Sukses

Beauty

Menavigasi Diri dari Gempuran Tren Kecantikan, Pilah Pilih Informasi dan Produk Estetika yang Orisinil

Fimela.com, Jakarta Zuellig Pharma (ZP) Therapeutics, perusahaan mitra komersialisasi industri kesehatan di Asia Pasifik, menggelar konferensi pers bertajuk, “Elevate Your Aesthetic and Be a True Original” di The Westin Hotel Jakarta. Menyoroti perkembangan tren estetika yang terus membanjiri tanah air dan berbagai inovasi teknologi, konfererensi pers ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya memilah dan memilih perawatan estetika yang sesuai dengan kebutuhan, serta penggunaan produk estetika yang orisinil untuk mencapai penampilan yang diharapkan dengan keamanan yang terjamin. 

Konferensi pers ini turut dihadiri oleh beberapa dokter estetika ternama, yakni dr. Nanang Masrani, M. Biomed (AAM), dr. Ronald Yulianto, M.Biomed (AAM), dan dr. Aji Bayu Chandra, M.Biomed (AAM), serta Rieke Diah Pitaloka dan Lenny Gracia. Sektor kecantikan di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan pesat dalam setahun terakhir. Di tahun 2023, pertumbuhan industri kecantikan tanah air mencapai 21,9 persen 1 . Seiring dengan pertumbuhan ini, berbagai tren turut bermunculan dan terus diamplifikasi oleh influencer kecantikan melalui berbagai kanal sosial media.

Pertumbuhan industri kecantikan

dr. Nanang Masrani, M. Biomed (AAM), pendiri dan CEO Gloskin Aesthetic Clinic, memiliki tanggapan terhadap fenomena ini, “Pertumbuhan industri kecantikan yang tinggi ini sebetulnya selaras dengan demand (permintaan) dan keinginan masyarakat yang juga tinggi untuk meningkatkan atau elevate penampilannya. Industri tentunya merespon ini dengan memunculkan berbagai variasi perawatan, disertai dengan inovasi menggunakan teknologi terbaru. Sebagai dokter, kami memiliki tanggung jawab untuk bisa memberikan edukasi dan memberdayakan pasien untuk memilih perawatan yang dapat menonjolkan fitur khas diri mereka, tanpa merubah anatomi wajah secara drastis. Selain itu, komunikasi dua arah antara dokter dan pasien juga penting agar rencana perawatan yang akan dilakukan sudah sesuai dengan kebutuhan pasien.”

Aktris kawakan sekaligus Anggota DPR Komisi VI, Rieke Diah Pitaloka turut membagikan pengalamannya sebagai pasien, “Sebagai politisi dan public figure, saya seringkali berhadapan dengan sorotan publik baik saat melakukan audiensi dengan para pejabat maupun saat bertatap mata dengan rekan-rekan media. Oleh sebab itu, berpenampilan prima menjadi penting untuk menjaga kepercayaan diri. Terdapat banyak sekali pertimbangan yang saya pikirkan untuk memutuskan perawatan estetika. Ditambah dengan berbagai perawatan yang tersedia di klinik-klinik kecantikan, saya seringkali kewalahan untuk memilih perawatan yang tepat. Di sinilah peran penting dr. Nanang, beliau memberikan konsultasi dan diskusi dua arah yang lengkap, sehingga saya dapat memutuskan perawatan yang memang sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya tentu sangat memuaskan, karena sesuai dengan keinginan, tetapi juga tetap aman dan tidak berlebihan.”

dr. Ronald Yulianto, M.Biomed (AAM), pendiri Jakarta Derma Clinic (JDC), berpendapat terkait cepatnya perubahan tren estetika di masa sekarang, “Sebenarnya, inovasi yang muncul dalam tren perawatan estetika ini berusaha untuk mengakomodasi kebutuhan pasien yang turut berkembang seiring zaman. Inovasi muncul untuk meningkatkan pengalaman pasien, sehingga bisa mendapatkan hasil yang memang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Keberadaan media sosial serta teknologi informasi yang semakin canggih membuat informasi tentang inovasi produk perawatan mudah diterima oleh siapapun. Oleh sebab itu, seringkali konten terkait perawatan menjadi viral di publik. Satu hal yang perlu diingat adalah ‘trends fade in due time,’ apa yang viral sekarang bisa saja hilang dalam sekejap. Pilihlah perawatan yang memang selaras dengan anatomi wajah dan tubuh, serta menggunakan produk original yang telah terbukti aman dan efektif.”

Perawatan yang tepat

Public figure dan model, Lenny Gracia, juga menceritakan perjalanannya dalam memilih perawatan yang tepat untuk dirinya, “Bagi saya, memilih perawatan estetika memang tidak bisa sembarangan. Ketika saya tertarik dengan perawatan tertentu, saya berusaha mencari informasi dari sumber terpercaya, seperti berkonsultasi dengan dr. Ronald secara langsung di tempat beliau berpraktik. Tidak jarang juga saya menemukan tren estetika yang menarik ketika sedang scrolling di media sosial atau dari pengalaman teman-teman yang sudah melakukan perawatan serupa. Namun, saya pun memahami bahwa perawatan estetika tidak bisa dilakukan asal-asalan. Maka dari itu, semua informasi tersebut saya konfirmasi kembali ke dokter yang sudah saya percaya. Jika beliau menyarankan dan cocok dengan kebutuhan saya, maka baru saya lakukan.”

dr. Aji Bayu Chandra, M.Biomed (AAM) mengungkapkan, “Dokter estetika sudah sepatutnya dibekali dengan sertifikasi yang relevan untuk dapat melakukan prosedur perawatan dengan mengutamakan standar etika yang berlaku. Selain itu, juga diharapkan memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bisa memberikan edukasi pada pasien maupun calon pasien terhadap prosedur perawatan yang diinginkan. Sebaliknya, menjadi sebuah kewajiban bagi pasien dan/atau calon pasien untuk bersikap kritis dan hati-hati terhadap produk dan merek yang beredar di aesthetic market saat ini. Pastikan produk yang digunakan oleh klinik dan dokter pilihan, terutama produk injeksi, memang sudah memenuhi standar yang berlaku dan tersertifikasi.”

Chief Operating Officer ZP Therapeutics Indonesia, Ay Lie Widjaja, menambahkan, “Sebagai perusahaan yang terus memberikan inovasi di industri estetika di Indonesia, ZP Therapeutics juga memiliki tanggung jawab untuk bisa memberikan edukasi pada masyarakat terkait perawatan yang aman dan orisinil, sehingga masyarakat tidak salah pilih. Untuk itu, melalui konferensi pers ini, ZP Therapeutics kembali meluncurkan platform edukasi estetika “Step Up Your Beauty” yang dapat diakses via Instagram di @StepUpYourBeauty. Diharapkan platform ini bisa membantu masyarakat luas mengenali perawatan estetika yang tepat untuk mereka, serta mendapatkan informasi terkini yang akurat.”

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading