Sukses

Beauty

Perlukah Memakai Sunscreen saat Musim Hujan, Berikut Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Salah satu basic skincare yang tidak boleh dilewatkan adalah sunscreen. Sebab, sunscreen dapat melindungi kulit wajah Sahabat Fimela dari paparan sinar matahari dan sinar UV (ulraviolet) saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, memasuki musim penghujan dimana matahari jarang muncul, apakah penggunaan sunscreen masih diperlukan?

Melansir dari Liputan6.com, pakar dermatologi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV menyampaikan penggunaan sunscreen tetaplah diperlukan di musim hujan. Sebab, meskipun tidak ada matahari, sinar UV tetap dapat masuk dan menembus permukaan kulit.

Paparan UV dan Kerusakan Kulit yang Tidak Terlihat

Paparan sinar UV tidak hanya terjadi saat matahari bersinar langsung. Sinar UV juga dapat dipantulkan dari berbagai permukaan, seperti air maupun pasir. Penelitian dalam Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa paparan UV yang konsisten, meskipun tidak terlalu intens, dapat menyebabkan kerusakan pada DNA kulit. Kerusakan ini berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit di kemudian hari.

Oleh karena itu, melindungi kulit dengan sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jangka panjang. Sunscreen yang melindungi wajah terhadap sinar UVA dan UVB, adalah pilihan terbaik untuk perlindungan optimal.

Tips Memilih dan Menggunakan Sunscreen yang Tepat

Untuk memastikan perlindungan yang efektif, pilihlah sunscreen dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30. Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang memadai terhadap sinar UV. Pastikan juga memilih produk yang menawarkan perlindungan lebih luas, yaitu melindungi terhadap sinar UVA dan UVB. Aplikasikan sunscreen secara merata pada seluruh area kulit yang terpapar dan ulangi setiap dua jam.

Selama musim ujan, sunscreen yang bersifat waterproof atau tahan air juga dapat menjadi pilihan Sahabat Fimela. Tujuannya, agar sunscreen tidak mudah luntur terutama saat terkena air hujan. Jadi, jangan lupakan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulitmu ya, Sahabat Fimela. Melakukan perawatan kulit yang konsisten adalah langkah penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi dari dampak buruk sinar UV, tanpa tergantung pada musim yang sedang berlangsung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading