Sukses

Beauty

4 Kreasi Beras untuk Perawatan Wajah hingga Rambut, Praktis Dibuat Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Khasiat beras dalam dunia kecantikan sudah dikenal selama berabad-abad lamanya. Bahan alami yang satu ini banyak diandalkan untuk merawat diri para perempuan di banyak negara Asia. Bukan tanpa alasan, beras dikenal dengan khasiatnya untuk membuat wajah lebih cerah dan awet muda karena kandungannya mampu meningkatkan jumlah kolagen di kulit.

Selain itu, air beras juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut, menjaga warnanya tetap berkilau, serta berperan sebagai kondisioner yang merawat rambut agar tetap lembut dan sehat. Meski sudah banyak digunakan dalam produk skincare maupun hair care, tapi kamu tetap bisa merasakan manfaatnya dengan DIY kreasi perawatan wajah dan rambut dari beras yang praktis di rumah, lho. Yuk, cobain sekarang juga, Sahabat Fimela!

1. DIY Air Beras untuk Toner

Air beras dikenal sebagai toner alami yang efektif untuk mengencangkan pori-pori dan menyegarkan kulit. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mencuci beras seperti biasa, lalu simpan air cucian kedua beras dalam wadah. Diamkan air beras tersebut selama 30 menit hingga endapan putih muncul. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol spray.

Setelah mencuci wajah, gunakan toner ini dengan cara menyemprotkannya ke seluruh wajah atau usapkan dengan kapas. Air beras dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih, meredakan gejala inflamasi, dan membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Simpan toner di dalam kulkas untuk sensasi menyegarkan setiap kali menggunakannya.

2. DIY Masker Beras untuk Mencerahkan Kulit

Masker beras adalah pilihan sempurna untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Bahan alami ini mengandung asam ferulat dan allantoin yang berfungsi sebagai antioksidan serta anti-inflamasi, membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

Cara membuatnya juga mudah. Haluskan 2-3 sendok makan beras menjadi tepung dengan menggunakan blender atau food processor. Campurkan tepung beras tersebut dengan air atau susu hingga menjadi pasta kental. Untuk manfaat tambahan, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes madu atau perasan lemon.

Oleskan masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan dan biarkan selama 15-20 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat sambil memijat lembut wajah dengan gerakan melingkar. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik. Masker ini tidak hanya mencerahkan, tapi juga membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga kelembaban kulit.

3. DIY Face Mist dari Air Beras

Face mist dari air beras adalah solusi mudah untuk menyegarkan kulit kapan saja. Selain menyegarkan, face mist ini juga bisa memberikan hidrasi ekstra dan menenangkan kulit, terutama bagi kamu yang sering terpapar sinar matahari atau polusi.

Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, gunakan air beras yang sudah didiamkan selama beberapa jam (sama seperti membuat toner). Masukkan ke dalam botol spray dan tambahkan beberapa tetes minyak essensial seperti lavender atau tea tree oil untuk menambahkan aroma dan manfaatnya. Simpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama dan segar saat digunakan.

Semprotkan face mist ini ke wajah kapan saja kulit terasa kering atau lelah. Bahan ini juga bisa digunakan sebelum dan sesudah makeup untuk memberikan kelembapan ekstra. Sensasi sejuk dari face mist air beras akan membuat kulit terasa segar dan terhidrasi sepanjang hari.

4. DIY Fermentasi Beras untuk Rambut

Fermentasi beras dikenal sebagai rahasia rambut panjang dan sehat para wanita di Tiongkok sejak zaman dulu. Air fermentasi beras mengandung inositol, yaitu karbohidrat yang mampu memperbaiki kerusakan rambut dan melindunginya dari kerusakan lebih lanjut.

Yuk, saatnya cobain sendiri rutinitas perawatan ini di rumah! Siapkan air beras seperti biasa, lalu biarkan air beras tersebut di suhu ruangan selama 24-48 jam hingga mulai berfermentasi. Proses fermentasinya sudah berhasil ketika kamu sudah bisa menghirup aroma asam dari cairan tersebut. Setelah itu, rebus air beras fermentasi sebentar untuk menghentikan proses fermentasi dan dinginkan sebelum digunakan.

Nah, air fermentasi tersebut bisa digunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Aplikasikan secara merata ke seluruh rambut, diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin. Perawatan ini membantu membuat rambut lebih lembut, berkilau, dan mudah diatur. Gunakan seminggu sekali untuk hasil yang optimal.

Beberapa kreasi berbahan dasar beras di atas bisa dicoba untuk memaksimalkan perawatan kulit dan rambut yang dilakukan di rumah. Yuk, cobain sendiri dan rasakan manfaatnya dengan maksimal, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading