Sukses

Beauty

Kompetisi Lokal WPMC 2024 Sukses di 5 Kota, 10 Perwakilan Siap Bertanding di Grand Final pada September Mendatang

Fimela.com, Jakarta Kompetisi bergengsi pencarian MUA berbakat Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) 2024 sukses diadakan oleh ULTIMA II sejak Juni 2024 lalu. Fase pertama yaitu local competition dari WPMC sendiri telah berlangsung di 5 kota yaitu Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung dan Surabaya. Kini sudah ada 10 peserta perwakilan dari masing-masing kota yang siap kembali bertanding pada Grand Final yang akan digelar di Jakarta pada September 2024 mendatang. 

Sementara itu, Solo menjadi kota terakhir local competition yang akan digelar pada 26 Agustus 2024 nanti. Wah, kira-kira siapa nih MUA yang akan menyusul grand finalist lainnya ke babak yang paling ditunggu yaitu Grand Final?

Dedikasi ULTIMA II dalam Kiprahnya Selama 65 Tahun di Dunia Kecantikan

WPMC 2024 merupakan kompetisi tahunan yang digelar oleh ULTIMA II sebagai salah satu brand kecantikan yang sudah berdiri dan dipercaya dari generasi ke generasi. Selama 65 tahun kiprahnya dalam dunia kecantikan, ULTIMA II sudah menunjukkan dedikasinya dengan melahirkan rangkaian produk berkualitas dan selalu menghadirkan berbagai inovasi. Brand ini juga selalu aktif dalam mendukung industri kecantikan tanah air, salah satunya lewat ajang WPMC 2024 yang digelar di 6 kota besar seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Bandung, Surabaya dan Solo.

“Kami sangat bersyukur melihat antusiasme para MUA yang berpartisipasi di WPMC tahun ini yang menunjukkan bahwa masih banyak potensi-potensi dari setiap daerah yang dapat dikembangkan dan diberikan wadah untuk mereka mengekspresikan bakatnya. Kami harap hadirnya WPMC ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para MUA sebagai peluang emas yang akan membawa mereka untuk memulai perjalanan karir profesional dan bisa memberikan kontribusi di industri kecantikan di Indonesia bahkan lebih dari itu,” ujar Sully Suharjo - General Manager Sales & Marketing ULTIMA II.

Highlight Local Competition WPMC 2024 di 5 Kota

Rangkaian kompetisi WPMC 2024 ini dibuka dengan local competition yang berlangsung pada 24 Juni-7 Juli 2024 lalu di Atrium Metropolitan Mall Bekasi. Kota kedua yang disambangi adalah Medan di Atrium Medan Fair pada 22-28 Juli, lalu berlanjut di Pekanbaru pada 29 Juli-4 Agustus di Atrium SKA Mall bersamaan dengan Bandung di Atrium Trans Studio Mall. Menyusul kemudian Surabaya yang digelar pada 30 Juli-4 Agustus di Atrium Delta Plaza dan terakhir akan segera berlangsung di Solo, tepatnya di Atrium Solo Square 26 Agustus-1 September 2024 mendatang.

Sebagai gambaran kompetisi, para peserta terlebih dulu mendapatkan pembekalan lewat arahan tentang tahapan makeup yang tepat hingga inspirasi look dari MUA profesional terlebih dulu. Setelah itu, peserta diberikan waktu 45 menit dari mulai tahapan pembersihan hingga sentuhan akhir untuk menuangkan bakat seni dan kreativitasnya. Nggak hanya dipadukan dengan teknik riasan yang dimiliki, tapi juga kesesuaian tampilan akhir dengan konsep dan tema yang dianggap oleh masing-masing peserta atau MUA yang sesuai dengan kategori pilihan, yaitu Traditional Bridal dan Commercial Look. 

Di tahapan local competition ini, dewan juri memberikan bobot penilaian yang nggak hanya fokus pada pengerjaan dan hasil akhir saja. Tapi juga termasuk poin disiplin, detail, kombinasi warna, teknik, kreativitas, hingga kesesuaian seluruh tampilan dengan tema kategori. Penilaian ini juga meliputi Fashion-Makeup-Hairdo yang terlihat sempurna dan rapi, serta detail riasan wajah yang menyatu dengan keseluruhan look.

“Setiap MUA perlu memiliki kemampuan secara teknik agar bisa terlihat berbeda dari yang lain namun tetap bisa menyesuaikan dengan tema yang diberikan meskipun dibekali dengan produk yang sama. Para MUA juga harus bisa mengembangkan kreativitasnya melalui pemilihan model, tata rias, hair do maupun busana yang sesuai agar hasil akhirnya menggambarkan tema  secara keseluruhan sebagai satu kesatuan look yang ditampilkan. Untuk itu, kedua unsur itu memiliki bobot penilaian yang paling besar,” ujar Excel Devan, MUA Profesional yang juga menjadi juri kompetisi tingkat lokal WPMC 2024 di Bekasi.

Mengintip Peserta yang Melaju ke Babak Grand Final

Gelaran WPMC 2024 ini berhasil meraih antusiasme tinggi dari para MUA dan beauty enthusiast berbakat tanah air. Buktinya, mereka yang berpartisipasi sebagai peserta nggak hanya berasal dari kota penyelenggara saja, lho! Ada juga yang berasal dari kota sekitarnya seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Pandeglang, Yogyakarta, hingga Malang sehingga menambah kemeriahan dan nuansa kompetisi di ajang adu bakat yang juga menjadi wadah untuk MUA melebarkan sayapnya di industri kecantikan tersebut. 

Dari 5 kota yang sudah terselenggara, para juri sudah memilih para pemenang yang mendapatkan hadiah total uang tunai sebesar Rp6,5 juta, produk ULTIMA II dan beauty tools untuk juara 1-3. Sementara itu juara favorit masing-masing kategori mendapatkan hadiah senilai Rp1 juta dan beauty tools. 

10 peserta yang berhak melaju ke Grand Final ini akan bersaing untuk memperebutkan posisi Grand Winner, Runner Up 1 & 2, Most Favorite 1 & 2 dan terakhir Top Instagram Vote. Pastinya hadiah yang didapat akan lebih fantastis lagi, yaitu uang tunai total Rp30 juta, produk ULTIMA II, beauty tools senilai puluhan juta, endorsement dan exposure di media yang bisa meningkatkan profil mereka. 

Buat yang penasaran, pemenang dari masing-masing kota yang berhasil dan akan bertanding di Grand Final adalah Pawit Septyadi dan Billy mewakili Jakarta, Agung Saputra dan Mhd. Harry Saputra mewakili Medan, Tesa Oktavia (Ecaglowmakeup)  dan  Amrina Yusra mewakili Pekanbaru, Surya Kencana Wedding (Tatang) dan Ahya Awal mewakili Bandung, serta Devita Andriani dan Hanny Mustika Rini mewakili Surabaya.

“Jujur saya tidak menyangka bisa terpilih sebagai pemenang dan menjadi perwakilan kota Surabaya di Grand Final nanti karena melihat peserta lain yang tidak kalah hebat dari sisi ide, kreativitas dan teknik. Terlepas dari itu, saya sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan yang luar biasa di WPMC 2024 ini. Saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan teknik terbaik dari para profesional serta memperluas jaringan di industri kecantikan. Harapannya semoga momen ini bisa menjadi batu loncatan saya untuk bisa menekuni karir profesional sebagai MUA,” ujar Devita, Pemenang Juara 1 Kategori Traditional Bridal dari Surabaya.

Wah, menarik banget kan highlight dari WPMC 2024 yang sedang berlangsung in? Bagi para MUA dan beauty enthusiast lainnya yang tertarik buat ikutan, masih ada kesempatan dan peluang untuk mendapatkan ilmu dan memperluas jaringan di WPMC 2024. 

Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri di kota terakhir dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu telah berusia minimal 17 tahun, wajib membeli tiket senilai Rp. 200.000,- serta melakukan pendaftaran melalui Beauty Advisor di semua counter ULTIMA II di Matahari Department Store (MDS), Metro Department Store, Sogo, Yogya, atau department store lainnya seperti Chandra, Star, Citrus, AEON, dan Rambla.

Berikut ini list pemenang dari masing-masing kota: 

JAKARTA

Kategori TRADITIONAL BRIDAL

JUARA 1: Pawit Septyadi - Palembang Modifikasi

JUARA 2: Zainal Supiyan - Sunda Siger

JUARA 3: Neng Deti - Bugis Modifikasi

JUARA FAVORIT: Fauzi Rahadian - Palembang Modifikasi

Kategori COMMERCIAL

JUARA 1: Billy - Gleaming Glam

JUARA 2: Perwitasari - Glam in the Town

JUARA 3: Nurhamim - Glam Fun

JUARA FAVORIT: Made Deny - Natural Glam

MEDAN

Kategori TRADITIONAL BRIDAL

JUARA 1: Agung Saputra - Bali Modifikasi

JUARA 2: Agustina Br Sitepu - Sumatra Barat Modifikasi

JUARA 3: Aikal Putra - Melayu Modifikasi

JUARA FAVORIT: Sri Ramadhani - Sumatera Barat Modifikasi

Kategori COMMERCIAL

JUARA 1: MHD Harry Syaputra - Glaming Bold

JUARA 2: Yaser Arafat - Soft Glam

JUARA 3: Aikal Putra - Glaming Make Up

JUARA FAVORIT: Nur Afra Mahlian - Shine & Glam

PEKANBARU

Kategori TRADITIONAL BRIDAL

JUARA 1: Tesa Oktavia (ECAGLOWMAKEUP) - Minang Modifikasi

JUARA 2: Delfi Susanti - Palembang Modifikasi

JUARA 3: Tri Siska Novianti - Palembang Modifikasi

JUARA FAVORIT: Hafiz Mustari - Minang Modifikasi

Kategori COMMERCIAL

JUARA 1: Amrina Yusra - Glamour Look

JUARA 2: Iping Oktapika Naldi - Glamour Look

JUARA 3: Tengku Ilham Hidayat - Glamour Look

JUARA FAVORIT: Shendy MUA - Flawless Look

BANDUNG

Kategori TRADITIONAL BRIDAL

JUARA 1: Surya Kencana Wedding (Tatang) - Sunda Siger

JUARA 2: Desi Setianingsih - Bugis Modifikasi

JUARA 3: Setya Rosmaya - Koto Gadang

JUARA FAVORIT: Adriansyah Hari - Bali Agung

Kategori COMMERCIAL

JUARA 1: Ahya Awal - Classic Glam Look

JUARA 2: Rizkian Arohani - Classy Glam

JUARA 3: Rizka Oktaviani - Glaming Bold

JUARA FAVORIT: Melly Make Up - Glaming Bold

SURABAYA

Kategori TRADITIONAL BRIDAL

JUARA 1: Devita Andriani - Solo Putri Modern

JUARA 2: Zhu Wedding - Sulistyoningsih - Dayak Kenyah

JUARA 3: Compok of Uscy Salon - Usyadi - Palembang Modifikasi

JUARA FAVORIT: Vebian Ryan - Palembang Modifikasi

Kategori COMMERCIAL

JUARA 1: Hanny Mustika Rini - Blue Bonanza

JUARA 2: Devita Andriani - Golden Wisdom

JUARA 3: Vebian Ryan - Hollywood Glam

JUARA FAVORIT: Sheby Rauda - Hollywood Glam

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading