Jakarta Sudah tidak asing bukan dengan munculnya jerawat pada tubuh dan wajah kamu? Sering kita temui munculnya benjolan kecil ataupun besar pada area-area tertentu yang sebelumya kita yakini sudah bersih dari kuman. Memiliki satu jerawat saja bisa sangat melelahkan, baik secara mental ataupun fisik kita. Perasaan emosional yang naik karena tak cepat redanya jerawat tersebut sehingga membawa pengaruh yang cukup besr pada penampilan yang akan kita bawakan. 

Untuk itu, yuk kenali beberapa penyebab kok bisa jerawat-jerawat menyebalkan ini bisa muncul di area tubuh ataupun wajah kamu!

1. Jerawat Dahi

Munculnya jerawat pada dahi akan sangat menguji mental kita dalam berpenampilan. Pasalnya, area tersebut akan tampak mencolok dan dapat memancing perhatian saat kita berieneraksi dengan orang lain. Penyebab munculnya jerawat ini pada umumnya terjadi karena produksi minyak yang berlebih ditambah dengan stress. Tak hanya itu, penggunaan topi yang sering juga bisa menyumbat pori-pori di area dahi kita. Bahkan, penggunaan produk sampo atau kondisioner dengan bahan aktif dapat menjadi penyebab munculnya benjolan ini, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Untuk itu, cara mengurangi penyebab munculnya jerawat pada dahi ini ialah dengan mengurangi makanan berlemak dan memperbanyak asupan air putih,

2. Jerawat Hidung

Hidung masuk ke dalam T zone area yang sering memproduksi minyak berlebih, tak jarang seseorang yang pada dasarnya kulitnya berminyak, akan sering mengalami kemunculan jerawat pada hidung mereka. Pori-pori yang terletak pada hidung ini pun berbeda dengan area lain, pada area ini pori-porinya terhitung lebih lebar, sehingga kita terkhusus wanita harus berhati-hati dalam mengaplikasikan riasan di area ini. Akan lebih baik pula jika kita langsung membersihkan riasan makeup agar tidak memicu pertumbuhan jerawat. 

Secara kesehatan, hidung terhubung pada organ jantung, jadi jika kamu memiliki jerawat di are tersebut, artinya kamu memiliki masalah kecil pada organ jantungmu. Bisa pula karena konsumsi kamu yang penuh minyak, daging dan makanan pedas. Untuk itu, perlu juga menjaga pola makan kita.

3. Jerawat Pipi

Pipi merupakan area yang paling sering bersentuhan dengan sarung bantal ataupun gawai. Terkhusus gawai, jika kamu sering berkomunikasi menggunakan media ini, sangat disarankan untuk selalu mengecek kebersihan dari benda tipis tersebut. Sedangkan untuk sarung bantal, disarankan bagi kamu untuk menggantinya sekurang-kurangnya seminggu 2-3 kali. 

Secara kesehatan, pipi memiliki hubungan dengan siste pernapasan. Untuk itu, jika pernapasan kamu kotor, nantinya akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit pipi kamu. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga diri kamu untuk tidak merokok ataupun vape.

4. Jerawat Dagu

Munculnya pertumbuhan jerawat di area dagu ini dikenal karena pola tidur kita yang tidak sehat. Tak hanya itu, faktanya menurut kesehatan, area dagu ini berkaitan dengan masalah keseimbangan hormon. Oleh karena itu perubahan hormon menjadi sesuatu yang berpengaruh pada kesehatan kulit dagu kita. Kamu bisa mengatasinya dengan menjaga pola tidur yang cukup, kebiasaan hidup dan makan sehat, banyak minum air putih dan selalu menjaga kebersihan kulit dengan tak lupa selalu mencuci wajah sampai bersih sebelum tidur.

5. Jerawat Punggung

Memiliki jerawat pada punggung kita akan mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas. Rasa gatal akan benjolan tersebut akan selalu membuat kita untuk menggaruknya tanpa menyadari bahwa hal tersebut malah makin memperparah pertumbuhan jerawat. Kepercayaan diri seseorang pun juga akan menjadi dampak yang dibawakan oleh jerawat punggung ini. Seseorang tidak akan percaya diri untuk berpenampilan terbuka yang menunjukkan punggung mereka. Adapun penyebab dari munculnya jerawat punggung ini adalah karena produksi minyak yang berlebih, penyumbatan pori-pori, pakaian ketat yang tidak bisa menyerap keringat, stress, dan juga rambut panjang yang belum bersih juga menjadi penyebabnya.

Untuk itu, kamu harus membiasakan untuk mandi dan keramas rutin, menggunakan pakaian bersih dan longgar, mengonsumsi makanan sehat, eksfoliasi, serta rajin mencuci sprei, handuk, dan sarung bantal.

Itulah beberapa penyebab dari munculnya jerawat di area-area tertentu. Yuk, kenali penyebabnya dan tingkatkan kebersihan badan. Kulit yang tampak sehat dan bersih merupakan kesan yang ditampilan untuk gaya hidup yang juga sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading