Sukses

Beauty

Cara Mengencangkan Kulit Wajah Kendur di Usia 40-an, Kembalikan Awet Mudamu

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 40-an ternyata membawakan kekhawatiran tertentu bagi banyak orang. Bukan hanya kekuatan fisik saja yang menurun, tetapi juga penampilan secara keseluruhan. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah kulit wajah kendur. Meskipun kulit wajah kendur merupakan hal normal bagi orang yang lanjut usia, namun kondisi tersebut tentu akan memberikan rasa insecure pada diri sendiri. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mengencangkan kulit wajah kendur yang ampuh dan mudah diterapkan.

Tetapi sebelum mengetahui cara mengencangkan kulit wajah kendur, setidaknya ketahui dulu apa saja penyebab kulit wajah kendur pada umumnya. Kebanyakan penyebab kulit wajah kendur berasal dari tanda-tanda penuaan. Selain itu, ada pula yang mengalami kulit wajah kendur karena paparan sinar matahari, penurunan berat badan secara signifikan, faktor genetika, hingga penerapan gaya hidup yang nggak sehat.

Berbagai penyebab kulit wajah kendur tersebut sudah pasti harus selalu diwaspadai. Apalagi bila kamu ingin wajah selalu tampak muda dan bercahaya. Nah, buat yang penasaran apa saja cara mengencangkan kulit wajah kendur, yuk simak di sini.

1. Lindungi Kulit dari Sinar UV Berlebih dengan Sunscreen

Cara mengencangkan kulit wajah kendur pertama adalah dengan menggunakan sunscreen secara rutin setiap hari. Paparan sinar UV matahari pada dasarnya memiliki ragam bahaya bagi kesehatan kulit manusia. Mulai dari menimbulkan tanda-tanda penuaan, bikin kulit menjadi belang, hingga yang parahnya dapat berisiko menyebabkan kanker kulit.

Apabila kulit nggak diberikan perlindungan yang kuat, mungkin saja kulitmu akan lebih rentan terkena masalah, termasuk pula mengurangi elastisitasnya. Itulah mengapa, penting buat selalu menggunakan skincare untuk mengencangkan kulit wajah agar risiko masalah seperti ini dapat dikurangi. Kamu bisa memilih sunscreen dengan kandungan minimal SPF 35. Tetapi, apabila ingin bepergian ke tempat-tempat seperti pantai atau lapangan outdoor, sebaiknya pilihlah tabir surya yang dilengkapi dengan SPF 45 ke atas.

2. Pilih Sabun Cuci Wajah yang Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Cara mengencangkan kulit wajah kendur berikutnya bisa dilakukan dengan rajin membersihkan wajah menggunakan face wash yang tepat. Tetapi, memilih skincare untuk mengencangkan kulit wajah seperti face wash juga nggak bisa sembarangan, lho. Terdapat beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan agar nggak salah memilih produk.

Jika tujuannya untuk mengembalikan elastisitas kulit dan membuatnya jadi lebih kencang, pilihlah sabun wajah yang memiliki kandungan aktif, seperti retinol, vitamin C, hyaluronic acid, dan peptida. Selain itu, cari produk yang memiliki bahan-bahan alami dan mampu menghidrasi kulit wajah dengan optimal. Untuk satu ini, kamu dapat memilih sabun cuci muka yang dilengkapi dengan kandungan glycerin, aloe vera, atau ceramides.

Cuci wajahmu setidaknya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit yang kencang dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini. Lengkapi juga dengan penggunaan skincare untuk mengencangkan kulit wajah lainnya biar hasilnya lebih maksimal.

3. Gunakan Moisturizer Kulit untuk Menjaga Kelembapannya

Kulit tetap membutuhkan kelembapan meski usiamu nggak lagi muda. Ya, kelembapan sendiri dapat membantu menjaga kulit dari berbagai permasalahan, termasuk kulit wajah yang mulai mengendur. Ini pun juga dapat diandalkan sebagai salah satu cara mengencangkan kulit wajah kendur yang efektif dan mudah dilakukan.

Nah, dalam memilih skincare untuk mengencangkan kulit wajah di usia 40-an, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Untuk kamu yang telah menginjak kepala 4, pilihlah moisturizer yang mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu mengunci kelembapan kulit serta memperbaiki tekstur kulit. Beberapa bahan yang disarankan antara lain hyaluronic acid, ceramide, dan glycerin.

Di samping itu, penting pula untuk menggunakan produk moisturizer yang dilengkapi dengan kandungan antioksidan agar kulit bisa terbebas dari penuaan akibat paparan radikal bebas. Tapi jika tanda-tanda penuaan mulai menampakan kehadirannya, jangan ragu untuk memilih produk moisturizer yang memiliki kandungan anti-aging, seperti retinol dan peptida.

4. Pakai Cream Siang Malam yang Mampu Mengencangkan Kulit

Penggunaan cream siang malam untuk usia 40 tahun ke atas juga sangat penting demi bisa mengembalikan dan menjaga elastisitas kulit kamu. Skincare untuk mengencangkan kulit wajah seperti ini mampu memberikan banyak manfaat yang luar biasa. Dengan penggunaan cream siang dan malam, kulit akan bisa terlindungi, tetap lembap, dan mampu mencegah penuaan dini.

Nggak hanya itu, penggunaan cream siang dan malam untuk usia 40 tahun ke atas sebagai cara mengencangkan kulit wajah kendur juga dapat mendukung regenerasi kulit, sehingga membuatnya menjadi lebih muda seperti sedia kala. Jadi, pastikan memilih krim yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu ya untuk hasil yang lebih optimal.

5. Rutin Masker Wajah Setiap Minggu

Masker untuk mengencangkan kulit wajah pun dapat menjadi sebuah solusi yang dicoba. Ya, ada beberapa masker yang dipercaya dapat mengembalikan elastisitas kulit agar wajah bisa lebih awet muda. Salah satunya seperti masker wajah yang terbuat dari putih telur. Kandungan albumin dalam putih telur berkhasiat membuat kulit wajah semakin kencang dan pori-pori mengecil dengan cara menyempitkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit.

Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan campuran madu dan pisang sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah. Madu sendiri mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit, sementara pisang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menghidrasi serta memberikan efek lifting. Kombinasi madu dan pisang tentunya akan bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang nyata, cobalah untuk rutin menggunakan masker wajah alami ini sebanyak 2-3 kali setiap minggunya. Melakukan cara ini tentu akan sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajahmu.

6. Perawatan Chemical Peeling Juga Bisa Dicoba

Selain dengan penggunaan skincare dan bahan alami, cara mengencangkan kulit wajah usia 40 tahun pun bisa pula dilakukan dengan mengandalkan treatment di klinik kecantikan. Salah satu treatment untuk mengencangkan kulit wajah yang bisa kamu coba adalah chemical peeling. Ini merupakan perawatan yang bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit atas yang mati dan rusak dengan menggunakan campuran bahan kimia tertentu.

Proses pengelupasan kulit ini nantinya akan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru, meningkatkan elastisitas, dan memberikan tampilan kulit wajah yang segar, sehat, serta muda. Selain itu, treatment klinik kecantikan ini pun nyatanya juga mampu mengatasi permasalahan kulit lainnya, seperti menghilangkan noda, bekas jerawat, dan bintik-bintik hitam pada wajah.

7. Kulit Tampak Lebih Mudah dengan Perawatan HIFU

Selain chemical peeling, kamu juga bisa mencoba perawatan HIFU di klinik kecantikan terpercaya. Cara mengencangkan kulit wajah usia 40 tahun seperti ini nyatanya mampu memberikan hasil yang ampuh dan relatif cepat. 

Untuk diketahui bahwa treatment untuk mengencangkan kulit wajah seperti HIFU sendiri merupakan perawatan yang menggunakan gelombang ultrasound berfokus tinggi untuk merangsang produksi kolagen di lapisan dalam kulit. Gelombang ultrasonik yang digunakan nantinya bekerja dengan meningkatkan suhu pada jaringan kulit tanpa merusak permukaannya. Dengan menjalani treatment yang satu ini, kulit wajah pastinya akan lebih kencang dan tampak lebih muda kembali.

8. Rajin Konsumsi Air yang Cukup

Cara mengencangkan kulit wajah usia 40 tahun selanjutnya yang nggak kalah penting adalah dengan rajin minum air yang cukup. Perlu kamu tahu bahwa minum air yang cukup setiap hari nggak hanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan kulit, terutama dalam menjaga kekencangan kulit wajah.

Cara mengencangkan kulit wajah alami seperti ini dapat berguna untuk menghidrasi kulit dengan baik, membuatnya menjadi lebih lembap dan elastis. Selain itu, minum air putih yang cukup juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini tentu dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Itulah mengapa, penting untuk menjadikan kegiatan minum air putih yang cukup ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Sebab, bukan cuma tubuh saja yang akan memperoleh manfaat baiknya, tetapi juga kulit wajahmu.

9. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah Bergizi

Meskipun sederhana dan mudah diterapkan, namun cara mengencangkan kulit wajah usia 40 tahun satu ini mampu memberikan manfaat begitu ajaib, lho. Adapun cara mengencangkan kulit wajah alami ini dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah bergizi. Ya, kandungan antioksidan yang tinggi dalam makanan seperti ini faktanya dapat berguna untuk melawan radikal bebas, penyebab penuaan pada kulit. 

Bukan cuma itu, rajin makan sayur dan buah pun berkhasiat dalam melindungi dan memperbaiki jaringan kulit, serta merangsang produksi kolagen yang penting untuk kulit kencang. Nggak ketinggalan, kandungan vitamin A, B, magnesium, serta kalium yang sering ditemukan pada sayur dan buah juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit. Regenerasi yang lebih cepat inilah yang kemudian membantu menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel baru yang lebih sehat, sehingga kulit tampak lebih muda seperti usia 20an.

10. Minum Suplemen untuk Mengencangkan Kulit Wajah Kendur

Cara mengencangkan kulit wajah usia 40 tahun terakhir adalah dengan minum suplemen yang tepat. Selain menjaga pola makan yang sehat dan menjaga rutinitas perawatan kulit, suplemen dapat menjadi salah satu cara efektif untuk membantu mengencangkan kulit wajah dari dalam. Adapun suplemen untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur yang dapat kamu pilih yakni kolagen, vitamin C, vitamin E, serta asam hialuronat.

Kolagen sendiri dapat diandalkan untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit, menjaga hidrasi, serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput. Sementara vitamin C dan E memiliki kegunaan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV, sehingga tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur bisa dicegah. 

Last but not least, asam hialuronat membantu menjaga kelembaban kulit dengan menarik air ke dalam jaringan kulit. Ini memberikan efek mengencangkan dan mengurangi tampilan garis halus dan keriput. Dengan mengonsumsi suplemen asam hialuronat secara rutin, kulit pasti akan terlihat lebih penuh dan lebih muda.

Well, itulah beberapa tips mengencangkan kulit wajah yang mulai mengendur di usia 40-an. Dengan penerapan cara mengencangkan kulit wajah alami, penggunaan produk skincare, treatment di klinik kecantikan, hingga konsumsi suplemen yang tepat, kulit wajah yang tadinya kendur akan bisa kembali kencang dan tampak muda lagi. Yuk, cobain berbagai langkah jitu di atas!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading