Sukses

Beauty

Tips Perawatan Kulit Tangan agar Tetap Halus, Bebas dari Kondisi Kering dan Pecah-pecah!

Fimela.com, Jakarta Penggunaan skincare mungkin jadi salah satu hal yang nggak terlewat buat mewujudkan kulit wajah glowing impian. Begitu pun dengan rutinitas body care yang dilakukan untuk mencegah tampilan kulit kusam atau belang. Tapi, sudahkah kamu memperhatikan area kulit tangan, Sahabat Fimela?

Ya, area kulit tubuh yang satu ini sering banget dilupakan. Padahal tangan memainkan peranan penting untuk melakukan beragam aktivitas harian, mulai dari mencuci piring atau baju, bersih-bersih rumah, dan berbagai kegiatan lain yang membuat kondisinya rentan kering, kasar, hingga iritasi.

Lalu, seperti apa sih perawatan kulit tangan yang bisa dilakukan sehari-hari di rumah?

Bersihkan Tangan dengan Sabun yang Memiliki Formula Lembut

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat kulit tangan adalah cara membersihkan area yang satu ini. Pastikan kamu menggunakan sabun pembersih yang memiliki formula membersihkan, tapi tetap lembut di tangan.

Hindari sabun pencuci tangan yang mengandung alkohol, pewangi, atau zat pembersih keras lainnya. Meskipun bisa membersihkan dengan maksimal, tapi efeknya bisa membuat kulit tangan jadi kering, kasar, pecah-pecah, bahkan rentan mengalami iritasi. Sebelum menggunakan sebuah produk, perhatikan komposisi di dalamnya. Jangan sampai yang kamu gunakan malah mempengaruhi kesehatan kulit area ini.

Gunakan Hand Cream untuk Menjaga Hidrasi Alaminya

Menjaga hidrasi dan kelembapan tangan adalah kunci penting dari kesehatannya. Soalnya, kondisi kulit yang kering bisa melemahkan barrier atau pertahanan alaminya. Hal ini yang membuat bakteri bisa masuk lebih mudah yang menyebabkan iritasi atau peradangan.

Demi menjaga kelembapannya, gunakan hand cream secara rutin. Berbeda dari body lotion, hand cream biasanya memiliki tekstur yang lebih pekat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tangan yang lebih sering digunakan untuk melakukan aktivitas dan terpapar zat kimia dari sabun atau cairan pembersih lainnya.

Lalu, kapan saja waktu yang tepat buat mengaplikasikan hand cream? Kamu bisa menggunakannya setiap saat setelah mencuci tangan. Kandungan zat pembersih di dalam sabun sering membuat tangan terasa kering, jadi pemakaian hand cream sangat disarankan untuk menjaga kelembapan area tersebut.

Selain itu, hand cream juga bisa digunakan setelah mandi, setelah beraktivitas terlalu lama dengan air seperti berenang atau mencuci piring, dan sebelum tidur. Pemakaian hand cream di malam hari bisa membantu menjaga kelembapan kulit sehingga meningkatkan proses regenerasi sel yang terjadi ketika tubuh beristirahat.

Eksfoliasi Secara Berkala

Bukan hanya kulit wajah dan tubuh saja yang membutuhkan eksfoliasi. Tangan juga nggak boleh dilewatkan. Jika kamu memiliki kulit tangan yang kasar dan tebal, bisa jadi sebenarnya area ini membutuhkan eksfoliasi yang bekerja untuk membantu pengelupasan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Namun, jangan sampai salah pilih produk eksfoliasi ya! Jika menggunakan scrub, pastikan butirannya lembut agar tidak menyebabkan iritasi. Pilih scrub yang terbuat dari bahan alami seperti kopi, gula, atau garam laut sehingga meminimalisir efek samping iritasi yang mungkin saja terjadi. Lakukan rutinitas eksfoliasi ini cukup 1 minggu sekali saja ya!

Deep Treatment

Trik perawatan lain yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan kulit tangan adalah dengan deep treatment. Misalnya saja dengan memanfaatkan minyak alami seperti minyak zaitun atau jojoba oil yang dapat meningkatkan kelembapan alami tangan.

Aplikasikan sambil memijat tangan dengan lembut. Selain dapat menunjang penyerapan minyak alami lebih maksimal sehingga manfaatnya bisa dirasakan kulit tangan, rutinitas ini juga memberikan efek relaksasi yang diperlukan saat tubuh lelah, lho!

Itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit tangan tetap halus dan lembut, bebas pecah-pecah! Ada yang sudah kamu terapkan di rumah, Sahabat Fimela? 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading