Sukses

Beauty

4 Jenis Produk Eksfoliasi Tubuh untuk Pancarkan Kulit Sehat dan Glowing, Bye Kusam!

Fimela.com, Jakarta Dalam rutinitas perawatan kulit, eksfoliasi jadi salah satu yang penting untuk mendukung tampilan kulit sehat dan glowing. Perawatan yang satu ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan, sekaligus yang menjadi penyebab kulit kusam. Namun, rutinitas eksfoliasi nggak hanya perlu dilakukan untuk perawatan wajah saja, lho. Kulit tubuh juga membutuhkan perawatan secara menyeluruh, termasuk eksfoliasi.

Secara umum, sel kulit manusia sebenarnya bisa melakukan regenerasi secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan melakukan regenerasi secara alami berkurang sehingga perlu rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk membantu proses yang satu ini. 

Lalu, produk apa saja sih yang bisa digunakan untuk proses eksfoliasi kulit tubuh? Intip di sini dan temukan yang paling pas buat kamu!

Scrub

Kalau bicara soal produk eksfoliasi tubuh, scrub adalah yang paling umum ditemukan dan dipakai. Produk yang satu ini termasuk dalam jenis physical exfoliator dengan partikel halus atau granul yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan tubuh secara manual.

Produk scrub sendiri ada banyak jenisnya yang tersedia di pasaran, misalnya saja produk yang berbasis gula halus, garam, hingga bubuk kopi. Kalau kamu lebih suka eksfoliator yang berbentuk scrub seperti ini, pastikan untuk pilih produk dengan butiran halus yang tidak abrasif agar untuk mencegah iritasi kulit selama proses eksfoliasi.

Jika ingin proses eksfoliasi dengan scrub lebih maksimal, perhatikan beberapa tips berikut. Gunakan dalam jumlah kecil pada tubuh yang basah dan pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar. Namun, hindari penekanan yang terlalu kasar untuk mencegah kulit iritasi. Jika sudah diaplikasikan secara merata, bilas degan air hangat dan jangan lupa aplikasikan moisturizer pada kulit.

Body Brush

Selain scrub, jenis physical exfoliator untuk kulit tubuh lain yang juga bisa dicoba adalah body brush, yaitu menggunakan sikat khusus yang terbuat dari serat natural. Sikat ini biasanya memiliki bulu yang lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Proses eksfoliasinya sendiri dilakukan dalam kondisi kulit kering atau tidak basah.

Body brush ini memiliki beberapa manfaat untuk kulit, mulai dari mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru yang lebih sehat. Selain itu, body brush juga bisa mengurangi tampilan kulit yang bersisik dan kasar.

Jika ingin hasilnya lebih maksimal, mulai lakukan body brush dari kaki dan sikat ke arah atas dengan sapuan yang panjang. Namun, hindari menyikat area kulit yang terluka atau sedang iritasi. Begitu selesai, bilas bekas body brush ini dan gunakan moisturizer untuk melembapkan kulit.

Loofah atau Sponge

Sponge atau loofah juga termasuk jenis eksfoliator kulit tubuh yang bisa dipilih. Menariknya lagi, produk ini juga bisa digunakan untuk wajah, lho. Biasanya loofah atau sponge dibuat dari serat alami atau sintetis yang bekerja secara lembut untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara pemakaiannya juga mudah. Basahi loofah atau sponge dengan air hangat dan tambahkan sabun mandi. Aplikasikan pada tubuh dengan gerakan melingkar, fokus pada area kulit  yang kasar atau kering. Setelah diaplikasikan secara merata, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan loofah atau sponge yang dipakai dengan cara dijemur.

Chemical Exfoliator

Chemical exfoliator nggak hanya bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah saja. Banyak juga produk yang khusus digunakan untuk kulit tubuh untuk mewujudkan tampilan glowing yang maksimal. Biasanya chemical exfoliator berisi formula berupa alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA) yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.

Penggunaan chemical exfoliator ini juga mudah, cukup mengaplikasikan produk sesuai instruksi pada kulit secara menyeluruh. Namun, jangan membiarkan produk terlalu lama karena bisa menyebabkan iritasi. Bilas hingga bersih dengan air hangat dan jangan lupa aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan alami kulit.

Itu tadi beberapa pilihan produk eksfoliasi yang dapat jadi rekomendasi perawatan kulit tubuh glowing. Mana nih yang mau kamu aplikasikan di rumah, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading